Beranda KEUANGAN Jenis Investasi Syariah, Bisa Jadi Pilihan Anda

Jenis Investasi Syariah, Bisa Jadi Pilihan Anda

Jenis Investasi Syariah, Bisa Jadi Pilihan Anda

Investasi Syariah – Akhir-akhir ini, bisnis investasi memang banyak diminati oleh khalayak. Mayoritas orang sudah banyak yang berbalik arah untuk menggeluti bisnis ini karena adanya jaminan keuntungan berjangka panjang.

Investasi juga sama seperti bisnis, memiliki beberapa resiko. Oleh karena itu, kita perlu mencari investasi dengan resiko minim sehingga aman serta halal.

Kini Investasi Syariah hadir untuk Anda. Sebenarnya penanaman syariah ini tidak jauh berbeda dengan investasi yang dilakukan oleh bank konvensional. Namun, investasi ini memiliki landasan prinsip syariah yaitu hukum Islam, lebih mengutamakan transaksi tanpa riba.

Gimana, tidak perlu takut bukan? Halal, minim resiko, bebas riba dan juga mengedepankan kegitan sosial lagi. Segera ketahui tentang jenis-jenis investasi syariah yukz, siapa tahu bisa jadi pilihan Anda. Langsung saja simak yang berikut:

6 Jenis Investasi Syariah yang Bisa Menjadi Pilihan

1. Saham Syariah

Perlu Anda ketahui, bahwa jual beli saham bukanlah sebuah perjudian. Maka dari itu, jual beli saham dapat diatur dengan menggunakan sistem syariah. Jenis investasi ini adalah kepemilikan terhadap suatu perusahaan dengan menggunakan prinsip syariah bukan saham dengan hak istimewa.

Prinsip yang dimiliki jenis investasi ini antara lain: Bersifat mudharabah dan musyawarah, resiko ditanggung semua pihak, tidak bisa dicairkan, serta menggunakan prinsip bagi hasil.

2. Obligasi Syariah

Jenis investasi selanjutnya adalah Obligasi Syariah. Obligasi ini masih sama seperti pada umumnya. Obligasi syariah merupakan salah satu investasi dengan wujud sertifikat mewakili aset tertentu, dikeluarkan oleh pihak yang mengeluarkan penawaran umum atau emiten.

Dalam penerapan sistem obligasi syariah, surat-surat atau dokumen tertentu dalam bentuk sertifikat asset dicetak oleh emiten akan menjadi benda yang dijual. Namun, aset tersebut tidak boleh digunakan untuk hal-hal yang melanggar syariat. Sistem jual belinya juga harus sesuai dengan hukum syariat yang berlaku.

3. Pasar Modal Syariah

Jenis Investasi Syariah selanjutnya yaitu pasar modal. Pasar modal memiliki pedoman dengan prinsip melarang perbedaan jenis saham satu dengan lainnya, serta resiko ditanggung semua pihak. Sistem yang diterapkannya pun syariah. Jadi, laba dari perusahaan setelah menerima kucuran dana Investor akan dibagi sesuai perjanjian.

4. Deposito Syariah

Praktik deposit ini dilakukan oleh Nasabah yang melakukan investasi di bank syariah. Sistem dari deposito sendiri, secara umum adalah melakukan penyimpanan dalam jangka waktu tertentu untuk beberapa hal. Hanya saja, yang membedakan deposito syariah dengan konvensional adalah sistem bagi hasil disetujui pada saat perjanjian atau akad.

5. Reksadana Syariah

Salah satu keunggulan dari reksa dana syariah adalah mendapat pengawasan langsung dari Dewan Pengawas Syariah. Jenis investasi yang mulai booming sejak beberapa tahun terakhir ini menggunakan cara pengumpulan modal dari masyarakat untuk selanjutnya dikembangkan.

6. Asuransi syariah

Sekarang ini memang banyak orang yang memilih berinvestasi dalam bentuk asuransi, karena lebih banyak menjamin tentang diri sendiri dan aset. Sistem asuransi syariah ini menabung dalam jangka waktu tertentu. Pihak yang menerima simpanan uang hanya sebagai pengelola saja, dan boleh mendapatkan bagi hasil dari jumlah iuran setiap bulan sesuai perjanjian.

Demikianlah artikel dari kami yang membahas tentang jenis Investasi Syariah. Semoga bermanfaat dan bisa jadi referensi Anda untuk berinvestasi.

No ratings yet.

Nilai kualitas artikel

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.