>

$show=post

5 Panduan Dasar dalam Memulai Bisnis Makanan Oleh-Oleh Khas Daerah dan Wisata

SHARE:

Panduan dalam Memulai Bisnis Makanan Khas Daerah dan Wisata

Makanan Khas Daerah - Bila kita lebih jeli melihat peluang usaha, sebenarnya terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang. Misalnya, membuka toko oleh-oleh makanan khas daerah tempat tinggal Anda.

Terlebih jika di daerah Anda terdapat tempat wisatanya, tentu hal ini bisa membuka kesempatan mendapatkan banyak keuntungan. Karena sudah menjadi sebuah kebiasaan, setiap turis asing ataupun lokal apabila datang ke suatu tempat wisata pasti akan membeli makanan/cemilan khas daerah tersebut untuk dijadikan oleh-oleh.

Tidak perlu mengawali dengan banyak modal, jika memang kondisinya tidak memungkinkan. Cukup menyewa kios kecil terlebih dahulu.

Untuk Anda yang bingung atau belum tahu tahapan-tahapan supaya usaha tersebut bisa berjalan, berikut ini kami share langkah-langkah yang bisa diterapkan untuk memulainya. Silahkan disimak.

Panduan Memulai Bisnis Makanan Khas Daerah dan Wisata

1. Lokasi usaha 

Seperti yang sudah diulas sedikit diatas, hal terpenting adalah mengenai lokasi. Karena lokasi usaha merupakan hal yang menjadi pondasi dari sebuah bisnis.

Apabila Anda tidak tinggal di daerah yang strategis, maka carilah daerah yang memang cocok untuk membuka toko makanan khas daerah dan wisata.

Namun jangan terlalu buru-buru dalam menentukan tempat, karena bila Anda hanya melakukan spekulasi tanpa menganalisa prospek perkembangan bisnis di daerah tersebut, maka bisa membuat rugi nantinya.

2. Jenis makanan

Jenis makanan yang tersedia haruslah makanan khas dari daerah tempat membuka usaha. Dan yang terpenting adalah jenis makanan yang tersedia haruslah lengkap untuk memberikan kepuasan kepada konsumen dalam memilih makanan sesukanya.

3. Harga makanan

Harga juga menjadi kunci dari kesuksesan bisnis makanan khas daerah dan wisata. Karena bila menjual makanan dengan harga yang lebih murah dari toko lain maka pasti akan banyak pengunjung yang datang.

Perlihatkanlah daftar harga di luar toko, agar orang yang lewat tertarik mampir di toko Anda. Harus menjadi perhatian, walaupun harga murah, kualitas wajib dijaga.

4. Kerjasama

Melakukan kerjasama dengan biro perjalanan, hotel atau hal lain yang berhubungan dengan pariwisata menjadi salah satu cara meningkatkan penjualan. Misalnya, kerja sama dengan biro perjalanan, jika penumpang mereka hendak membeli oleh-oleh, maka harus mengarahkan ke tempat Anda.

Dengan perjanjian sedemikian rupa, saya yakin akan memberikan keuntungan baik untuk usaha Anda maupun untuk biro perjalanan tersebut.

5. Promosi

Seperti yang sudah disebut di atas, promosi memang sangat penting untuk kelanjutan sebuah usaha. Selain dengan kerjasama seperti yang sudah ditulis di nomor empat, promosi juga bisa dilakukan dengan beberapa hal berikut.
a. Atribut
Atribut digunakan untuk media promosi. Atribut yang dimaksud seperti brosur, papan nama, penunjuk jalan atau banner. Semakin banyak yang disebar atau dipasang, maka tentunya semakin banyak pembeli yang akan datang.


Namun perlu diingat, penyebaran seperti brosur atau hal sejenis harus tepat sasaran. Seperti menyebar brosur di hotel atau tempat wisata itu sendiri, di terminal atau di tempat yang dipenuhi target pasar Anda.

b. Media Sosial
Sekarang ini media sosial memang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia, apalagi untuk keperluan bisnis. Anda bisa mempromosikan toko melalui media sosial seperti facebook, intagram atau bahkan lebih baik bila membuat website sendiri. Selain itu, peningkatan jumlah penjualan bisa lebih dimaksimalkan dengan melakukan sistem order secara online.
Baca Juga : Tips Menjadi Mitra Franchise yang Sukses
Itulah beberapa tips untuk memulai bisnis makanan khas daerah dan wisata. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk Anda.

COMMENTS

BLOGGER
Name

ASURANSI,5,BISNIS KULINER,9,BISNIS ONLINE,13,BISNIS SAMPINGAN,15,BISNIS WARALABA,11,BITCOIN,3,BLOGGING,9,FOREX,8,GADGET & APLIKASI,3,INVESTASI,11,INVESTASI EMAS,2,INVESTASI SAHAM,4,KEUANGAN,8,KISAH INSPIRATIF,8,PELUANG BISNIS PERKEBUNAN,12,PELUANG BISNIS PETERNAKAN,19,PELUANG USAHA,94,PELUANG USAHA BAGI PEMULA,8,PELUANG USAHA MAHASISWA,4,PELUANG USAHA PERTOKOAN,6,PELUANG USAHA PROPERTI,11,PERIZINAN,6,REVIEW PRODUK,3,SEO,5,SPONSORED,3,TIPS BISNIS,76,TOKOH,3,TUTORIAL,3,WALET,9,
ltr
item
anakdagang.com: 5 Panduan Dasar dalam Memulai Bisnis Makanan Oleh-Oleh Khas Daerah dan Wisata
5 Panduan Dasar dalam Memulai Bisnis Makanan Oleh-Oleh Khas Daerah dan Wisata
Makanan Khas Daerah - Bila kita lebih jeli melihat peluang usaha, sebenarnya terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang. Seperti misalnya, membuka toko oleh-oleh makanan khas daerah tempat tinggal Anda.
https://2.bp.blogspot.com/-qPAhbg3qfeg/V7z546eUx6I/AAAAAAAABUE/eFv0WUyc5ssqo8DU6j9CydSCc_mLzOyGwCLcB/s640/pastry-shop-948776_1280.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-qPAhbg3qfeg/V7z546eUx6I/AAAAAAAABUE/eFv0WUyc5ssqo8DU6j9CydSCc_mLzOyGwCLcB/s72-c/pastry-shop-948776_1280.jpg
anakdagang.com
http://www.anakdagang.com/2016/08/panduan-dalam-memulai-bisnis-makanan-khas-daerah.html
http://www.anakdagang.com/
http://www.anakdagang.com/
http://www.anakdagang.com/2016/08/panduan-dalam-memulai-bisnis-makanan-khas-daerah.html
true
8897343119264651685
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy