>

$show=post

Saya Bukan Master, Namun Saya Memiliki Nasehat untuk Anda Blogger Pemula

SHARE:

Saya Bukan Master, Namun Saya Memiliki Nasehat untuk Anda Blogger Pemula

Sebelum masuk dalam pembahasan, perlu saya sampaikan bahwa saya bukanlah seorang blogger master, mastha atau apalah namanya. Saya seperti Anda, orang yang baru dalam dunia blogging dan masih terus belajar dan belajar.

Saya ingin berbagi soal beberapa hal yang perlu diketahui sebagai seorang blogger pemula. Tujuannya, agar Anda tidak terlalu jauh melenceng atau membuat kesalahan yang akhirnya membuat putus asa dalam menjalani profesi baru sebagai seorang blogger.

Blogger saat ini sudah menjadi salah satu pekerjaan yang berkelas, terbukti banyak brand ternama terus mengincar blogger profesional untuk diajak kerjasama. Tujuan mereka tentunya untuk meningkatkan brand bisnisnya agar semakin dikenal oleh masyarakat dunia maya.

Selain dari pekerjaan blogger sebagai publisher, mereka yang sudah profesional sering mendapat tawaran untuk membantu perusahaan dalam hal pemasaran atau bahasa kerennya internet marketing. Tidak sedikti blogger yang sangat lihai akan hal tersebut, jadi sangat wajarlah menjadi seorang blogger merupakan sesuatu yang bisa dibanggakan.

Nah, sebelum terjun dalam dunia blogging, maka Anda harus meyakinkan diri bahwa akan menjalani profesi baru yang tidak semua orang bisa melakukannya. 


Berikut Nasehat Sederhana untuk Blogger Pemula

1. Tentukan topik

Topik yang Anda sukai harus menjadi prioritas utama ketika baru terjun dalam dunia blogging. Menjalani profesi sebagai seorang blogger memiliki tantangan yang luar biasa, jadi ketika memilih topik diluar dari sesuatu yang disukai, maka saya pastikan 95% kegagalan sudah menempel pada diri Anda.

Blogger bisa kita ibaratkan sebagai sebuah bisnis, kita harus mulai dari yang kita senangi. Jadi kalau kedepannya mendapat suatu tantangan, maka itu merupakan suatu hal yang biasa dan akan berusaha untuk menaklukkannya.


2. Persiapkan nama domain

Persiapkan blog Anda agar layak dikatakan blog profesional. Salah satu patokan suatu blog dikatakan profesional adalah memiliki domain berbayar atau biasa disebut domain TLD (Top Level Domain).

Dulu, saya pribadi dipusingkan akan hal ini. Membeli domain yang belum tentu berhasil dalam menghasilkan rupiah membuat saya menjalani blogging selama berbulan-bulan tanpa hasil. Saya berpikir, tanpa domain berbayar pun banyak yang berhasil.

Namun kenyataannya, mereka blogger profesional dulunya menggunakan domain gratisan telah merubah domain mereka menjadi domain berbayar. Banyak sekali alasan untuk melakukan hal tersebut, seperti yang saya katakan di atas, membangun brand blog dimata pengunjung ataupun calon pengiklan.

Belum lagi kalau kita berbicara soal SEO, dimana rata-rata domain berbayar selalu lebih baik dalam hal penilaian oleh search engine.

Maka dari itu, jika ingin menjadi seorang blogger profesional maka pastikan blog Anda pantas menyandang predikat tersebut pada pandangan pertama.

Ingat, pemberian nama blog juga penting. Gunakan nama yang simpel dan mudah diingat. Jangan mengikuti blog dengan nama yang susah dieja, karena kemungkinan pemilik blog adalah orang yang paham soal SEO sehingga nama domain yang digunakan sudah memiliki authorty yang baik sebelum digunakan.


3. Ganti template


Kalau soal urusan template, gratis dan premium pada dasarnya sama baiknya. Biasanya terdapat perbedaan pada link credit saja dan beberapa item yang tidak diperoleh jika memilih yang gratisan seperti support update template, variasi template dan sebagainya. Namun perlu diingat, tidak sedikit template gratis yang full support, baik soal desain, kualitas SEO template, speed dan sebagainya.

Jadi, kembali pada diri masing-masing apakah ingin menggunakan gratisan atau membeli template premium. Namun menurut hemat saya, untuk meningkatkan semangat ngeblog Anda, ada baiknya membeli template premium.

Banyak sekali penyedia template premium lokal yang dapat menjadi pertimbangan seperti Arlina Design dengan blognya arlinadzgn.com, Mas Sugeng dengan blognya sugeng.id, Bamz Digital dengan situsnya bamz.co.id, Adhy Suryadi dengan blognya kompiajaib.com dan masih banyak yang lain.

Menggunakan template premium bukan berarti yang memiliki desain blog tersebut hanya Anda, maka dari itu jika ingin memiliki blog dengan tampilan khusus mungkin ada baiknya menghubungi para penyedia desain di atas.

Mintalah desain khusus untuk blog Anda, tapi tentunya harganya jauh lebih mahal karena mereka harus membuat template baru yang belum pernah diperjual belikan. Hal ini bisa dilakukan jika blog yang dikelola sudah mulai menghasilkan.


4. Belajar SEO On Page

Sambil membangun blog, silahkan belajar tentang seo on page. Seo on page adalah bagaimana menciptakan tulisan agar menarik bukan hanya untuk manusia melainkan mesin pencari seperti google. Kenapa saya berpatokan pada google? Karena memang mayoritas orang di dunia, khususnya Indonesia masih menjadikan google sebagai rujukan utama untuk mencari informasi.

Pada posisi saat ini, tidak usah memikirkan berapa jumlah pengunjugn blog Anda. fokuslah menciptakan kontent yang bermanfaat untuk orang lain.

Lakukan aktifitas menulis tiap hari untuk mengasah kemampuan dalam menulis. Perhatikan tulisan-tulisan dari blogger profesional, bagaimana mereka menulis, apa yang mereka tulis dan siapa target audiens mereka.

Asal Anda tahu, menulis di blog itu tidak seperti menulis karya ilmiah atau sebuah buku. Audiens cenderung mudah bosan pada tulisan yang terlalu kaku, memiliki kalimat yang terlalu panjang dalam setiap paragraf dan sebagainya.

Jadi itu semua harus Anda pelajari, terus diasah agar kualitas tulisan semakin baik dan bisa bersanding dengan para blogger papan atas.

Ingat, seo on page ini sangat luas mulai dari tulisan, gambar yang diupload, url postingan dan masih banyak lagi yang lain.


5. Belajar SEO Off Page


Inti dari SEO Off Page ini adalah backlink, semakin berkualitas backlik yang merujuk pada blog Anda maka semakin baik posisi artikel dalam search engine.

Inilah hal yang selalu menjadi perhatian bagi para pegiat SEO, bagaimana caranya menemukan suatu teknik untuk meningkatkan kepercayaan search engine. Berbagai cara dilakukan, mulai dari mencari sendiri situs-situs berkualitas yang memungkinkan untuk menanam backlik secara gratis, sampai membayar para blogger yang bersedia memberikan link kepada situs mereka.

Mereka yang sudah mahir dalam SEO bisa dipastikan memainkan backlink yang bersumber dari blog PBN (Private Blog Network).

Intinya adalah banyak-banyaklah membaca artikel tentang SEO, lambat laun Anda akan paham bagaimana meningkatkan pengunjung blog secara gratis dan efisien.

Satu lagi, mendapatkan pengunjung dalam jumlah besar bukan hanya bersumber dari google, Anda bisa memanfaatkan sosial media. Coba perhatikan hipwee.com, 16,35% pengunjungnya bersumber dari sosial media.

Total pengunjung per bulannya saat ini 14,2 juta, sehingga besar pengunjung blog tersebut yang bersumber dari sosial media mencapai 2,3 juta.

Maka dari itu, cobalah perdalam teknik optimasi melalui sosial media.

6. Monetisasi blog


Nah, inilah salah satu tujuan sebagian besar blogger dewasa ini, memperoleh penghasilan dari blog. Banyak cara menghasilkan uang melalui blog, mulai dari cara termudah ikut program PPC (pay Per Click), affiliasi, menjual produk sendiri sampai review produk berbayar.

Semakin berkualitas blog yang dibangun, maka tidak perlu pusing soal mendapatkan penghasilan. Uang akan menghampiri dengan berbagai cara yang mungkin tidak Anda perhitungkan sebelumnya.

Seperti blog anakdagang.com ini, beberapa brand ternama menghubungi saya untuk mengajak kerjasama. Walaupun belum menghasilkan uang yang cukup dalam bidang PPC, tapi lumayanlah hasil yang saya peroleh dari para pelaku usaha dari brand ternama tersebut.
Baca Juga :
Kesimpulannya dari tulisan di atas adalah fokuslah terlebih dahulu pada kualitas blog Anda, ketika blog sudah dipandang baik oleh masyarakat luas, maka uang akan datang dengan sendirinya. Akhir kata, selamat berjuang dan tetap semangat. Salam blogger pemula.

COMMENTS

BLOGGER



Name

ASURANSI,7,BISNIS KULINER,9,BISNIS ONLINE,13,BISNIS SAMPINGAN,15,BISNIS WARALABA,11,BITCOIN,3,BLOGGING,9,FOREX,8,GADGET & APLIKASI,3,INVESTASI,11,INVESTASI EMAS,2,INVESTASI SAHAM,4,KEUANGAN,9,KISAH INSPIRATIF,8,PELUANG BISNIS PERKEBUNAN,12,PELUANG BISNIS PETERNAKAN,19,PELUANG USAHA,94,PELUANG USAHA BAGI PEMULA,8,PELUANG USAHA MAHASISWA,4,PELUANG USAHA PERTOKOAN,6,PELUANG USAHA PROPERTI,11,PERIZINAN,6,REVIEW PRODUK,3,SEO,5,SPONSORED,3,TIPS BISNIS,76,TOKOH,3,TUTORIAL,3,WALET,11,
ltr
item
anakdagang.com: Saya Bukan Master, Namun Saya Memiliki Nasehat untuk Anda Blogger Pemula
Saya Bukan Master, Namun Saya Memiliki Nasehat untuk Anda Blogger Pemula
Saya ingin berbagi soal beberapa hal yang perlu diketahui sebagai seorang blogger pemula. Tujuannya, agar Anda tidak terlalu jauh melenceng atau membuat kesalahan yang akhirnya membuat putus asa dalam menjalani profesi baru sebagai seorang blogger.
https://3.bp.blogspot.com/-DDivd38UNUc/WdByGX57N8I/AAAAAAAADe4/K9oIMtJtahsqwB8G4k5PG5is-ot3vamNQCLcBGAs/s640/Nasehat%2BBlogger%2BPemula3.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-DDivd38UNUc/WdByGX57N8I/AAAAAAAADe4/K9oIMtJtahsqwB8G4k5PG5is-ot3vamNQCLcBGAs/s72-c/Nasehat%2BBlogger%2BPemula3.jpg
anakdagang.com
http://www.anakdagang.com/2017/09/saya-bukan-master-namun-saya-memiliki-nasehat-untuk-anda-blogger-pemula.html
http://www.anakdagang.com/
http://www.anakdagang.com/
http://www.anakdagang.com/2017/09/saya-bukan-master-namun-saya-memiliki-nasehat-untuk-anda-blogger-pemula.html
true
8897343119264651685
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy