Contoh Proposal Kerjasama Pembiayaan Pengembangan Blog Informasi

Contoh proposal kerjasama

I. PENDAHULUAN

1.1 Garis Besar Bisnis Digital Website Informasi

(contoh proposal kerjasama) Melihat perkembangan teknologi saat ini, sudah tidak bisa kita pungkiri peluang untuk memperoleh penghasilan dalam dunia online semakin terbuka lebar. Segala sesuatu yang dulunya hanya dapat dijalankan secara offline, kini dengan mudah kita dapatkan secara online melalui jari kita.

Banyak jenis bisnis yang telah kita temukan dalam dunia online. Mulai dari sistem jual beli secara konvensional yang dikonversi menjadi jual beli online, sampai bisnis online yang murni tidak terjadi kontak fisik di dalamnya.

Dari semua jenis bisnis online tersebut, pasti membutuhkan suatu sumber daya untuk bersaing dalam ketatnya persaingan. Apakah itu? Bisnis periklanan. Bisnis periklanan adalah bisnis yang menjadi primadona bagi para miliarder di seluruh dunia.

Itulah sebabnya, banyak pemilik modal terjun dalam bisnis pertelevisian. Tujuan sesungguhnya adalah meraup keuntungan dari Advertiser.

Untuk mengikuti langkah mereka tentunya membutuhkan modal yang luar biasa besarnya. Namun, kita patut bersyukur karena untuk terjun dalam bisnis demikian, tidak mesti membangun stasiun TV. Dengan adanya internet, masyarakat menengah ke bawah bisa turut ambil bagian dalam meraih pundi-pundi rupiah.

Mulai dari bermain youtube, website, aplikasi sampai pada bagian yang paling mudah yaitu memanfaatkan sosial media sebagai ladang penghasilan dengan menjadi endorsement.

Mengenai kerja sama yang akan kami sampaikan ini yaitu mengembangkan situs informasi anakdagang.com layaknya stasiun TV. Dimana di dalamnya terdapat iklan dari para advertiser sebagai sumber penghasilan (contoh proposal kerjasama).

Iklan yang tayang tersebut merupakan hasil kerja sama antara kami (pemilik situs) dengan pihak google yaitu Google adsense. Google Adsense adalah jaringan periklanan yang bernaung di bawah nama besar Google.

Membangun sebuah situs cukup mudah, namun untuk eksis dan bersaing dengan situs papan atas tentunya membutuhkan ketekunan, keahlian, strategi, waktu, dana dan berbagai macam hal yang menjadi standar sebuah situs yang kredibel.

Secara garis besar, untuk membangun situs informasi yang berhasil harus mengetahui dengan pasti cara membangun situs yang baik secara struktur. Selain dari itu, harus menyajikan konten yang berkualitas. Bukan hanya berkualitas dari segi isinya saja, melainkan berkualitas dari sisi struktur artikel untuk bersaing di mesin pencari seperti google, Bing, yandex dan lain-lain (SEO On page).

Setelah itu, situs yang berhasil dibangun dengan berbagai konten menarik di dalamnya tidak bisa dibiarkan begitu saja. Perlu penanganan khusus yang dilakukan tiap hari, tiap jam bahkan tiap menit untuk memastikan performa tetap stabil dan selalu meningkat.

1.2 Faktor Pendukung dalam Pengembangan Sebuah Website Informasi (contoh proposal kerjasama)

1. Hosting dan Domain

Hosting dan domain adalah ibarat sebuah rumah dan alamat. Tanpa hosting dan domain, maka tidak akan ada yang namanya website. Harga hosting dan domain sekitar 1,3 juta per tahun, jika website sudah mulai besar maka diperlukan penambahan kapasitas hosting. Biaya penambahan ini bervariasi, tergantung kebutuhan pada saat itu.

Perlu diketahui, harga hosting biasanya mulai dari 7rb, 12rb, 20rb, 25rb, 40rb, 60rb, 90rb, 140rb, 500rb, 1,3 jt dan seterusnya per bulan. Itu baru hostingnya, belum termasuk berbagai hal-hal teknisnya yang juga perlu biaya.

2. Theme (tampilan situs)

Theme sebuah website sangat penting, hal ini menyangkut estetika sebuh situs. Selain estetika, pastinya struktur dari theme yang digunakan sangat penting untuk diperhatikan. Kenapa penting? Karena dalam membangun sebuah website, terdapat beberapa poin yang saling mendukung untuk menjaga dan meningkatkan performanya.

Theme di sini harus memenuhi unsur estetika, mudah di akses baik melalui pc maupun smartphone, strukutur yang komplit untuk bersaing dengan situs sejenis dan berbagai macam hal teknis yang sangat panjang jika kami jelaskan di sini.

3. Konten Berkualitas (contoh proposal kerjasama)

Sebuah website informasi tentunya sangat erat kaitannya dengan konten. Konten yang berkualitas dan bermanfaat untuk orang banyak. Konten ini lah yang kita miliki sebagai lahan Investasi untuk menarik calon advertiser.

Semakin menarik konten suatu situs, maka besar pula peluangnya untuk dinikmati oleh warganet. Bukan hanya menarik ya, karena dibutuhkan beberapa teknik untuk memaksimalkan hal ini, salah satunya adalah SEO (Search Engine Optimization).

Konten ini akan terus diproduksi tiap hari selama situs aktif layaknya portal online lainnya. Menghasilkan konten yang berkualitas dalam jumlah banyak tidak mungkin dikerjakan oleh satu orang saja, maka dari itu sebuah website pasti memiliki tim untuk mengerjakan pekerjaan ini.

Ini juga hal yang membutuhkan biaya, energi, waktu dan tentunya keahlian yang telah teruji. Semua hal tersebut dilakukan secara hati-hati, berkesinambungan dan terukur untuk memastikan website bekerja dengan baik dan bertahan di tengah ketatnya persaingan.

4. SEO (Search Engine Optimization)

Nah, ini salah satu bagian terpenting untuk memastikan informasi yang telah dibagikan dalam sebuah website dapat terjangkau oleh warganet. Teknik optimasi ini bisa dikatakan memegang 80% peran untuk meraih keberhasilan mendatangkan pengunjung.

Banyak sekali teknik yang dilakukan dalam menerapkan SEO dan memerlukan dana yang tidak sedikit. Seperti halnya konten, menerapkan SEO juga perlu kehati-hatian agar tetap aman untuk sebuah website.

Mengoptimasi website di mesin pencari ini juga dilakukan secara terus menerus. Tiap hari harus dilakukan agar tetap berdiri kokoh untuk bersaing dengan situs sejenis.

Teknik optimasi ini juga termasuk dari bagian promosi sebuah website. Promosi website itu dapat dilakukan melalu media sosial, mesin pencari, ikut mempromosikan di berbagai periklanan PPC baik lokal maupun internasional atau mengaplikasikan teknik SEO yang kami paparkan di atas.

II. PROSPEK BISNIS DIGITAL WEBSITE INFORMASI (contoh proposal kerjasama)

Beberapa poin penting telah kami sampaikan mengenai penghasilan yang diperoleh dari website informasi layaknya stasiun TV. Dalam dunia internet, peranan situs-situs yang memberikan informasi baik itu informasi tentang kehidupan sehari-hari, bisnis, agama, pendidikan, politik dan sebagainya sangat menarik di mata para advertiser.

Mereka berani membayar asalkan produk mereka dapat tampil sesuai dengan target audiensnya. Dari berbagai nice (topik) suatu situs informasi, ada beberapa topik yang memang dapat memperoleh penghasilan di atas rata-rata dari nice lainnya.

Topik seperti bisnis, asuransi, travel, kuliner, gadget dan keuangan merupakan primadona bagi mereka yang bergerak dalam bisnis website informasi. Alasannya, karena sebagian besar advertiser yang menggelontorkan badget-nya untuk periklanan memang banyak dari bisnis seperti itu.

Setelah berbicara mengenai prospek pendukung akan adanya bisnis digital website informasi, maka saatnya kami akan memaparkan secara mendetail tentang prospek pendapatan yang akan diperoleh.

Perlu kami sampaikan bahwa penghasilan dari website informasi bukan semata-mata hanya dari kerja sama Google Adsense. Beberapa pendapatan diperoleh dari iklan mandiri, artikel review dan lain-lain.

Dalam kerja sama pembiayaan pengembangan website informasi yang kami tawarkan ini, kita hanya membagi hasil dari Google Adsense. Untuk penghasilan lainnya, seluruhnya hak untuk pengelola anakdagang.com.

Berikut rincian prospek kerja sama pembiayaan bisnis digital website informasi (contoh proposal kerjasama) :

  • Target waktu bagi hasil setelah 1 tahun berjalan.
  • Target penghasilan dari google Adsense setelah 1 tahun minimal : Rp 10.000.000,-/Bulan.
  • Hanya menerima maksimal 10 orang partner (contoh proposal kerjasama).
  • Besar nilai Investasi untuk tiap orang Rp 10.000.000,-
  • Proporsi pembagian hasil per orang : 6 % per bulan dari total penghasilan adsense.
  • Lama Investasi 120 bulan (10 tahun)
  • Hasil dari google adsense tidak bisa dipastikan besarannya, namun kami usahakan terjadi peningkatan setiap bulannya. Ingat, penghasilan adsense mampu menembus ratusan juta hingga miliaran rupiah per bulan seperti yang telah diperoleh portal-portal berita dan website sejenis.
  • Pembiayaan kerja sama ini hanya untuk 1 website.
  • Website yang akan menjadi fokus pembiayaan adalah anakdagang.com yang sudah sudah online sejak 2 tahun 8 bulan silam.
  • Setelah kontrak selesai (10 tahun kemudian), maka dana Investasi akan dikembalikan sebesar 80%. Dan dinyatakan kontrak pembiayaan kerja sama pengembangan website ditutup.
  • Setiap partner akan mendapat laporan penghasilan tiap bulan secara utuh tanpa editan. Bersamaan dengan itu, terlampir laporan bagi hasil untuk setiap partner.

III. RINCIAN PRESENTASI PENGGUNAAN DANA PARTNER PENGEMBANGAN BISNIS DIGITAL WEBSITE INFORMASI

Penggunaan dana untuk menjalankan bisnis digital website informasi ini tidak memiliki ketentuan pasti. Tergantung perkembangan dari situs yang dikelola. Bisa saja pada awal kerja sama fokus dipemasaran, produksi konten dan peningkatan kualitas server dengan perbandingan 40 : 40 : 20.

Selanjutnya kemungkinan akan berubah, misalnya 50 : 40 : 10 (pemasaran, produksi konten, peningkatan kualitas server). Jadi tergantung dari kebutuhan pada saat itu berdasarkan hasil analisa dari berbagai faktor.

IV. RINCIAN BAGI HASIL DARI PENGHASILAN GOOGLE ADSENSE

Setelah satu tahun berjalan, maka akan dilakukan bagi hasil dari hasil periklanan google adsense. Berapapun hasil yang diperoleh setelah satu tahun berjalan (tidak memenuhi target, memenuhi target atau bahkan lebih), akan tetap dilakukan pembagian hasil.

Presentasi pembagian hasil tiap bulannya selama 10 tahun:

  • 6% dari total pendapatan adsense untuk 10 orang partner (total 60%)
  • 20% dari total pendapatan adsense untuk pengelola
  • 20% dari total pendapatan adsense untuk infrastruktur, pengembangan dan mempertahankan kualitas website

V. RESIKO BISNIS WEBSITE INFORMASI (contoh proposal kerjasama)

Setiap bisnis pastinya terdapat resiko, begitupun pada bisnis digital informasi ini. Resiko yang dapat menghampiri antara lain :

  • Serangan hackers yang dapat merusak situs.
  • Terdapat kegagalan server yang mengakibatkan situs tidak dapat diakses oleh warganet dalam rentan waktu tersebut. Hal ini akan mengakibatkan penurunan pendapatan adsense.
  • Terjadi kesalahan yang dapat menyebabkan akun adsense terkena banned, sehingga pendapatan dari adsense akan hilang. Jika hal demikian terjadi, maka kami usahakan menggunakan akun adsense yang baru atau menggunakan program periklanan lain yang sejenis.

Perlu diketahui, saat ini program periklanan terbaik adalah google adsense untuk seluruh belahan dunia. Maka dari itu, ketika menggunakan programan periklanan yang lain, maka penghasilan pastinya tidak sebesar google adsense.

  • Terkena dampak negatif terhadap munculnya algoritma terbaru dari google, sehingga berdampak pada penurunan jumlah pengunjung situs. Ketika terjadi hal demikian, maka otomatis penghasilan dari adsense akan menurun.
  • Terkena hak cipta yang akan mengakibatkan adanya gugatan secara hukum. Ketika terjadi hal demikian, maka sedikit banyaknya akan mempengaruhi pendapatan adsense selama proses penyelesaian gugatan tersebut.

Selain dari beberapa pemaparan resiko di atas, tentunya masih terdapat masalah lain yang belum dapat diprediksi. Jelasnya, kami akan berusaha mengatasi semua masalah yang timbul agar tidak berdampak negative terhadap penghasilan adsense.

Jika masalah yang timbul tidak sanggup kami atasi, maka semua pihak bersedia berdiskusi untuk mencari jalan tengah dalam menyelesaikan persoalan tersebut. Ingat, konsep kerja sama ini adalah bagi hasil dari keuntungan. Sehingga resiko pun kita bagi bersama.

VI. PENUTUP

Demikian contoh proposal kerjasama pengembangan website informasi anakdagang.com. Jika terdapat pertanyaan, silahkan hubungi kami melalui kontak email anakdagang01@gmail.com, atau di halaman kontak. Salam hormat