Ingin Membuka Biro Perjalanan Haji Dan Umroh? Ini Cara Dan Strateginya!

0
64
Ingin Membuka Biro Perjalanan Haji Dan Umroh, Ini Cara Dan Strateginya

Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Sebagaimana yang kita ketahui, salah satu kewajiban bagi umat muslim yang mampu (dalam hal materi) adalah melaksanakan ibadah haji atau setidaknya melaksanakan ibadah umroh.

Agar dapat melakukan perjalanan ke tanah suci, tentunya para jamaah  membutuhkan jasa travel haji dan umroh, guna memfasilitasi dan memudahkan mereka dalam menjalankan ibadah. Perusahaan jasa umroh dan haji telah menyiapkan sarana prasarana pendukung untuk melaksanakan ibadah secara maksimal.

Nah, ini tentu menjadi peluang usaha yang menarik. Meskipun saat ini perusahaan jasa umroh dan haji sudah banyak dan persaingan yang ada cukup tinggi, namun karena pangsa pasarnya luas, maka bisnis ini masih memiliki prospek yang sangat bagus.

Tips Sukses Membuka Biro Perjalanan Haji dan Umroh

Anda tertarik ingin mencoba usaha ini? Sebagai bahan referensi sekaligus untuk menambah pengetahuan bisnis Anda, berikut ini kami bagikan ulasan mengenai tips membuka usaha biro perjalanan haji dan umroh agar bisa sukses dan bersaing dengan para kompetitor.

Pastikan legalitas usaha Anda

Supaya tidak timbul permasalahan di kemudian hari, terlebih saat sedang melakukan proses pengurusan calon jamaah, pastikan bahwa usaha jasa haji dan umroh Anda memiliki persyaratan dan legalitas yang lengkap.

Dengan begitu, Anda bisa lebih tenang dalam menjalankan bisnis. Selain itu, di mata calon jamaah, perusahaan Anda dipandang mempunyai reputasi yang  bagus dan terpercaya.

Pastikan perusahaan Anda memberikan pelayanan dan fasilitas terbaik

Agar usaha bisa terus maju dan berkembang, maka Anda harus memastikan kepuasan klien. Termasuk saat menekuni usaha biro perjalanan haji dan umroh ini.

Usaha dalam bidang ini, kepuasan klien dalam pelayanan terbaik yang dimaksud meliputi banyak hal. Mulai dari pelayanan customer service yang ada di kantor pemasaran, sampai terkait masalah fasilitas penunjang yang disediakan.

Intinya, jangan sampai Anda memberikan pelayanan yang asal-asalan. Usahakan untuk memberikan pelayanan di atas rata-rata, lebih tinggi dari kualitas pelayanan agen perjalanan haji dan umroh yang lain.

Fasilitas yang harus diusahakan untuk bisa membuat nyaman jamaah diantaranya adalah hotel yang nyaman, makanan yang enak, transportasi yang bagus dan sejenisnya.

Selain itu, Anda harus siapkan ustad pembimbing yang ahli di bidangnya, bukan asal ustad. Sehingga nantinya benar-benar mampu memberikan tuntunan dan jawaban atas keluhan dan pertanyaan jemaah.

Hal ini sangat penting, karena nantinya mereka inilah yang akan menghandle para jamaah haji saat ada di tanah suci. Sehingga kesuksesan dan profesionalitas mereka saat mengerjakan tugasnya akan berimbas besar bagi citra usaha Anda.

Usahakan perusahaan Anda menyediakan makanan khas indonesia

Tidak bisa dipungkiri, haji dan umroh merupakan ibadah yang memerlukan ketahanan fisik tinggi. Oleh karena itu, selama melaksanakan ibadah haji atau pun umroh, jamaah perlu mendapatkan asupan makanan yang baik/optimal.

Idealnya sajikan makanan yang sekiranya para jamaah bisa memakan dan menikmatinya.

Nah, terkait hal tersebut, sangat disarankan untuk menyediakan beragam  makanan ala indonesia, sehingga para jamaah tidak merasa asing dengan makanan yang diberikan.

Makanan yang tidak sesuai dapat mengakibatkan malas makan dan menurunkan vitalitas, bahkan sakit. Untuk menjamin tersedianya pasokan makanan ala indonesia, Anda bisa melakukan kerjasama dengan perusahan catering indonesia yang berada di tanah suci.

Pilih partner bisnis yang tepat

Agar biro perjalanan haji dan umroh Anda menjadi bisnis yang professional, maka harus dikelola oleh orang-orang yang professional pula. Oleh karena itu, idealnya semua partner bisnis yang menjalankan tugas di tanah suci, juga harus orang-orang yang professional.

Lakukan kerjasama dengan handle dan muthowif yang professional, bukan sembarang orang.

Berikan harga yang terbaik

Untuk dapat terus bersaing dalam bisnis biro jasa perjalanan haji dan umrah, Anda harus berikan harga yang masuk akal dan bersaing dengan para kompetitor. Jangan pasang tarif/harga yang terlalu mahal, terutama kalau usaha yang Anda rintis masih baru. Pastinya ini akan menyulitkan untuk mencari calon jemaah.

Saran kami, agar pendapatan perusahaan biro perjalanan Anda makin bertambah, tidak ada salahnya jika sekalian membuka bisnis tiket. Perlu diketahui, dengan perkembangan teknologi yang sudah maju seperti sekarang ini, menekuni bisnis tiket ini tidaklah rumit dan tidak dibutuhkan modal yang besar.

Jika nantinya usaha Anda sudah cukup besar dan biro perjalanan sudah terkenal punya reputasi bagus, tak masalah bila Anda sedikit menaikkan harganya. Karena biasanya calon jemaah rela bayar lebih mahal, asal perusahaan tersebut sudah terpercaya dan memiliki nama baik.

Baca Juga :

Itulah di atas beragam tips dan strategi bagi Anda yang ingin membuka biro perjalanan haji dan umroh. Tentunya, semua itu butuh proses dan Anda harus bisa melalui proses tersebut dengan penuh kesabaran dan sifat pantang menyerah. Selamat mencoba dan semoga sukses.




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.