Kepengen Memulai Bisnis Online? Perhatikan Dulu Tips Manjur Ini

Tips Memulai Bisnis Online

Tips Memulai Bisnis Online – Anda sedang tertarik ingin membuka bisnis online? Nah, itu sudah sebuah niat yang bagus. Anda tinggal merealisasikannya dalam wujud nyata. Namun, sebelum memulai bisnis online, Anda harus memperhatikan terlebih dahulu berbagai teknik dalam mengawalinya.

Kenapa? Agar Anda dapat memiliki pandangan yang cerah ke depannya saat menghadapi dunia e-commerce. Sehingga tidak akan pernah menggoyahkan tujuan berbisnis online ketika rintangan menghadang.
Mengambil keputusan berbisnis merupakan pekerjaan mulia yang penuh dengan tantangan. Tidak bisa sekedar teori, tetapi juga perlu tips tersendiri yang harus diterapkan.

Selain itu, niat membuka bisnis online jangan hanya mengikuti trends profesi. Jika itu menjadi tujuan Anda, maka bisnis tidak mampu bertahan lama. Coba tanyakan kembali pada diri Anda, apakah ini benar-benar keputusan matang yang telah dipilih.

Pastikan juga berbisnis online benar-benar ada dalam jiwa Anda sebagai wirausaha. Pekerjaan tanpa menjiwai, semua akan sia-sia. Anda tidak akan sepenuh hati menjalankannya. Sehingga, semua perjuangan akan setengah matang.

Anda pun harus menyadari, betapa pekerjaan berbisnis online bukan sekedar untuk keegoisan pribadi. Harus bersikap bijak dan humanisme dalam menerapkannya. So, agar lebih jelasnya di bawah ini terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam mengawali bisnis online.

Tips Memulai Bisnis Online

1. Tentukan tujuan yang jelas

Memiliki tujuan secara jelas dan kuat akan akan membuat seseorang berjalan lebih terarah dan tanpa kehabisan antusiasme. Begitu pun dalam memulai bisnis online, Anda harus memiliki visi misi jangka panjang.

Misalnya, tujuan Anda berbisnis online untuk memiliki perusahaan digital berbasis produk penulisan. Bertekat secara kuat menjadikan bisnis online sebagai pekerjaan utama Anda. Menjadi pengusaha paling sukses, berpengaruh dan mampu meningkatkan ekonomi banyak orang.

Itulah salah satu tujuan memulai bisnis online. Anda pun bisa membuat tujuan tersendiri mengapa memilih bisnis online. Jangan berbisnis untuk mengikuti trends profesi, mengeruk keuntungan sesaat. Selain itu, berbisnis online jangan hanya untuk pekerjaan sampingan.

2. Ketahui keahlian Anda yang paling menonjol dan jadikan sebagai produk

Bisnis merupakan sebuah karir yang memerlukan keahlian beranekaragam untuk saling melengkapi. Bukan seperti profesi dalam bidang eksak yang cukup menggunakan satu keahlian, misalnya Dokter.

Pebisnis dituntut untuk memiliki skill lain yang dapat menghasilkan produk. Jika Anda hanya bisa managemen dan teori ekonomi, itu belum cukup untuk membuka usaha. Mungkin hanya bisa bekerja di perusahaan orang lain.

Selain kemampuan memimpin, managemen, komunikasi dan keuangan. Anda juga perlu mencari tahu, keahlian apa yang paling menonjol pada diri Anda untuk bisa menghasilkan sebuah produk.

Contohnya, Anda ahli di bidang IT khususnya dunia website. Nah, Anda bisa menjadikan keahlian tersebut sebagai produk yang dijual yakni jasa development website. Contoh lainnya, Anda ahli di bidang pengetikan dengan cepat. Bisa membuka bisnis online, jasa ketik dokumen tercepat.

Keahlian menonjol apa yang ada di dalam diri Anda, untuk dapat diwujudkan sebagai produk bisnis online? Temukan jawabannya dengan bertanya pada diri Anda, tentang suatu hal yang paling mudah dikerjakan.

3. Pelajari cara mengoperasikan teknologi, jaringan informasi, platform bisnis untuk beriklan

Nah, karena ini bisnis online maka Anda harus mengetahui seputar teknologi, jaringan informasi dan platform bisnis online. Dikarenakan Anda nanti akan perlu menggunakan laptop, android dan internet. Selain itu, mengerti seputar situs-situs penyedia layanan iklan ataupun untuk akses bisnis online sebagai sarana promosi.

4. Tentukan platform bisnis untuk promosi

Sudah banyak platform bisnis yang dapat digunakan untuk promosi produk. Tentukan pilihan Anda, lalu pelajari lebih dalam cara menjalankannya.

Macam-macam situs yang dapat dipilih seperti Blog Gratisan (Blogspot, WordPress), Website, Facebook Ads, Email Marketing, Media Sosial Gratisan (Facebook, Instagram, Twitter), Marketplace (Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak dan lain sebagainya).

5. Buat brand bisnis yang unik dan berciri khas

Selanjutnya, membuat brand bisnis yang unik. Ini juga hal yang urgen. Pasalnya, dunia e-commerce berinteraksi di dunia maya. Agar bisnis online Anda dipercaya, diingat dan dikenal, maka memiliki brand yang unik dan berciri khas sangatlah dibutuhkan.

Contohnya, brand Shopee dikenal sebagai situs marketplace yang banyak memberikan diskon dan ongkir gratis. Nah, Anda bisa memikirkan tersendiri brand apa yang tepat untuk bisnis online Anda.

6. Lakukan promosi

Selanjutnya, lakukan promosi di platform bisnis yang telah Anda pilih. Posting produk dan brand bisnis online Anda. Perkenalkanlah dengan bahasa menarik dan menekankan sisi manfaat apa yang dapat diperoleh jika membeli produk Anda.

7. Sering otak-Atik

Platform bisnis yang Anda pilih untuk mengenalkan brand, harus sering diotak-atik. Maksudnya, Anda harus intens mengelolanya. Misalnya, Anda memilih Blog Gratisan dan Akun Facebook Pribadi. Maka, Anda harus sering udate produk beserta content writingnya. Mengatur desain template blog, hingga melakukan optimasi SEO (Search Engine Optimization).

Jangan lupa juga link blog dishare ke media sosial Facebook Anda.

8. Buat kreasi yang menarik dan kreatif

Lakukan eksperimen-eksperimen yang menarik dan kreatif pada desain blog ataupun website Anda, agar banyak orang tertarik mengunjungi.

Itulah ulasan terkait tips memulai bisnis online yang perlu diperhatikan. Pastikan Anda membuat keputusan yang matang dalam menjalankan bisnis online. Jangan menjalankan bisnis sebagai pekerjaan sampingan. Namun, buatlah tujuan secara jelas dan jangka panjang yang dilengkapi berbagai tindakan lainnya seperti dalam pemaparan pada artikel ini.

No ratings yet.

Nilai kualitas artikel




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.