Ragam Ide Bisnis yang Bisa Dijalankan di Tengah Pandemi Corona

Ragam Ide Bisnis yang Bisa Dijalankan di Tengah Pandemi Corona
Ide bisnis di tengah pandemi Corona

Serangan wabah COVID-19 tak hanya mempengaruhi kesehatan itu sendiri, namun berdampak cukup luas pada situasi ekonomi. Masyarakat harus diam di rumah selama pandemi ini, mau tidak mau mengubah pola konsumsi dan perilaku belanja konsumen.

Tak sedikit bisnis yang terguncang, akhirnya gulung tikar. Namun masih terselip peluang, jika Anda dapat melihatnya dengan jeli.

Bagi Anda, yang berniat menambah pundi-pundi di tengah situasi sulit ini, berikut beberapa ide bisnis yang cukup tepat untuk dijalankan.

Berjualan Makanan Tahan Lama

Ragam Ide Bisnis yang Bisa Dijalankan di Tengah Pandemi Corona
Berjualan jenis makanan tahan lama dapat menjadi salah satu peluang usaha

Karena masyarakat diimbau untuk berdiam diri di rumah, diperbolehkan keluar rumah hanya jika mendesak, maka cukup banyak orang yang membeli stok bahan makanan. Nah, ini sebetulnya peluang yang baik bagi Anda.

Tentu sebagian akan menyiapkan stok makanan berupa sayur atau buah. Akan tetapi, produk makanan tahan lama yang paling menjadi buruan. Aneka makanan kaleng, makanan beku, mie instan, minuman dalam kemasan dan lain sebagainya.

Mungkin Anda berpikir butuh modal besar untuk membuka gerai makanan dalam kemasan atau makanan tahan lama. Kelebihan dari situasi saat ini, sebagai pemilik bisnis justru Anda tidak harus memiliki gerai.

Cukup memasarkan produk secara online. Konsumen memesan secara online dan produk dikirimkan dengan jasa kurir. Untuk menjalankan ide bisnis yang satu ini, Anda cukup memanfaatkan ruang yang ada di rumah.

Jasa Laundry Kilat dan Antar Jemput

Tidak semua orang memiliki kemewahan untuk tinggal di rumah ketika pandemi ini merebak. Sebagian masih harus keluar rumah, untuk bekerja misalnya.

Nah, pada situasi normal mungkin tidak masalah menumpuk pakaian kotor, kini tidak lagi. Setiap habis keluar rumah, disarankan untuk langsung mencuci pakaian.

Persoalannya, tidak semua orang dapat melakukannya. Ini merupakan peluang yang sebaiknya tidak diabaikan.

Ragam Ide Bisnis yang Bisa Dijalankan di Tengah Pandemi Corona
Menyediakan layanan kilat dan antar jemput, sebuah ide agar jasa laundry mampu bertahan

Peluang ini mungkin terbatas bagi mereka yang sudah memiliki bisnis laundry sebelumnya. Yaitu dengan cara meningkatkan pelayanan dengan memberikan jasa pelayanan cuci kilat dan antar jemput.

Jadi, konsumen tidak harus datang ke laundry milik Anda untuk mencuci pakaian dan order diselesaikan dalam waktu singkat. 

Situasi sulit ini justru dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pengalaman konsumen dan mempertahankan pelanggan. Apalagi bila Anda sudah menggunakan aplikasi wirausaha, pengalaman pelanggan dapat semakin optimal.

Sebagai contoh, pada aplikasi tersebut ada pengingat bila waktu penyelesaian order terlampaui serta berbagai catatan lain dari pelanggan, misal baju tertentu sebaiknya tidak dikeringkan dengan suhu yang tinggi.

Dengan demikian, Anda dapat menyediakan jasa pelayanan optimal, sesuai harapan pelanggan.

Jangan lupa menambahkan cairan disinfektan pada proses pencucian, informasikan hal tersebut kepada pelanggan. Tujuannya, agar para pelanggan percaya dan tenang dalam menggunakan jasa laundry milik Anda.

Selain itu, karyawan yang bertugas menjemput pakaian kotor harus berhati-hati. Gunakan masker dan tidak boleh menyentuh bagian wajah sebelum mencucui tangan.

Pakaian yang baru datang segera disterilkan dengan menyemprot cairan disinfektan.

Ide Bisnis yang Terakhir Adalah Jasa Disinfeksi

Pengetahuan terkait karakter virus corona masih relatif terbatas. Belum diketahui secara pasti, apakah virus dapat bertahan pada permukaan benda dalam waktu tertentu, pada benda berbahan apa virus menempel, dan seterusnya.

Sehingga mencegah tentu dianggap lebih baik, maka langkah disinfeksi pun banyak dilakukan.

Menyediakan jasa layanan disinfeksi merupakan ide bisnis yang patut Anda coba dan memiliki peluang cukup menjanjikan saat ini. Cukup banyak rumah atau kantor yang masih beroperasi menyewa jasa layanan disinfeksi.

Baca Juga :

Alasan utamanya, sebab disinfeksi lebih optimal dibanding dengan menyemprotkan cairan disinfektan sendiri. Sebab tentu saja layanan disinfeksi ini menggunakan cairan disinfektan serta alat penyemprotan yang memadai.

Selain itu, dalam prosesnya, seluruh bagian ruangan menjadi sasaran disinfeksi, tanpa terkecuali.




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.