Usaha Takkan Menghianati Hasil, Kuncoro Wibowo
Sumber : Umesh Nandwani

Kuncoro Wibowo, lahir di Jakarta, 26 Desember tahun 1956. Beliau adalah seorang pengusaha sukses yang meniti karir dari bisnis kecil ayahnya, hingga menjadi orang yang masuk dalam deretan daftar orang terkaya di Indonesia menurut Forbes pada tahun 2014.

Karier bisnis Kuncoro Wibowo dimulai dengan membantu ayahnya, Wong Jin  berjualan di toko perkakas berukuran 3×3 meter di Kawasan Glodok, Jakarta Pusat.

Kuncoro Wibowo adalah sosok yang tak pernah kenal lelah untuk mengembangkan bisnisnya. Sejak kecil, Kuncoro sudah dilatih kedisplinan dan kemandiriannya untuk berdagang.

Saat berumur 17 tahun, Kuncoro sudah dipercaya pergi ke luar negeri bertemu dan bernegosiasi dengan pemasok perkakas.

Meskipun tidak sempat melanjutkan pendidikan formalnya karena peristiwa G 30 S-PKI pada tahun 1965, Kuncoro tetap mendapatkan pendidikan dengan mengundang guru dan belajar di rumahnya.

Berbeda dengan adik-adiknya, setelah peristiwa G 30 S PKI melanjutkan sekolah di luar negeri. Kuncoro tetap di Indonesia dan meneruskan bisnis ayahnya.

Berdirinya PT Kawan Lama Sejahtera

Bisnis perkakas tersebut berlanjut dengan didirikannya PT. Kawan Lama Sejahtera yang masih dalam naungan Grup Kawan Lama (GKL) yang didirikan oleh ayahnya, dengan menjabat sebagai Sales Manager PT. Kawan Lama Sejahtera pada tahun 1977.

Bahkan, setelah sang ayah wafat tahun 1981, Kuncoro semakin giat mengembangkan bisnis tersebut. Dalam kurun waktu yang tidak lama, mereka membuka kantor pusat di gedung baru, empat lantai di kawasan Glodok Jaya.

Berdirinya PT Ace Hardware Tbk

Dengan dibantu saudara-saudaranya, Kuncoro berekspansi mendirikan PT. Ace Hardware, Tbk. Perusahaan tersebut bergerak di bidang retail perabot rumah tangga dan perkakas yang merupakan pemilik lisensi tunggal dari perusahaan perkakas yang berasal dari Amerika Serikat.

Ace Hardware pertama kali dibuka di Supermal Karawaci, Tangerang, pada tahun 1995. PT. Ace Hardware Indonesia dirintis Kuncoro dan saudaranya dengan sangat baik, meskipun ekonomi di Indonesia saat itu kurang baik.

Dengan keberhasilannya, ia tidak pernah lupa untuk memprioritaskan kepuasan pelanggan yang paling utama. Dengan motivasi untuk melanjutkan dan ketekunan yang dimiliki Kuncoro Wibowo dan saudaranya menjadikan bisnisnya berjalan sangat lancar.

Pada tahun 1997, pesatnya perkembangan perusahaan dan kebutuhan PT. Kawan Lama Sejahtera akhirnya berpindah kantor pusat ke gedung baru berlantai 9 di kawasan Meruya-Kembangan, Jakarta Barat.

Disitu, mereka juga membuka showroom untuk display produk seluas 2.000 m². Showroom tersebut dilengkapi dengan teknologi canggih sehingga sangat memudahkan visualisasi produk ke calon pembeli.

Selain itu, keberadaan showroom tersebut memungkinkan dilakukannya simulasi dan testing produk.

Saat ini, Ace Hardware Indonesia, Tbk adalah pioneer dan pusat perlengkapan rumah & gaya hidup terlengkap dengan toko di berbagai pusat keramaian kota-kota besar Indonesia.

Toko Ace Hardware Indonesia, Tbk terbesar berada di Alam Sutera, Serpong, Tangerang dengan luas 15.000 m² dan menyediakan lebih dari 75.000 tipe produk berkualitas dan lengkap.

Baca Juga :

Saat ini, yang menjadi General Manager of Marketing & Communication PT Ace Hardware Indonesia, Tbk adalah Teresa Wibowo yang merupakan buah perkawinan Kuncoro Wibowo dengan Meutia Kumala.

Kuncoro Wibowo bukanlah seseorang yang sudah memiliki perusahaan besar sebelumnya. Dari toko kecil milik ayahnya lah, Ia bersama saudaranya merintis dengan gigih yang akhirnya membuahkan hasil seperti yang kita lihat sekarang ini.

No ratings yet.

Nilai kualitas artikel




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.