Strategi Sederhana Memenangkan Pasar Untuk Usaha Warung Makan

shares |

loading...
Kiat Sukses Usaha Warung Makan

Kiat Sukses Usaha Warung Makan - Usaha kuliner memang menjadi usaha yang termasuk unggul dalam berbagai hal seperti perputaran uang yang sangat cepat, sehingga tidak sedikit orang yang mampu mengumpulkan kekayaan dalam waktu singkat dengan mengembangkan bisnis kuliner.

Karena faktor mudahnya menjalankan bisnis ini, maka tidak heran masyarakat berlomba-lomba membuka usaha kuliner dengan ilmu alakadarnya. Namun, yang berhasil menuju kesuksesan hanya segelintir saja. Jadi jangan sampai Anda termasuk bagian dari orang yang gagal.

Dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa tips sederhana membangun dan memenangkan pasar dalam bisnis kuliner.

Trik Memenangkan Pasar Dalam Bisnis Kuliner/Kiat Sukses Usaha Warung Makan

1. Menyajikan desain ruangan yang unik dan elegan

Faktor pertama yang membuat orang berminat mampir dan mencicipi produk kuliner Anda adalah tampilan dari warung. Rata-rata orang berminat pada sebuah warung dengan tampilan yang unik namun bersahabat, maksudnya jika dipandang dari luar sepertinya memperlihatkan kenyamanan dan keamanan bagi dirinya beserta keluarga yang turut serta.
Baca Juga : Tahapan Cara Memulai Bisnis Gorengan Modal Kecil
Anda juga harus memperhatikan target pasar Anda, apakah Anda menargetkan kalangan menengah ke atas, atau menengah ke bawah. Alasannya, karena jika Anda menampilkan desain rumah makan yang elegan dan terlihat sangat mewah, biasanya masyarakat kalangan menengah kebawah enggan mampir. Jadi Anda harus pintar memilih desain yang unik namun tetap tidak memberikan kesan ekslusif. 

Cara menjangkau semua kalangan bisa juga dilakukan dengan teknik membuat 2 desain yang berbeda. Desain yang pertama menargetkan masyarakat elit, sementara desain yang kedua dirancang khusus untuk target pasar menengah ke bawah. Anda bisa menciptakan 2 desain yang berbeda, area parkir yang berbeda (seolah-olah pemilik 2 warung tersebut orang yang berbeda) namun tetap satu dapur.


2. Harga yang bersahabat

Setiap orang pasti selalu mempertimbangkan hal ini, baik itu orang berkecukupan maupun orang yang masih menjalani kehidupan secara sederhana. Jika Anda memberikan harga yang wajar dengan kualitas yang mumpuni, kami yakin usaha Anda akan berjalan dengan lancar.


3. Pelayanan yang cepat dan ramah

Dua poin di atas tidak akan membuat usaha Anda sukses jika Anda tidak memberikan pelayanan yang baik. Pada dasarnya semua orang ingin dihargai, dihormati sehingga jika Anda mampu memberikan pelayan yang maksimal, kami yakin pelanggan akan mengingat warung makan Anda setiap saat.

Banyak warung makan yang telah terkenal karena berbagai promosi diawal berdirinya tumbang dengan cepat karena tidak memperhatikan kecepatan pelayanan. Mereka tidak menambah karyawan padahal peningkatan jumlah pengunjung semakin naik setiap waktu, dan alhasil pengunjung yang mampir harus menunggu lama untuk menikmati makanan pesanannya.


4. Memiliki menu unggulan

Banyaknya warung makan yang bertebaran di kota Anda dan semakin hari semakin ramai membuat tiap warung harus memiliki menu andalan, menu dimana semua orang akan senang dan puas jika menikmati hasil olahan makanan tersebut.

Jadi, kalau warung Anda ingin dikenal dan bertahan lama seyogianya Anda harus memiliki menu unggulan yang kemungkinan kecil pesaing Anda tidak mampu memberikan hal yang serupa.


5. Kebersihan sangat utama

Kebersihan dari warung makan adalah suatu cerminan bahwa hasil olahan makanan yang ditawarkan adalah sesuatu yang higienis dan bebas dari penyakit. Anda harus memperhatikan kebersihan piring, sendok, meja dan kursi sebagai suatu promosi yang sangat efektif.

Perhatikan juga perlengkapan yang ada di atas meja, seperti tissu, tusuk gigi, pipet dan sebagainya harus selalu terisi penuh agar terkesan selalu mendapat perhatian dari pemilik warung.

6. Memberikan hadiah

Anda bisa menerapkan pemberian hadiah kecil-kecilan untuk pelanggan yang berkunjung. Sistem pemberian bisa dilakukan secara acak, misalnya setiap hari minggu atau setiap menjelang pergantian tahun baru kalau hadiah berupa kalender.

Kalender tersebut juga bisa menjadi sarana promosi Anda yang sangat efektif, karena selama 1 tahun penuh Anda akan mendapat promosi secara gratis oleh mereka yang memajang kalender tersebut. Bisa juga pemberian bolpoin, buku catat dan sebagainya.

7. Melayani pelanggan dengan senyum

Senyum merupakan senjata rahasia untuk memperlihatkan bahwa Anda senang dengan kedatangan mereka (pelanggan) di warung Anda. Berikan pelayanan yang ramah, dan kami yakin pelanggan akan memberikan ruang dalam ingatan mereka tentang warung kuliner Anda.

8. Konsistensi

Setelah Anda menerapkan semua di atas, maka hal yang tidak kalah pentingnya adalah mempertahankan yang sudah Anda bangun. Mempertahankan citarasa masakan, mempertahankan atau meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan dan sebagainya.
Baca Juga : Ketahui 6 Ragam Promosi Untuk Bisnis Anda Sebagai Langkah Menuju Sukses
Itulah kiat sukses usaha warung makan yang bisa diterapkan untuk usaha Anda jika ingin sukses dan bersaing dengan usaha sejenis. Salam      
loading...

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam. Link hidup otomatis difilter.

loading...