Beranda MOTIVASI & INSPIRASI Siapakah Ilham Habibie?

Siapakah Ilham Habibie?

Biografi Ilham Habibie
Sumber : Televisi Edukasi News

Dr. Ilham Habibie lahir di Aachen, Jerman 16 Mei 1963 adalah pakar penerbangan dari Indonesia. Beliau adalah anak pertama dari pasangan Hasri Ainun Habibie dan Prof. Dr. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, Presiden Republik Indonesia yang ke-tiga.

Sebagai sarjana penerbangan, di PT Regio Aviasi Industri beliau membidangi Program Regio Prop, proyek pesawat komersial buatan dalam negeri yang merupakan pengembangan dari N-250.

Beliau menggandeng Erry Firmansyah, mantan direktur utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk membangun perusahaan PT Regio Aviasi Industri (RAI).

Riwayat Pendidikan Ilham Habibie

  • 1969 – 1973: Elementary School Windmuehlenweg, Hamburg
  • 1973 – 1981: Beliau sekolah di High School Hochrad, Hamburg, Jerman
  • 1981 – 1986: Universitas Teknik Munich, Jerman (Faculty of Mechanical Engineering,Sub-Faculty Aeronautical Engineering)
  • 1987: Diploma – Ingenieur (Technical University of Munich, Jerman) dengan hasil akhir Cum Laude
  • 1994: Doktor – Ingenieur (Technical University of Munich, Jerman) dengan hasil akhir Summa Cum Laude
  • 1999: International Executive Program, INSEAD, Fontainbleau, France, and Singapore
  • 2003: MBA (School of Business, Universitas Chicago)

Beliau mendapatkan prestasi Bintang Satyalancana Wira Karya dan Adikarsa Pemuda. Satyalancana Wira Karya adalah sebuah tanda penghargaan yang dikeluarkan dan diberikan kepada warga negara Indonesia yang telah sangat berjasa dan berbakti kepada bangsa dan negara. Penghargaan dapat diberikan secara anumerta.

Selain itu, beliau juga termasuk Ketua Presidium ICMI 2010-2015. Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia disingkat ICMI adalah sebuah organisasi cendekiawan muslim di Indonesia yang dibentuk pada tanggal 7 Desember 1990 pada pertemuan kaum cendekiawan muslim di Kota Malang tanggal 6-8 Desember 1990.

Di pertemuan itu juga dipilih Baharuddin Jusuf Habibie sebagai ketua ICMI yang pertama. Sekarang, Ketua Umum ICMI periode 2015-2020 adalah Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, S.H. Terpilih dalam Muktamar VI dan Milad ke-25 ICMI di Hotel Lombok Raya, Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Perjalanan Karier

Berbicara mengenai karir, beliau adalah salah satu bisnismen sukses di Indonesia. Beliau merupakan MBA CEO dan Direktur Ilthabi Rekatama yang berdiri sejak tahun 1991.

Ilham Akbar Habibie baru bergabung dengan Grup Ilthabi Rekatama tahun 2002 setelah beliau dengan berat hati harus meninggalkan PT Dirgantara Indonesia.

Pada saat itu, Ilham Akbar Habibie yang menjabat Direktur Marketing PT Dirgantara Indonesia tengah melakukan riset untuk menambah jumlah portofolio pesawat terbang buatan anak bangsa.

“Paling tidak, PT Dirgantara Indonesia sudah berhasil menciptakan produk dan sudah digunakan,” ujarnya. Namun sayang, proyek tersebut harus berhenti karena ada kesepakatan antara pemerintah dengan International Monetary Fund.

Lepas dari Dirgantara Indonesia, Ilham Akbar Habibie memutuskan banting setir dan mengibarkan bendera Grup Ilthabi Rekatama. Beliau mengatakan keputusannya terjun ke bisnis keluarga tak lain karena adiknya, Thareq Kemal Habibie ingin melepaskan kendali perusahaan dengan berbagai alasan.

“Boleh dikatakan tidak ada pilihan lain buat keluarga,” ujarnya sambil tertawa. Akan tetapi, ayah tiga anak ini sangat sadar bahwa Ia tidak terlalu menguasai dunia bisnis termasuk di dalamnya bisnis manajemen dan marketing.

Maka dari itu beliau memutuskan menimba ilmu manajemen di Chicago Booth School of Business Singapore Campus. Hal ini dilakukannya sambil bekerja sebagai wirausaha yang mampu Ia lalui dengan mudah karena mewarisi kecerdasan sang ayah.

Baca Juga :

Penyabet Ph.D dengan summa cum laude dari Technical University of Munich Jerman ini mulai membenahi perusahaan keluarga yang sebelumnya tidak terfokus secara benar. Fokus perusahaan yang sebelumnya terbagi kebidang manufaktur, jasa keuangan dan properti mulai ditata ulang.

No ratings yet.

Nilai kualitas artikel

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.