Berawal Sebagai Petani, Aksa Mahmud Sukses Jadi Pengusaha Bosowa Corp

Biografi Aksa Mahmud Sukses Jadi Pengusaha Bosowa Corp
Sumber : WartatvGroup

Aksa Mahmud adalah seorang Pengusaha sukses sekaligus seorang Politikus yang lahir pada 16 Juli 1945 di Barru, Sulawesi Selatan. Sebagai Pengusaha, Aksa Mahmud dikenal secara umum sebagai pendiri Bosowa Corp dan menduduki peringkat 38 dari daftar orang terkaya versi majalah Forbes.

Di sisi Politikus, Aksa Mahmud menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI masa jabatan 1 Oktober 2004-2009.  Hal ini menegaskan bahwa Aksa Mahmud cakap, baik dalam bidang bisnis maupun bidang birokrasi. Lalu siapakah sebenarnya Aksa Mahmud? Bagaimanakah  biografinya ? Bagaimana kisah suksesnya menjadi orang terkaya ke 38 Indonesia sekaligus Politikus? Yukz kepoin artikel di bawah ini!

Kisah Sukses Aksa Mahmud, Orang Terkaya ke 38 Indonesia

Aksa yang berasal dari keluarga petani ini menjadi orang yang sukses di ranah politik dan bisnis. Muhammad Aksa Mahmud lahir dari Ayah Ibunya yang bernama H. Muhammad Mahmud dan Hj. Kambira, yang berprofesi petani biasa. Aksa biasa ikut orang tuanya menjual hasil tani ke Kota.

Saat SD tahun 1959, Aksa menjual permen. Di bulan puasa menjual kurma, dan es balok pecah. Hasilnya lebih dari memuaskan untuk ukuran anak SD. Akhirnya, tumbuh naluri Aksa untuk menjadi seorang usahawan.

Aksa melanjutkan pendidikanya di Sekolah Teknik Negeri Pare-Pare (1962) lalu di Sekolah Taknik Menengah (STM) Makassar. Di sekolah, Aksa mengikuti sebuah organisasi Pelajar Islam Indonesia (PII). Kemudian 1965 kuliah di Fakultas Teknik Elektro, Universitas Hasanudin Makassar dan ikut Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Saat gejolak politik 1966, Aksa juga mengikuti KAMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia). Aksa juga gabung di IPMI (Ikatan Pers Mahasiswa Indonesia), yang mempertemukannya dengan Jusuf Kalla (WaPres RI 2014-2019).

Aksa mendirikan stasiun radio amatir dan penerbit koran mahasiswa. Pers mahasiswa memiliki fungsi untuk memberikan informasi aktual. Pers mahasiswa pernah mengkritisi Operasi Militer Samsudari Makassar yang dipimpin oleh Panglima Saidiman, dinilai melanggar HAM dan penuh kekerasan.

Hal ini diakui Panglima Saidiman, namun akibatnya Aksa ditahan selama 10 hari sehingga berhenti dari Jurnalis. Namun Aksa diberi tawaran oleh Jusuf Kalla bekerja di Dolog untuk menyalurkan bahan-bahan pokok ke masyarakat.

Perjalanan cinta dan bisnis Aksa Mahmud

Aksa mendapat nasehat dari Ayah Jusuf Kalla tentang posisi pekerjaannya di Dolog. Katanya ” karena mendapat jabatan melalui Pressure Group yang akan menggantikan orang-orang orde lama dengan orde baru, maka suatu saat bisa diturunkan juga secara paksa. Akhirnya, Aksa keluar dan bekerja di Perusahaan NV Hadji Kalla perusahaan ayah Jusuf Kalla.

Aksa sering singgah karena pekerjaanya di Pesantren Wonokromo – Jawa Timur, tempat Siti Ramlah (putri Haji Kalla) belajar agama. Akhirnya mereka menikah, dan tidak lama setelah menikah Aksa berfikir untuk membangun usahanya sediri.

Keinginan Aksa Mahmud telah diutarakan kepada istrnya. Tahun 1973, Aksa mendirikan CV Moneter pinjaman dari BNI sebesar 5 Juta Rupiah. Proyek pertamanya menjadi agen Datsun di Indonesia Timur dan berhasil.

Bisnis  show room mobil Datsun di Makassar ditekuninya dan berkembang dengan baik. Pada tahun 1980 Mitsubishi PT Krama Yudha Tiga Berlian tertarik bekerja sama. Aksa merubah nama CV Moneter menjadi PT Bosowa Berlian Motor pada tahun yang sama.

Seiring dengan perubahan nama, bisnisnya berkembang pesat hingga secara resmi PT Bosowa Berlian dipercaya Jepang untuk menjadi agen penyalur mobil Mitsubishi di 13 provinsi bagian timur Indonesia. Hingga saat ini, perusahaan Aksa Mahmud memiliki induk perusahaan yang bernama Bosowa Corporation.

Baca Juga :

Itulah kisah sukses Aksa Mahmud, seorang pendiri Bosowo Corporation. Banyak pelajaran yang bisa diambil untuk menuju kesuksesan. Ketekunan, optimisme, ringan menolong orang tua, membangun relasi dan aktif berorganisasi.

Jika Anda mulai tertarik untuk menjadi Entrepreneur, tidak ada salahnya untuk mengikuti motivasi sukses Aksa Mahmud. Selamat mencoba!

No ratings yet.

Nilai kualitas artikel




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.