5 Panduan Dasar dalam Memulai Bisnis Makanan Oleh-Oleh Khas Daerah dan Wisata

shares |

loading...
Panduan dalam Memulai Bisnis Makanan Khas Daerah dan Wisata

Makanan Khas Daerah - Bila kita lebih jeli melihat peluang usaha, sebenarnya terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang. Seperti misalnya, membuka toko oleh-oleh makanan khas daerah tempat tinggal Anda.

Terlebih jika di daerah Anda terdapat tempat wisatanya, tentu hal ini bisa membuka kesempatan mendapatkan banyak keuntungan. Karena sudah menjadi sebuah kebiasaan, setiap turis asing ataupun lokal apabila datang kesuatu kota atau tempat wisata pasti akan membeli makanan atau cemilan khas daerah tersebut untuk pribadi ataupun untuk oleh oleh buat keluarga di rumah.

Tidak perlu mengawali dengan banyak modal, jika memang kondisinya tidak memungkinkan. Cukup menyewa kios kecil terlebih dahulu. Untuk Anda yang bingung atau belum tahu tahapan-tahapannya, gimana supaya usaha tersebut bisa jalan, berikut ini kami share langkah-langkah yang bisa Anda terapkan untuk memulainya. Silahkan disimak.

Panduan Memulai Bisnis Makanan Khas Daerah dan Wisata

1. Lokasi usaha 

Seperti yang sudah diulas sedikit diatas, hal terpenting adalah mengenai lokasi. Karena lokasi usaha merupakan hal yang menjadi pondasi dari sebuah bisnis. Apabila Anda tidak tinggal di daerah yang strategis, maka carilah daerah yang memang cocok untuk membuka toko makanan khas daerah dan wisata. Namun jangan terlalu buru-buru dalam menentukan tempat karena bila Anda hanya melakukan spekulasi tanpa menganalisa prospek perkembangan bisnis di daerah tersebut, maka bisa membuat rugi nantinya.

2. Jenis makanan

Jenis makanan yang tersedia haruslah makanan khas dari daerah tempat membuka usaha. Dan yang terpenting adalah jenis makanan yang tersedia haruslah lengkap untuk memberikan kepuasan kepada konsumen yang datang berkunjung, sehingga bisa memilih makanan sesukanya.

3. Harga makanan

Harga juga menjadi kunci dari kesuksesan bisnis makanan khas daerah dan wisata. Karena bila menjual makanan dengan harga yang lebih murah dari toko lain maka pasti akan banyak pengunjung yang datang. Anda bisa memperlihatkan daftar harga di luar toko agar orang yang lewat tertarik untuk datang ke toko Anda. Namun harus selalu diperhatikan walau harga murah kualitas harus tetap terjaga.

4. Kerjasama

Anda bisa melakukan kerjasama dengan biro perjalanan, hotel atau hal lain yang berhubungan dengan pariwisata. karena kerjasama mampu meningkatkan penjualan, seperti misalnya kepada biro perjalanan yang akan berhenti di toko Anda sebagai tempat membeli oleh-oleh penumpangnya. Selain mendorong penjualan, hal ini juga bisa menjadi area promosi.

5. Promosi

Seperti yang sudah disebut di atas, promosi memang penting untuk kelanjutan sebuah usaha atau untuk awal sebuah usaha agar memperkenalkan adanya toko kepada orang yang belum mengetahuinya. Selain dengan kerjasama seperti yang sudah ditulis di nomor empat, promosi juga bisa dilakukan dengan beberapa hal berikut.
a. Atribut
Atribut digunakan untuk media promosi. Atribut yang dimaksud adalah seperti brosur, papan nama, penunjuk jalan atau banner. Semakin banyak yang disebar atau yang dipasang, maka kemungkinan akan semakin banyak pembeli yang akan datang.


Namun perlu diingat penyebaran seperti brosur atau hal sejenis harus tepat sasaran. Seperti menyebar brosur di hotel atau di tempat wisata itu sendiri, di terminal atau di tempat yang dipenuhi target pasar Anda.

b. Media Sosial
Sekarang ini media sosial memang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia, apalagi untuk keperluan bisnis. Anda bisa mempromosikan toko melalui media sosial seperti facebook, intagram atau bahkan lebih baik bila Anda membuat website sendiri. Selain itu Anda juga bisa menambah order lewat penjualan online.
Baca Juga : Tips Menjadi Mitra Franchise yang Sukses
Itulah beberapa tips untuk memulai bisnis makanan khas daerah dan wisata. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk Anda.
loading...

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam. Link hidup otomatis difilter.

loading...