7 Tips Investasi Saham Bagi Pemula untuk Memperoleh Profit

0
7 Tips Investasi Saham Bagi Pemula untuk Memperoleh Profit

Investasi Saham – Bagi Anda yang sedang melirik investasi saham tentunya sudah banyak membaca berbagai artikel mengenai investasi saham bagi pemula. Seperti yang Anda ketahui, investasi saham dapat memberikan keuntungan yang berkalilipat dari berbagai macam investasi lainnya dan bahkan lebih cepat untuk memperoleh keuntungan.

Tips Investasi Saham yang Bisa Membantu Anda Dalam Memperoleh Profit

1. Memulai dengan modal yang paling kecil

Jika masih baru dalam dunia investasi saham, maka sangat disarankan memilih jenis investasi yang membutuhkan modal yang kecil. Tujuan dari pemilihan jenis ini adalah untuk menghindari resiko yang besar karena kesalahan-kesalahan akan sering menghinggapi yang bisa membuat Anda rugi dan trauma.

Dalam proses pembelajaran, butuh waktu dimana Anda akan banyak belajar membiasakan diri menggunakan sofware jual beli saham, belajar menganalisa dan berbagai macam hal yang lainnya. 

2. Investasi saham hanya pada saat kondisi ekonomi cerah

Salah satu cerminan bahwa suatu negara dalam kondisi baik dalam hal ekonomi adalah bursa saham yang membaik. Maka salah satu yang harus Anda perhatikan sebagai seorang pemula adalah melakukan pembelian saham pada saat kondisi eksternal mendukung.

3. Hanya membeli saham perusahaan berfundamental baik

Membeli saham perusahaan yang mempunyai tred record yang baik harus menjadi prioritas utama. Anda bisa melakukan analisa seperti perusahaan tersebut dikenal publik, memiliki usaha yang jelas, utang perusahaan masih dalam keadaan wajar dan tidak mengkhawatirkan, managemen perusahaan yang transparan dan lain-lain. 

Jangan sampai Anda tergiur dengan saham gorengan yang memiliki pergerakan harga yang tidak jelas sebab musababnya. 

4. Melakukan diverifikasi 

Menjaga investasi Anda tetap aman adalah hal yang harus diperhatikan. Ada pepatah mengatakan don’t put all your eggs in one basket. Jadi melakukan pembelian beberapa jenis saham bisa mengurangi resiko kerugian. Jika saham yang satunya mengalami penurunan, bisa saja saham yang lain mampu memberikan keuntungan bagi Anda.

5. Belajar menganalisa secara mandiri 

Ada dua cara yang harus diketahui dalam hal menganalisa suatu saham yaitu analisa teknikal untuk memperoleh profit yang maksimal dan analisa fundamental saham dengan tujuan memperoleh informasi lebih mengenai analisa yang telah Anda lakukan sebelumnya.

6. Selalu fokus pada jangka panjang

Pasar saham yang kita kenal sangat fluktuatif pada kondisi jangka pendek, sebaliknya pada jangka panjang jauh lebih aman. Berdasarkan pada sejarah investasi saham, pemilihan saham dengan jangka panjang lebih berpeluang memperoleh profit sebesar 12%.

7. Melakukan review portofolio secara berkala 

Secara konsisten melakukan peninjauan terhadap saham yang telah dibeli akan memperkecil resiko kerugian. Lakukan hal ini sekali dalam 3 bulan atau 6 bulan sekali, sehingga jika salah satu perusahaan yang tidak memiliki kinerja yang baik, Anda bisa menjual dan menggantinya dengan saham yang lain.

Dengan melakukan hal ini, dengan berjalannya waktu Anda akan memiliki sekumpulan saham dari perusahaan yang bonafid.

Baca Juga :

Sekian beberapa tips investasi saham untuk pemula. Semoga investasi yang Anda lakukan memperoleh keuntungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.