Peluang Usaha Jahit Baju Rumahan

0
Peluang Usaha Jahit Baju Rumahan

Usaha Jahit Baju – Seperti yang Anda ketahui, sekarang ini semua orang berlomba tampil modis dan elegan. Tidak sedikit wanita atau pria yang ingin memiliki pakaian yang selalu baru setiap bulannya. Bahkan pakaian sudah menjadi bagian dari kebutuhan pokok yang tidak bisa dikesampingkan lagi.

Berubahnya pola hidup masyarakat kita semakin terbukanya peluang usaha menjahit baju, baik itu baju kerja, pakaian sekolah, baju pesta, baju anak maupun baju yang digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Disamping kebutuhan membuat baju, masyarakat kita juga terkadang kebingungan mengenai tempat mengecilkan atau mempermak baju yang telah dibelinya. Dengan berbagai problem di atas, cukup menjadi bukti bahwa peluang usaha jahit baju rumahan masih layak untuk dijadikan sebagai ladang penghasilan.

Membuka usaha menjahit baju di rumah memang harus memiliki keahlian. Tapi tidak menutup kemungkinan bagi Anda yang belum mengetahui cara menjahit baju (membuat pola, menjahit dan sebagainya) dengan benar bisa membuka usaha ini. Caranya dengan mengikuti kursus menjahit secara otodidak yang terdapat di kota Anda.

Anda bisa mengikuti kursus menjahit secara online di Kursuson, Sekolahpintar, Kursusjahit dan masih banyak yang menyediakan kursus secara online yang bisa Anda cari dengan kata kunci belajar menjahit secara online.

Jika Anda sudah memiliki kemampuan dalam menjahit baju dan berkeinginan membuka usaha jahit di rumah, berikut beberapa tips yang akan kami berikan :

Tepat Waktu dalam Pengerjaan Orderan

Masalah yang sering dikeluhkan oleh konsumen adalah lambatnya orderan atau pesanan. Pelanggan biasanya kapok kembali ke penjahit yang sering memberikan janji.

Seperti pesanan mereka akan jadi tepat tanggal sekian sesuai dengan permintaan yang ternyata molor sampai berhari-hari. Parahnya lagi kalau pelanggan ingin menggunakan pakaian tersebut khusus untuk suatu acara yang telah direncanakannya.

Jadi sebagai pemilik usaha jahit baju, Anda harus pandai memperkirakan dan mengatur waktu agar semua pesanan pelanggan bisa diselesaikan tepat waktu.

Keserakahan dalam Menerima Orderan

Keserakahan dalam menerima orderan biasanya terjadi jika mendekati hari raya keagamaan, karena banyaknya orang yang ingin tampil modis dengan menggunakan pakaian yang serba baru. Efek dari keserakahan dalam menerima orderan adalah kualitas jahitan akan menurun. Keterlambatan dalam menyelesaikan pekerjaan yang bisa merambat ke semua orderan Anda.

Jadi pelajari dengan baik jenis pekerjaan dan lama waktu pengerjaan suatu orderan. Membuat list sebagai bahan acuan untuk menerima orderan berikutnya mungkin akan membantu.

Pandai Memberikan Masukan

Jangan membiarkan pelanggan menentukan sendiri model dan bagaimana pesanan yang mereka inginkan tanpa memberikan masukan dari sudut pandang Anda sebagai penjahit. Berikan masukan secukupnya untuk pelanggan Anda agar kelak jika pesanan selesai, pelanggan merasa puas bukan hanya dari hasil kerjaan melainkan dari keramahan dan kejeniusan Anda dalam memberikan masukan yang sangat bermanfaat untuk mereka.

Inovasi Wajib Anda Lakukan dalam Usaha Jahit Baju

Dalam dunia bisnis sering Anda mendengar bisnis yang bangkrut karena kalah dalam bersaing baik dari segi harga maupun kualitas produk. Sebetulnya, permasalahan umum yang sering terjadi pada suatu perusahaan adalah kurangnya inovasi dalam membangun bisnisnya.

Misalnyanya memiliki produk dengan harga yang tergolong mahal dengan kualitas super, dengan berpegang pada prinsip bahwa target pasar mereka adalah orang yang berduit tanpa memperhatikan target pasar yang lainnya.

Sementara perkembangan konsumen dikalangan menengah kebawah memperlihatkan peningkatan secara drastis. Penyebabnya karena adanya dukungan teknologi online sehingga lambat laun penghasilan dari bisnis mereka akan semakin tergerus.

Nah, salah satu inovasi usaha jahit rumahan yang bisa Anda lakukan adalah mengonlinekan produk Anda. Disini bukan berarti Anda menerima jasa menjahit pakaian secara online, tapi buatlah suatu produk yang sering dicari dan dibeli melalui dunia maya. Contohnya, membuat beberapa stel baju sekolah, baju gamis atau baju kaos kemudian memasarkannya menggunakan media internet.

Baca Juga:

Kalau soal wadah tempat memajang hasil produk Anda, sudah banyak bertebaran di internet baik secara gratis maupun berbayar. Buatlah suatu inovasi baru dengan harga yang kompetitif dengan kualitas yang bisa diandalkan. Yakin dan percaya usaha Anda akan melejit dengan waktu yang cukup singkat.

Sekian artikel peluang usaha jahit baju rumahan, semoga bermanfaat untuk Anda. Salam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.