Ketahui Jumlah Ideal Rekening Bank yang Harus Anda Miliki

0
64

Ketahui Jumlah Ideal Rekening Bank yang Harus Anda Dimiliki


Mengatur keuangan dengan menggunakan 1 rekening bank pastinya sangat sulit, karena berbagai kepentingan dan tujuan dari sejumlah uang akan tercampur sehingga tidak bisa dikontrol. Maka dari itu, untuk mempermudah dalam mengontrol keuangan diperlukan beberapa rekening bank.

Nah, jadi idealnya berapa banyak rekening bank yang harus dimiliki dalam memperbaiki sistem pembukuan keuangan keluarga? Berikut kami jelaskan secara singkat.

Jumlah Rekening yang Ideal dalam Mengatur Keuangan Keluarga

Berdasakan keperluan dan tujuan mengeluarkan uang, ada 3 jenis rekening yang harus dibuka yaitu rekening keperluan sehari-hari, rekening dana darurat dan rekening investasi.

Dengan membagi sesuai dengan target peruntukannya, maka diharapkan keuangan dapat terkontrol dan tidak menjadi suatu permasalahan dikemudian hari. Berikut kami paparkan secara singkat mengenai masing-masing rekening dengan berbagai tujuannya.

1. Rekening untuk kebutuhan sehari-hari

Membuka rekening untuk keperluan sehari-hari sangat membantu dalam berbagai hal. Untuk jenis rekening ini, usahakan bank yang mudah dijangkau dan memiliki ATM yang menyebar di berbagai daerah.

Anda bisa memanfaatkan rekening ini sebagai rekening utama dalam menerima dana gajian tiap bulannya.

2. Rekening dana darurat

Rekening dana darurat baiknya dibuka pada bank yang sulit untuk dijangkau, baik ATM maupun kantor bank tersebut. ATMnya harus disimpan di tempat khusus atau mungkin digabungkan bersama dengan berkas penting Anda lainnya seperti surat tanah, ijaza dan sebagainya.

Rekening dana darurat ini harus diisi setiap gajian sampai menyentuh batas aman, sehingga ketika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, maka Anda tidak bingung lagi mencari pinjaman untuk menyelesaikan masalah.

Dana darurat batas aman menurut para pakar finansial yang harus disediakan sebesar 4 sampai 6 kali besar pengeluaran bulanan untuk seseorang yang masih singgel. Jika sudah berkeluarga, sebaiknya persiapan dana darurat ini sebesar 6 sampai 12 kali pengeluaran bulanan.

3. Rekening investasi

Kelebihan dana tiap bulannya setelah dialokasikan pada tiap-tiap kebutuhan dapat dimasukkan di rekening investasi ini. Ketika suatu saat Anda ingin membeli suatu investasi baik berupa properti maupun investasi dalam bidang reksadana, maka dana ini bisa digunakan.

Lakukan secara bertahap, buka rekening dana darurat terlebih dahulu, setelah mencapai batas aman barulah mulai memikirkan rekening dana investasi.

Baca Juga :

Jadi, saat ini Anda sudah tahu garis besar dalam mengolah keuangan agar tidak terjadi penyesalan dikemudian hari. Semoga bermanfaat, salam.




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.