Prospek Kerja Agribisnis yang Harus Kamu Ketahui

Prospek Kerja Agribisnis yang Harus Kamu Ketahui

Kamu sedang galau dalam meyakinkan diri untuk memilih jurusan agribisnis? Jika ia, maka kamu wajib tahu prospek kerja agribisnis seperti apa agar dapat menerawang masa depan mu kelak.

Jurusan agribisnis ini kerap tidak dipandang oleh calon mahasiswa. Mungkin dalam pikirannya itu ujung-ujungnya menjadi petani atau minimal bosnya petani.

Atau mungkin jurusan agribisnis ini kalah pamor dengan jurusan lainnya seperti teknik elektro, arsitektur, pertambangan, kedokteran atau yang lainnya?

Padahal kalau kita sedikit menganalisa, justru jurusan agribisnis ini sangat berpotensi meningkatkan kualitas ekonomi keluarga. Kenapa demikian?

Semua orang membutuhkan makan, artinya untuk memperoleh kekayaan itu sangat terbuka lebar. Itu kalau dipandang dari prospek bisnisnya.

Jika kamu merasa tidak memiliki jiwa bisnis, menjadi pekerja pun tentunya  sangat terbuka lebar peluangnya. Secara, bisnis dalam bidang pangan ini pasti terus ada dan bertumbuh sesuai dengan perkembangan zaman.

Kalau berbicara soal passion, berbicara tentang cita-cita yang akhirnya kamu lebih memilih jurusan lain dibanding agribisnis, maka pembahasan kita berakhir sampai di sini.

Untuk kamu yang masih penasaran dengan prospek jurusan agribisnis ini, silahkan terus disimak pemaparan kami ini.

Agar wawasan kamu lebih terbuka, ketahui beberapa mata kuliah yang diajarkan di jurusan agribisnis ini.

Contoh mata kuliah Universitas Widya Karya :

  1. Wirausaha Hortikultura dan Tanaman Pangan
  2. Pemasaran hasil pertanian
  3. Ekonomi pertanian
  4. Dasar-dasar akuntansi
  5. Ekonomi mikro/makro
  6. Koperasi dan usaha pertanian
  7. Dasar ilmu tanah
  8. Ilmu usaha tani
  9. Perilaku konsumen dan masih banyak lagi yang lainnya

Melihat contoh mata kuliah yang diajarkan di jurusan agribisnis ini, kamu bisa memperkirakan sebesar apa prospek kerja agribisnis kedepannya.

Prospek Kerja Agribisnis yang Patut Menjadi Pertimbangan Kamu untuk Meyakinkan Pilihanmu

1. Menjadi entrepreneur

Sesuai dengan namanya, jurusan agribisnis ini pastinya mengarahkan para lulusan nya untuk menjadi seorang pengusaha di bidang pertanian. Mengembangkan pertanian lebih modern dengan kualitas yang lebih baik tentunya.

Banyak sekali contoh pengusaha sukses dalam bidang pertanian seperti Bachtiar Karim, Eddy Kusnadi Sariaatmadja, Peter Sondakh, Chairul Tanjung dan lain-lain.

Contoh usaha pertanian yang bisa kamu jalankan adalah pertanian organik. Kamu bisa mengembangkan pertanian organik ini menjadi usaha yang lebih besar dengan lahan yang sempit.

Dewasa ini, masyarakat perkotaan lebih memilih hidup sehat. Selain olahraga yang teratur, ternyata makanan yang dikonsumsi nya pun sangat diperhatikan.

Mereka rela merogoh kocek lebih dalam untuk memperoleh makanan sehat tanpa pupuk kimia.

Contoh lainnya adalah menjadi pebisnis tanaman hias. Perlu kamu ketahui, usaha di bidang tanaman hias ini sangat menggiurkan lho keuntungannya.

2. Pegawai perusahaan di bidang pertanian (Baik BUMN ataupun Swasta)

Apakah di daerah kamu terdapat perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang pertanian? Jika ia, maka kamu berpotensi untuk menjadi pegawai perusahaan tersebut.

Seru kan, gak perlu keluar merantau demi mencari pekerjaan?

Dalam perusahaan, baik swasta ataupun BUMN, posisi-posisi yang dapat kamu tempati sebagai lulusan agribisnis adalah seorang manajer pertanian, peneliti pertanian, pengembangan SDM, penyuluh pertanian, manajer lapangan, manajer pemasaran dan sebagainya.

3. Menjadi pegawai negeri sipil(PNS)

Menjadi Pegawai Negeri Sipil juga tidak kalah bergengsinya. Setiap tahun ada saja penerimaan PNS di setiap daerah untuk lulusan jurusan agribisnis ini.

Berbagai posisi yang ditawarkan oleh pemerintah bagi mereka yang lulusan agribisnis. Jadi jangan berpikir mau kerja dimana kalau sudah memegang ijazah agribisnis ya!

4. Menjadi tenaga pendidik

Prospek kerja agribisnis selanjutnya adalah menjadi tenaga pendidik. Seseorang yang lulus dari bidang ilmu apapun, termasuk lulusan agribisnis dapat mengabdikan diri sebagai tenaga pengajar. Baik itu tenaga pengajar tingkat sekolah kejuruan maupun setingkat perguruan tinggi.

Baca Juga :

5. LSM

Lembaga Swadaya Masyarakat atau disingkat LSM sebetulnya bukan termasuk bagian tempat dimana kamu bisa mengumpulkan pundi-pundi rupiah.

LSM adalah wadah dimana kamu sebagai seseorang yang memiliki ilmu di bidang pertanian dapat membantu masyarakat mengembangkan hasil pertaniannya.

Kalau kamu berhasil mendidik masyarakat tani, yang tadinya hasil panen seadanya menjadi luar biasa. Maka kamu sebagai seseorang yang berjasa dalam hal tersebut tentunya memiliki peluang bisnis di dalamnya.

Kamu bisa menjadi penyalur hasil pertanian, kamu bisa menjadi distributor alat atau pupuk pertanian dan sebagainya. Tapi ingat, itu bukan tujuan utama ya! Melainkan imbas dari keikhlasan kamu dalam mengabdikan diri dalam bermasyarakat.

Gimana, prospek mengabdikan diri di lembaga swadaya masyarakat cukup menjanjikan bukan?

Itulah beberapa prospek kerja agribisnis yang perlu kamu ketahui. Ingat ya, dunia pertanian itu selalu berkembang, baik dipandang dari sisi keilmuannya maupun dari sisi bisnisnya. Maka dari itu, prospek ilmu yang kamu miliki kelak akan selalu dibutuhkan.




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.