4 Peluang Bisnis untuk Mahasiswa yang Dapat Dipertimbangkan

Peluang Bisnis untuk Mahasiswa yang Dapat Dipertimbangkan

Selamat datang di Blog Anak Dagang. Salam sejahtera untuk kita semua. Kali ini, Admin akan membahas contoh peluang bisnis untuk mahasiswa yang mungkin Anda butuhkan.

Sekarang ini, zaman dimana semua orang menjadi super sibuk. Jika Anda tidak memiliki kesibukan yang teramat sangat, maka peluang usaha sangat terbuka lebar.

Disamping memperoleh penghasilan tambahan, Anda pun akan mendapatkan kesenangan batin karena mampuh memberikan bantuan pada mereka yang tidak memiliki waktu luang. 

Bayangkan saja jika Anda masih muda dan telah memperoleh penghasilan sendiri, tentunya menjadi kebanggaan. Tidak lagi menyusahkan orang tua, tidak lagi meminta uang untuk membeli keperluan kuliah dan lain-lain.

Banyak keuntungan yang bisa diperoleh jika mulai membuka usaha pada saat ini. Misalnya, Anda tidak perlu takut jika usaha yang Anda jalankan gagal, karena masih ada orang tua yang mengamankan kehidupan Anda.

Beda halnya dengan orang yang sudah berkeluarga, pastinya terlalu banyak pertimbangan untuk memulai suatu usaha. Jadi, manfaatkan kondisi saat ini untuk mulai belajar dan mengasah kemampuan jiwa wirausaha Anda.

Mulai sekarang, stop kebiasaan mahasiswa pada umumnya yang hanya belajar, yang hanya mementingkan nilai, yang hanya mengurusi organisasi. Jadilah mahasiswa yang produktif, jadilah mahasiswa yang tidak menyusahkan orang tua, jadilah mahasiswa yang berbeda dari teman Anda.

Contoh Peluang Bisnis untuk Mahasiswa

1. Peluang usaha kursus private

Admin rasa, jenis usaha ini salah satu usaha yang paling cocok untuk mahasiswa tingkat akhir. Alasannya, karena telah memiliki keilmuan yang memadai sesuai dengan jurusan perkuliahannya.

Jika jurusan yang Anda tekuni adalah jurusan bahasa inggris, maka memberikan kursus private bahasa inggris untuk anak sekolah sangat cocok bukan?

Cobalah membuat brosur kursus private yang unik dan simpel, kemudian sebarkan di sekolah-sekolah. Agar lebih efektif, sebarkan di kantor-kantor, pengunjung pertokoan atau bisa juga langsung ke rumah-rumah. Jika sasaran informasi yang Anda berikan adalah orang tua murid, maka besar peluang Anda mendapatkan job tersebut.

2. Peluang usaha baby sister

Sebetulnya ini bukan bagian dari usaha, tapi pekerjaan sampingan untuk mahasiswa/i. Kenapa Admin masukkan dalam artikel ini? Karena, bisa saja sejalan dengan berjalannya waktu, Anda dapat mengolah pekerjaan ini menjadi suatu bisnis yang menjanjikan.

Anda tidak lagi terjun langusng dalam merawat baby, melainkan mempekerjakan orang lain.

Anggap saja Anda sedang magang untuk meningkatkan keterampilan. Sehingga keterampilan teknis dan non teknis dapat Anda kuasai.

Jadi bagaimana caranya? Sebagian besar perempuan karir bekerja pada jam 8.00 hingga siang hari, sekitar jam 2.00. Jika Anda adalah mahasiswi yang jadwal perkuliahan dimulai siang hari, maka waktu Anda untuk mengerjakan pekerjaan ini tentunya sangat pas.

Menemukan pekerjaan seperti ini sangat mudah, karena banyak yang menawarkan di media cetak. Tapi jika ingin melakukannya secara mandiri, buatlah brosur dan sebarkan ke rumah-rumah.

Ingat, dalam brosur tersebut Anda harus cantumkan bahwa hanya menerima satu pelanggan karena Anda adalah seorang mahasiswi yang ingin mencari uang tambahan.

Kelolah-lah bahasa yang digunakan dalam brosur tersebut agar calon pelanggan percaya dan merasa iba terhadap Anda. 

3. Peluang usaha service laptop panggilan

Tahukah Anda, sebagian besar pekerja kantoran di luar sana tidak memiliki keahlian dalam mengatasi laptop jika terjadi masalah. Kalau Anda memiliki keahlian tersebut, sekali lagi, buatlah brosur dan sebarkan langsung pada target.

Peluang bisnis untuk mahasiswa satu ini memiliki prospek yang sangat bagus, karena kebanyakan pekerja kantoran tidak ingin dipusingkan jika terjadi kerusakan pada laptop mereka. Selain itu, biasanya mereka ingin dilayani dengan cepat tanpa meluangkan waktu mengunjungi tempat service, walaupun berdekatan dengan tempat tinggalnya. 

4. Peluang usaha jasa fotografer prewedding

Menggunakan jasa fotografer profesional untuk urusan prewedding pastinya akan mengeluarkan badget yang tidak sedikit. Nah, jika Anda termasuk orang yang senang dan memiliki hobi dalam bidang ini, maka inilah kesempatan Anda untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Bingung bersaing dengan fotografer profesioanl? Sangat wajar memiliki pikiran seperti itu, karena mereka para fotografer profesioanal sudah teruji dengan kualitas yang dimilikinya.

Menurut Admin (tidak memiliki keahlian dalam menilai hasil karya fotografer). Kualitas fotografer muda yang notabene hanyalah sebuah hobi, tidak kalah baik dengan mereka yang punya pengalaman dan telah mendapat gelar sebagai fotografer profesional

Yang perlu ditingkatkan adalah pengalaman dan tekanan dari luar untuk meningkatkan kualitas Anda.

Bagaimana caranya? Ya jalan satu-satunya  mencari pekerjaan tersebut dengan menawarkan harga yang lebih bersahabat.

Baca Juga :

Admin jamin, dengan mengandalkan harga yang bersahabat, maka job foto prewedding akan mengalir dengan halus dan lembut. 🙂

Ingat, diluar sana banyak pasangan ingin mengabadikan moment berharga itu tapi tidak memiliki dana yang cukup. Jika Anda hadir untuk melengkapi kebahagiaan mereka, Anda pun sebagai fotografer amatiran akan mendapatkan kebahagian tersendiri karena mampu memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain.

Sampai di sini dulu ya pembahasan peluang bisnis untuk mahasiswa, semoga artikel singkat ini bisa memberikan inspirasi.

No ratings yet.

Nilai kualitas artikel




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.