Prinsip Dagang Sederhana yang Harus Anda Ketahui

0
Prinsip Dagang Sederhana yang Harus Anda Ketahui

Prinsip Dagang – Dagang dalam bahasa arab adalah tijaarotun (تجارة). Berdagang adalah pekerjaan yang sangat mulia. Jika Anda berdagang dengan jujur dan bertanggung jawab, maka pintu surga akan terbuka dengan selebar-lebarnya.

Melihat atau mencermati prilaku para pedagang sekarang ini, sungguh miris rasanya. Why???

Prinsip Dagang yang Tidak Boleh Dilupakan

Sering ditemui ketika kita berbelanja di toko atau di pasar tradisional, para pedagang biasa mengatakan “silahkan bu/pak dilihat barangnya, murah bu/pak”. Bahasa seperti ini masih terbilang wajar dalam dunia perdagangan.

Tapi kalau sudah dilanjutkan dengan tawar menawar, sering kita mendapatkan para pedagang mengeluarkan pernyataan “maaf bu, ini sudah di bawah harga pasaran. ini pun saya sudah rugi”.

Apakah ini termasuk wajar? Jawabanya bisa ya, bisa juga tidak. Kalau pedagang tersebut bermaksud untuk menghabiskan barang dagangan yang sudah lama tidak terjual, dan menjual di bawah harga modal, ya sah sah saja bukan.

Tapi jika pedagang mengeluarkan pernyataan seperti itu dengan maksud agar calon pembeli merasa ibah dan membeli barang dagangannya, maka itu sudah termasuk tidak wajar alias sudah melakukan suatu kebohongan (asas kejujuran dalam berdagang sudah dilanggar).

Kejujuran adalah modal yang sangat utama dan bisa menjadi alat promosi yang Dahsyat bagi toko yang Anda jalankan.

Belajarlah untuk berkata jujur, karena dibalik kejujuran tersimpan sesuatu yang dahsyat untuk kelangsungan usaha Anda. Apapun usaha Anda, usaha yang bergelut dibidang jasa, jual beli ataupun yang lainnya tidak akan menjadi besar, tidak akan menjadi berkah, tidak akan membuat Anda bahagia dengan hasil yang diperoleh dari suatu kebohongan.

Semoga para pedagang tidak lagi melupakan prinsip dagang yang telah kami bahas di atas. Jangan lewatkan artikel kami 3 Cara Memulai Bisnis Sendiri dengan Mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.