Alat Keselamatan Kerja di Laboratorium Kimia yang Harus Ada

Alat Keselamatan Kerja di Laboratorium Kimia yang Harus Ada

Bahaya bukan hanya ada di jalan raya, di dalam gedung pun bahaya bisa kita temui misalnya di laboratorium. Salah satu jenis laboratorium yang memiliki bahaya tingkat tinggi adalah laboratorium kimia. Untuk itu alat keselamatan kerja di laboratorium harus ada dan lengkap guna keselamatan para karyawan atau pekerja.

Namun apakah Anda tahu apa saja alat keselamatan kerja di laboratorium yang harus ada dan wajib dimiliki? Yuk simak beberapa informasi alat keselamatan kerja berikut ini.

6 Alat Keselamatan Kerja Di Laboratorium Kimia

1. Jas laboratorium

Salah satu alat keselamatan kerja di Laboratorium yang harus ada adalah jas laboratorium. Jas lab berfungsi untuk melindungi tubuh dari percikan bahan-bahan atau cairan kimia yang berbahaya. Menurut cara pemakaiannya, jas lab dibedakan menjadi 2 yaitu jas sekali pakai (lab biologi atau hewan) dan jas lab berkali-kali pakai (lab kimia).

Sedangkan menurut bahannya, jas lab dibedakan menjadi 3 yaitu Flame-resistant lab coat (dilapisi material tahan api), 100 % cotton lab coat (biasa digunakan lab kimia) dan cotton blends (terbuat dari 100% poliester/cotton).

2. Kacamata keselamatan

Bukan hanya tubuh saja yang harus dilindungi saat berada di laboratorium, mata juga harus dilindungi. Itulah kenapa Anda harus menggunakan dan membutuhkan kacamata keselamatan saat berada di dalam laboratorium.

Kacamata ini khusus dan harus terbuat dari bahan yang tahan panas dan bahan-bahan kimia berbahaya.

Ada dua jenis kacamata keselamatan yaitu clear safety glasses (digunakan untuk melindungi dari debu dan larutan kimia) dan clear safety goggles (digunakan untuk melindungi dari reaksi kimia atau bahan kimia berbahaya).

3. Sepatu keselamatan

Ketika berada di laboratorium, sangat dilarang menggunakan sandal atau sepatu sandal karena tidak dapat melindungi kaki dari bahaya yang ada di dalam laboratorium. Untuk itu, Anda diwajibkan menggunakan sepatu keselamatan yang sudah didesain agar tahan api, panas dan bahan-bahan kimia yang ada di dalam laboratorium.

Sepatu keselamatan biasanya dibuat dari kulit agar tahan bahan kimia yang berbahaya. Selain sepatu keselamatan, di dalam laboratorium biasanya juga terdapat alas sepatu agar kebersihan di dalam laboratorium senantiasa terjaga.

4. Pelindung muka

Di dalam laboratorium kimia sering terjadi reaksi reaksi kimia yang menimbulkan panas dan berbahaya, untuk itu pelindung muka menjadi hal wajib yang harus ada dan digunakan di dalam laboratorium. Pelindung ini berfungsi untuk melindungi wajah Anda dari percikan-percikan material panas, zat kimia, api dan panas.

Pelindung muka biasanya digunakan ketika melakukan aktivitas sterilisasi alat-alat laboratorium, meleburkan sampel tanah dan lain sebagainya. Ketika berinteraksi dengan zat kimia, pelindung muka juga harus digunakan, karena biasanya terjadi percikan ke arah wajah.

5. Masker gas

Di dalam laboratorium bukan hanya ada zat-zat kimia saja yang dapat menimbulkan bahaya, namun juga ada gas berbahaya. Untuk itu, di dalam laboratorium harus tersedia masker gas untuk melindungi para karyawan atau pekerja dari bahaya gas tersebut. Sehingga gas berbahaya tidak akan terhirup.

Ada 2 jenis masker gas yang bisa Anda pakai yaitu masker gas biasa (digunakan untuk keperluan umum seperti membuat larutan standar dan lain sebagainya, terbuat dari kain) dan masker gas khusus (digunakan untuk keperluan khusus saat menggunakan larutan gas berbahaya seperti asam sulfida, asam sulfat dan lain sebagainya yang dilengkapi material penghisap gas).

6. Kaos tangan

Bagian tubuh yang harus dilindungi selanjutnya ialah tangan. Kenapa? Karena tangan melakukan kontak langsung dengan bahan atau alat di dalam laboratorium. Untuk itu, Anda harus menggunakan kaos tangan agar tangan terhindar dari zat kimia atau bahan-bahan kimia yang berbahaya.

Kaos tangan yang biasa digunakan di dalam laboratorium terbuat dari bahan karet alam. Ada dua jenis sarung tangan yaitu dengan serbuk khusus atau tanpa serbuk khusus. Serbuk yang biasa digunakan adalah tepung kanji yang fungsinya agar mudah dalam menggunakan kaos tangan.

Baca Juga :

Laboratorium merupakan tempat berbahaya karena banyak bahan, zat atau larutan kimia yang keras dan bisa melukai tubuh. Maka dari itu, alat keselamatan kerja di laboratorium yang telah disebutkan di atas wajib tersedia dan dipakai saat di dalam laboratorium agar keselamatan tetap terjaga dan karyawan bisa bekerja dengan nyaman.

5/5 (2)

Nilai kualitas artikel




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.