Ucapan Duka Cita Agama Islam

Ucapan Duka Cita Agama Islam - innalillahi wainnailaihi rojiun

Dalam kehidupan, manusia pasti mengalami masa-masa yang membahagiakan dan menyedihkan. Tawa dan air mata pasti akan datang silih berganti, nikmat dan musibah adalah takdir yang tak bisa ditolak.

Ketika mendengar ada seseorang yang tertimpa musibah, sudah sewajarnya jika kita memberikan ucapan duka cita sebagai bentuk rasa simpati dan empati atas kesedihan yang menimpa orang lain.

Ucapan Duka Cita atau Belasungkawa dan Doa Menurut Islam

Kaum muslim bagaikan satu tubuh sehingga ketika ada satu bagian yang merasa sakit, yang lain akan ikut merasakan.

Karena itulah, dalam Islam, jika ada saudara sesama muslim yang tertimpa musibah, selain mengucapkan belasungkawa, kita juga dianjurkan untuk mendoakan dan menghiburnya dengan kalimat-kalimat dari ayat Al-Qur’an maupun hadis seperti contoh-contoh di bawah ini.

1. Bersama kesulitan ada kemudahan

“Meskipun musibah ini sangat berat, yakinlah Allah pasti akan memberikan jalan keluar yang terbaik. Bukankah dalam setiap kesulitan pasti ada kemudahan? Jadi, jangan putus asa dan tetaplah berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.”

Allah Subhanahu wa Ta’ala. sudah berfirman dalam Al-Qur’an Surah Al-Insyirah ayat 5 dan 6 : “Karena sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan.”

2. Bersabar akan membuat musibah terasa ringan

Semoga Allah memberikan kesabaran kepadamu dalam menghadapi musibah ini karena kesabaran akan membuat musibah yang berat akan terasa lebih ringan.”   

Hal ini telah dijanjikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala sebagaimana yang tercantum dalam Al-Qur’an surah Az-Zumar ayat 10 yang artinya, “Sesungguhnya orang-orang yang bersabar, mereka akan mendapatkan balasan yang tak terhingga.”

3. Akan mendapat ganti yang lebih baik

“Saya ikut berduka cita dengan musibah yang menimpamu. Semoga Allah memberimu balasan berupa pahala atas kesabaranmu dan memberikan ganti yang lebih baik untukmu.”

Ucapan duka cita ini sesuai riwayat dari Ummu Salamah (istri Rasulullah) yang mengatakan bahwa beliau pernah bersabda :

“Barang siapa yang tertimpa musibah, lalu mengucapkan ‘inna lillahi wa inna ilaihi rojiuun’  dan berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganjaran atas musibah yang menimpaku dan berikanlah ganti yang lebih baik’, maka Allah akan mengabulkannya.”

4. Bersabar dan mengharapkan pahala

“Cobaan ini memang sangat berat, tetapi ingatlah bahwa Allah yang Maha kuasa atas segala sesuatu. Semoga kamu bisa bersabar dan tetaplah berharap pahala dari Allah dari musibah ini.”

Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam pernah berkata, “Sesungguhnya, Allah berhak mengambil dan memberikan sesuatu dan segala sesuatu di sisi Allah sudah ditentukan batas waktunya, maka bersabarlah dan berharaplah pahala dari Allah.”

5. Mengingat musibah yang dialami orang saleh

“Setiap musibah pasti terasa berat. Namun, kalau mengingat betapa dahsyatnya musibah yang pernah menimpa orang-orang saleh, bahkan Rasulullah sendiri, musibah ini akan terasa ringan. Semoga kamu bisa bersabar.”

Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam pernah bersabda, “Musibah yang menimpaku sungguh akan menghibur kaum muslimin.” Dalam riwayat lain dikatakan, “Barang siapa yang merasa berat ketika menghadapi musibah, ingatlah musibah yang menimpaku niscaya musibah itu akan terasa ringan.

6. Makin kuat iman, makin berat ujian

“Bersabarlah saudaraku. Makin berat ujian yang kamu rasakan, insya Allah itu akan makin menguatkan imanmu.”

Ketika ditanya siapa manusia yang paling berat ujiannya, Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam menjawab, “Para nabi dan yang semisalnya dan semisalnya lagi.

Seseorang akan diuji sesuai kondisi agamanya. Jika agamanya kuat, berat pula ujiannya. Jika agamanya lemah, ia akan diuji sesuai kualitasnya. Seorang hamba akan terus diuji hingga dia berjalan di muka bumi dalam keadaan bersih dari dosa.” 

Baca Juga :

Itulah beberapa ucapan duka cita dalam agama Islam yang bisa kita ucapkan kepada saudara yang sedang kesusahan sesuai dengan tuntunan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala dan Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam.

Semoga Allah senantiasa melimpahkan kesabaran bagi siapa saja yang sedang ditimpa musibah.