Peluang Usaha di Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri

0
82
Peluang Usaha di Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri

Peluang Usaha di Bulan Ramadhan – Ramadhan memang selalu menjadi momen penting, dimana seluruh umat muslim dunia menjalankan ibadah puasa sebulan penuh dan selanjutnya menyambut hari kemenangan, Hari Raya Idul Fitri.

Momen ini tentunya bisa dimanfaatkan para wirausaha untuk melebarkan sayap usaha yang bertemakan ramadhan dan Hari Raya.

Nah, kira-kira apa saja peluang usaha yang menjanjikan di Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri ini? Belum punya ide?

Ide Peluang Usaha di Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri yang Menjanjikan

1. Katering Makanan untuk Sahur

Peluang Usaha di Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri yang Menjanjikan

Peluang usaha di bulan ramadhan yang pertama ialah usaha catering makanan untuk sahur. Mengapa sahur ? Kebanyakan orang yang takut bangun kesiangan sering lupa menyiapkan sahur, sehingga lebih memilih untuk membeli makanan di luar. Atau mungkin ingin fokus beribadah sebelum sahur, sehingga tidak ingin terganggu karena harus mempersihapkan hidangan sahur.

Tips pertama adalah memasaklah dengan hati, siapkan hidangan terbaik untuk pelanggan sahur Anda. Menyiapkan makanan sahur untuk orang berpuasa akan mendapat pahala yang besar.

Buat beberapa paket sahur yang menggugah selera namun juga bergizi. Untuk nilai plus, Anda bisa memberikan pilihan antar jemput makanan sahur. Memudahkan pelanggan dan memberikan keuntungan untuk Anda kan?

2. Berjualan Makanan TakjilPeluang Usaha di Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri yang Menjanjikan

Sepertinya dimanapun kotanya, tradisi penjual takjil dadakan ini sudah menjadi budaya tiap bulan ramadhan tiba. Di pinggir jalan, di teras rumah, hingga saat terjebak macet ada saja penjual takjil yang menjajakan makanannya.

Tidak hanya ibu-ibu, para bapak, pemuda bahkan anak SMA tak mau ketinggalan berjualan.

Andapun tidak boleh ketinggalan euphoria penjual takjil ini. Tak perlu modal besar dan hanya berbekal kemampuan memasak yang ajib dan sedikit uang untuk belanja, Anda dapat ikut berjualan takjil.

3. Menjual Pakaian Lebaran

Peluang Usaha di Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri yang Menjanjikan

Kebiasaan yang telah menjadi tradisi di Indonesia adalah memakai pakaian baru. Hari kemenangan dianggap sebagai hari baru dimana setiap insan terlahir fitri kembali. Nah ini juga dapat menjadi kesempatan yang bagus untuk memulai usaha menjual pakaian lebaran.

Meskipun dapat dibilang usaha ini akan membutuhkan biaya/modal yang cukup besar, namun keuntungan yang Anda dapat akan sebanding dengan modal.

Jika Anda tidak mau mengambil resiko, jangan khawatir. Di era modern ini, Anda dapat dimudahkan dalam bisnis pakaian lebaran tanpa harus keluar modal. Apakah itu ? Dropshipper.

Yah, dengan menjadi dropshipper, Anda tidak perlu menyediakan barang di toko atau rumah. Anda hanya tinggal memesankannya ketika ada pembeli yang order. Mudah dan murah bukan?

4. Membuat Paket Parcel Lebaran

Peluang Usaha di Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri yang Menjanjikan

Parsel merupkan barang yang tidak asing lagi dan banyak dicari menjelang lebaran, karena tradisi masyarakat pula untuk mengirim paket parcel sebagai hadiah lebaran kepada teman, keluarga, atasan, bawahan, atau tetangga.

Jika memiliki jiwa kreatif untuk mendekorasi parsel, Anda dapat mejadikan momen ramadhan ini untuk peluang usaha yang menguntungkan.

Parsel zaman now ini memang beragam isinya. Mulai dari kue kue an, buah, sembako, hingga pakaian.

Anda dapat mengkreasikan benda-benda yang diminta pelanggan. Pastikan barang yang dibingkis berkualitas baik dan belum kadaluarsa ya!

5. Berjualan Kembang Api

Peluang Usaha di Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri yang Menjanjikan


Jenis usaha musiman lain disaat Ramadhan dan Idul Fitri adalah berjualan Kembang Api. Bulan ini, anak-anak akan suka sekali menyalakan Kembang Api sebagai hiburan setelah berpuasa.

Selain anak anak, kembang api juga biasa dinyalakan para remaja setelah buka puasa bersama atau tadarusan.

Bulan puasa tanpa kembang api serasa teh tanpa gula, kurang lengkap. Meskipun kelihatannya sepele, berjualan kembang api akan mendatangkan keuntungan yang besar setiap tahunnya. Tapi, pastikan Anda menjual kembang api yang aman dan jangan menjual kembang api pada anak dibawah umur ya!

6. Menjual Buah Kurma

Peluang Usaha di Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri yang Menjanjikan

Ketika berpuasa, Rasulullah menyunnahkan umat muslim untuk memakan buah kurma saat berbuka dan sahur. Maka dari itu, hampir seluruh umat islam selalu menyimpan kurma sebagai stock Ramadhan hingga lebaran.

Kurma ada berbagai jenisnya, namun yang paling dicari adalah kurma ajwa (kurma nabi).

Untuk itu, Anda dapat mencoba menjadi penjual kurma selama Ramadhan. Pilih agen kurma yang terpercaya dan berkualitas dengan harga yang murah.

Jual kurma di kios ramadhan atau di depan rumah saja. Dijamin, dagangan Anda akan untung besar selama Ramadhan!

7. Berjualan Kue Kering

Peluang Usaha di Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri yang Menjanjikan


Masyarakat muslim di Indonesia umumnya sudah terbiasa menyediakan berbagai kebutuhan lebaran seperti camilan dan kue kering. Baik di desa maupun di kota, semua sepakat untuk menyediakan hidangan terbaik sebagai teman mengobrol saat silaturahmi.

Kue kering memang menjadi barang paling dicari saat lebaran. Kue kering seperti nastar, kastangel, putri salju hingga kuping gajah selalu menjadi incaran para ibu rumah tangga.

Tentunya, hal tersebut akan berdampak pada permintaan yang tinggi. Anda harus mencoba untuk menjual kue kering saat Ramadhan hingga lebaran. Anda hanya tinggal membuat kue kering super lezat lalu bungkus dengan kemasan yang menarik. Untuk lebih mudahnya, titipkan kue kering buatan Anda di toko oleh-oleh atau penjual parcel.

8. Menjual Wadah Ketupat

Peluang Usaha di Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri yang Menjanjikan


Menjelang hari raya, ada satu tradisi yang biasanya selalu ada di masyarakat yaitu, menyediakan ketupat untuk hidangan hari raya. Ditemani dengan opor ayam dan sambel goreng, para tamu pasti akan senang.

Tapi tentunya tidak semua orang memiliki bakat atau waktu untuk membuat cangkang ketupat. Nah, bagi Anda yang bisa membuat cangkang ketupat ini, tentunya bisa menjadikan momen mendekati lebaran ini sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

Jual cangkang ketupat pada pedagang pasar, atau buat cangkang sesuai pesanan. Anda akan mendapat untung besar!

9. Jasa Pembuatan Kartu Ucapan Lebaran

Peluang Usaha di Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri yang Menjanjikan


Sepertinya usaha yang satu ini akan cocok dijalani bagi Anda yang telah menjalankan usaha percetakan sebelumnya. Namun, jika Anda adalah orang yang kreatif dan bisa membuat berbagai jenis kartu ucapan yang unik dan menarik, Anda bisa membuka usaha jasa pembuatan kartu ucapan lebaran.

Selain kartu ucapan, Anda juga bisa membuat jenis barang lain seperti angpau lebaran dengan berbagai desain. Jangan lupa untuk mempromosikan barang dagangan di sosial media.

Baca Juga :

Dari berbagai ide di atas, kira-kira mana yang menurut Anda paling menarik dan cocok untuk dijalankan? Perlu dipahami, peluang usaha di bulan ramadhan merupakan bisnis musiman, tentunya hanya bersifat sementara alias hanya akan menjadi tren dimomen momen tertentu.

Jadi sebelum memulainya, harus dipertimbangkan secara matang besaran modal yang diperlukan dan potensi keuntungan yang didapat.




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.