Alasan Mengapa Mobil Hybrid di Indonesia Cukup Berbahaya

0
Alasan Mengapa Mobil Hybrid di Indonesia Cukup Berbahaya

Mobil hybrid memiliki kesan tersendiri jika disandingkan dengan mobil-mobil lain yang bukan hybrid atau biasa disebut mobil non hybrid. Mobil hybrid hadir karena menjawab kebutuhan masyarakat akan mobil yang irit bahan bakar namun juga ramah lingkungan.

Jika mendengar konsep dasar mengenai mobil hybrid, mungkin kamu akan berpikir, oh mobil ini sangat cerdas dan membantu manusia dan lingkungan!

Memang benar adanya. Kehadiran mobil hybrid di tengah-tengah pasar otomotif Indonesia membuat mobil ini menjadi jawaban atas kebutuhan sebagian besar masyarakat. Mobil hybrid adalah mobil yang menggunakan dua atau lebih sumber daya agar bisa beroperasi normal.

Mobil hybrid irit bahan bakar karena sumber dayanya juga berasal dari system listrik yang ditenagai oleh baterai. Kombinasi dari dua sumber daya yang berbeda membuat keefisienan mobil hybrid menjadi tinggi dan emisi gas yang dikeluarkan mobil ini juga rendah sehingga ramah terhadap lingkungan.

Namun disamping memiliki dampak positif bagi lingkungan, mobil hybrid juga dinilai cukup berbahaya khususnya bagi masyarakat Indonesia.

Apakah kerugian dan bahaya dari mobil hybrid tersebut? Perhatikan ulasan singkat dibawah ini :

Mobil hybrid memiliki suara mesin yang sangat halus jika dibandingkan dengan mobil non hybrid. Suara mesin yang sangat halus dan minim getaran tersebut disebabkan karena mobil hybrid menggunakan tenaga listrik yang berdaya baterai pada situasi tertentu seperti macet atau berjalanan dengan kecepatan rendah.

Meski tidak selalu menggunakan system listriknya, ketika mobil ini menggunakan bahan bakar bensin pun mesin masih sangat minim terdengar. Sehingga mobil ini seperti seakan-akan mati namun menyala dan bahkan berjalan.

Hal tersebut cukup berbahaya jika dikendarai di Indonesia yang notabene jalanan di Indonesia sangat ramai dan ruwet. Pejalan kaki dan pengendara motor bisa saja tidak mengetahui ada mobil di dekat mereka karena mobil hybrid bersuara minim.

Jika tidak hati-hati, kecelakaan akibat suara mobil tidak terdengar pun bisa saja terjadi. Oleh karena itu, jika kamu memiliki mobil hybrid terutama di Indonesia, senantiasa jaga jarak terhadap pengendara lain agar mereka tidak kaget dengan mobil yang ada disamping mereka.

Mobil hybrid juga kurang cocok jika dikendarain di tempat yang banjir atau tergenang air cukup tinggi. Di Indonesia, banyak sekali tempat seperti itu apalagi ketika musim hujan.

Situasi jalan yang penuh air terkadang membuat mesin dari mobil hybrid panas dan tidak setahan mobil non hybrid. Jika terlalu panas, konslet listrik bukanlah suatu hal yang tidak mungkin terjadi pada mobil hybrid tersebut.

Gunakanlah mobil hybrid di kawasan kering yang bebas air karena mobil hybrid banyak kabel yang tidak tahan terhadap air.

Baca Juga :

Itulah alasan mengapa mobil hybrid cukup berbahaya jika digunakan di Indonesia. Tapi jika kamu sebagai pencinta mobil hybrid, perlu dicoba Toyota Camry Hybrid sebagai pertimbangan yang saat ini sudah ready di jaringan dealer Auto2000 Toyota. Spesifikasi dari mobil hybrib Toyota Camry bisa di cek lengkapnya di sini. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.