Menentukan Target Market Bisnis Waralaba Kopi

Menentukan Target Market Bisnis Waralaba Kopi
Sumber : Nex Carlos

Penikmat kopi hampir di setiap kalangan dari tingkat anak muda, orang dewasa sampai kalangan atas. Kebanyakan dari mereka meminum secangkir kopi sambil membicarakan urusan penting atau hanya sekedar nongkrong, ngobrol santai dan bermain game.

Tidak heran bagi sebagian orang mengambil kesempatan untuk membuka usaha waralaba kopi karena melihat peluang bisnis yang cukup menjanjikan tersebut.

Bagi Anda yang tertarik membangun bisnis waralaba kopi, maka perlu memperhatikan seluk-beluk kopi, cara pemasarannya, penyajian dan memilih kualitas terbaik.

Kepuasan pembeli dalam menikmati kopi adalah hal yang utama. Supaya mereka menjadi pelanggan yang setia dan loyal. So, cermati dengan seksama artikel berikut ini terkait cara menentukan target market bisnis Waralaba kopi.

1. Target Pasar

Langkah pertama untuk dicermati adalah siapa konsumen yang menjadi sasaran Anda? Berapa pendapatannya? Bagaimana pendapat mereka tentang kopi? Dari golongan apa saja mereka?

Pahami betul-betul target dari pemasaran Anda apakah mereka anak kuliahan, pegawai, karyawan atau mereka dari kalangan atas? Memahami konsumen akan sangat mudah bagi Anda untuk menyusun strategi pemasaran yang tepat kepada siapa kopi dijual serta seberapa besar harga jualnya.

Contoh sederhana: Pemasaran kopi dengan harga jual mahal namun targetnya dari kelas sosial menengan ke bawah, tentu ini strategi pemasaran yang salah. Oleh karena itu, penting Anda memahami target pemasaran.

2. Lokasi

Setelah menargetkan pemasaran, selajutnya memilih lokasi yang strategis. Pemilihan lokasi juga dapat mempengaruhi harga dari penjualan kopi. Contoh: Jika Anda ingin menggunakan konsep warung kopi yang sederhana, maka lokasi strategis adalah berada di keramaian.

Demikian pun jika Anda menginginkan konsep warung kopi seperti nuansa café, maka lokasi yang strategis adalah berada di universitas, perkantoran, pusat perbelanjaan dan lain sebagainya.

3. Mencari Supplier Waralaba Kopi

Ini merupakan hal penting yang biasanya diabaikan oleh para Pebisnis kopi. Mencari Supplier! Sebut saja bila ingin menjual kopi pada kalangan bawah, it’s OK Anda tidak perlu repot untuk mencari supplier. Tinggal pergi ke pasar, disana terdapat banyak produsen kopi.

Namun, lain cerita bagi Anda yang menargetkan pemasaran kopi pada kalangan atas dan para pencinta kopi. Tentu hal tersebut perlu ditimbang dengan matang, jangan sampai menggunakan supplier sembarangan dengan kualitas kopi yang masih rendah.

Bagi kalangan atas dan para penikmat kopi, mereka tidak berat untuk mengeluarkan uangnya walau jumlahnya besar, asalkan dapat menikmati kopi kualitas terbaik. Namun jika sebaliknya, tentu para konsumen akan kecewa.

4. Pilihlah Kopi

Dengan adanya berbagai pilihan kopi, konsumen mana yang tidak senang? Mereka dapat menemukan berbagai jenis kopi yang sesuai dengan selera masing-masing. Jika Anda menjual kopi dengan pilihan terbatas, tentu kepuasan pelanggan akan berkurang. Belum lagi dengan pilihan kopi yang itu-itu saja, akan membuat para konsumen merasa bosan.

5. Pelayanan yang Memuaskan

Pelanggan pasti merasa nyaman bila pelayanan yang dilakukan ramah dan sigap. Kepuasan dari pelanggan tidak hanya dipandang dari kualitas kopinya saja, melainkan dari pelayanan juga. Pelayanan yang baik dan benar pun dapat mempengaruhi kepuasan bagi para konsumen.

Baca Juga :

Cukup sekian pembahasan kami mengenai target market bisnis waralaba kopi. Semoga Anda dapat menjalankan bisnis ini tanpa kendala yang berat. Serta, menyegerakan untuk memulai bisnis coffee dengan strategi terbaik yang memikat customer.

5/5 (1)

Nilai kualitas artikel




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.