Pijakan Burung Walet Terbaik Sebagai Properti Tambahan untuk Mempercepat Populasi

0
574

Pijakan Burung Walet Terbaik Sebagai Properti Tambahan untuk Mempercepat Populasi


Satu tahun terakhir ini, sedang buming dikalangan petani walet soal properti tambahan untuk mempermudah walet muda hinggap dan membuat sarang pada sirip gedung walet. Salah satu jenis properti yang menjadi pelopor adalah penggunaan besek.

Besek ini adalah suatu anyaman yang terbuat dari bambu dengan bentuk kotak yang bertujuan untuk membawa suatu barang. Namun besek ini ternyata tidak difungsikan sebagai mana mestinya oleh petani walet.

Besek digunakan sebagai pelapis sirip yang bertujuan untuk mempermudah walet dalam mencengkramkan kukunya. Dengan kemudahan tersebut, diharapkan walet-walet muda cepat menyesuaikan diri pada lingkungan barunya sehingga nyaman untuk berkembang biak dan akhirnya mempercepat populasi.

Karena besek hanya diproduksi di daerah-daerah tertentu, maka para petani yang jauh dari pusat produksi besek melakukan berbagai macam inovasi sebagai bahan pengganti. Mulai dari penggunaan Ram nyamuk (ram parabola), kardus, sterefoam, gelas plastik dan lain-lain.

Semua bahan tersebut sukses diaplikasikan, namun tentunya berbagai macam kekurangan dan kelebihan. 

Seperti penggunaan ram nyamuk. Ram nyamuk tersebut ternyata dapat terkikis habis, mungkin karena kuatnya kandungan azam pada liur burung walet. Selain itu, beberapa petani menemukan walet mati bergelantungan karena kukunya tersangkut di ram tersebut.

Jadi pertanyaannya, pijakan tambahan seperti apa yang terbaik untuk diaplikasikan dalam gedung walet? Nah, silahkan disimak penjelasan saya berikut ini.

Pijakan Walet Terbaik untuk Mempermudah Hinggap dan Membuat Sarang

Sebelum memberikan penjelasan soal pijakan walet terbaik sebagai properti tambahan, saya akan bercerita sedikit mengenai pengalaman melihat langsung sarang walet pada posisi terbaiknya.

Gedung walet orang tua kami terbuat dari beton bertulang, bata merah dan dak beton. Di bagian wabah dak beton ini, terdapat tripleks (plywood) sebagai dasar sebelum dilakukan pengecoran lantai. Plywood tersebut terpasang secara permanen dalam gedung.

Setelah kurang lebih setahun, plywood mulai terkelupas sehingga kelihatan menjuntai dengan kemiringan sekitar 30-45 derajat. Saya heran, ternyata pada plywood yang terkelupas tersebut terdapat sarang walet.

Nah, pertanyaannya kenapa burung walet membuat sarangnya pada area tersebut?

Perkiraan saya yang terbesit pada saat itu adalah karena kuku walet lebih mudah mencengkram dan kemiringan 30-45 derajat membuat walet lebih nyaman dalam menopang badannya.

Jadi, burung walet dalam bergelantungan tidak menggunakan seluruh kekuatan kakinya karena posisi dari plywood membantu dalam menopang berat badannya.


Dengan demikian, walet lebih nyaman dalam membuat sarang (sarang utuh). Energi tidak dihabiskan untuk bergelantung.

Apakah Anda sudah paham maksud saya?

Nah, berdasarkan cerita di atas, maka properti pijakan burung walet yang baik untuk mempercepat populasi (agar walet cepat menginap) adalah mengaplikasikan kemiringan sekitar 30-45 derajat. Bahan yang digunakan bisa berbagai macam, seperti sterefoam, balok kayu dan sebagainya.

Saran saya dalam pembuatan properti ini adalah buatlah terpisah-pisah, jangan terlalu panjang agar kedepannya dapat mempermudah dalam melakukan panen sarang walet.

Pijakan Burung Walet Terbaik Sebagai Properti Tambahan untuk Mempercepat Populasi
Gambar Tampak Samping


Beberapa orang membuat properti seperti balok atau sarang palsu, namun kelemahannya adalah sarang yang terbentuk akan tipis. Tipis karena bagian bawahnya sudah dibantu dengan properti, sehingga dengan sarang tipis pun walet sudah merasa aman untuk meletakkan telurnya.

Baca Juga :

Sekian artikel singkat mengenai pijakan burung walet terbaik sebagai properti tambahan untuk mempercepat populasi, semoga bermanfaat. salam




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.