Bingung Mau Usaha Apa dan Masih Takut Action? Berikut Rahasianya

Bingung Mau Usaha Apa dan Masih Takut Action? Berikut Rahasianya

Bingung Mau Usaha Apa? – Jika Anda sedang mengalami kebingungan dalam memulai usaha, maka saya bisa pastikan bahwa Anda termasuk orang-orang yang telah berhasil. Berhasil keluar dari zona nyaman walaupun masih dalam ruang lingkup pola pikir.

Agar keberhasilan Anda tersebut tuntas, dalam artian mampu membuka usaha sendiri, maka mulai sekarang jangan buang waktu Anda. Jalankan ide usaha yang ada dalam pikiran Anda.

Berikut penjelasan secara singkat dan harusnya bisa dikembangkan lebih jauh jika memang Anda serius ingin memulai usaha.

Bingung Mau Usaha Apa? Berikut Langkah dan Strategi Dalam Memulai Usaha Dengan Modal Kecil

1. Menemukan ide usaha yang brilian

Dalam menemukan suatu ide usaha sebetulnya tidak begitu sulit, namun beberapa di antara kita sering mempersulit hal-hal tersebut. Contohnya saja, sudah menemukan ide usaha pasti akan muncul pertanyaan apakah ada peminatnya ya. Apakah bisa sukses ya, untungnya bisa banyak g’ ya dan sebagainya.

Bagi Anda yang sudah menemukan ide usaha, maka jangan terlalu sering mencari kelemahan sendiri yang bisa membuat nyali Anda ciut memulai usaha.

Dalam mencari ide usaha, ada satu prinsip dasar yang harus Anda ketahui yaitu, menemukan suatu masalah dan memberikan solusi. Misalnya, sepatu istri Anda rusak dan butuh untuk dijahit ulang, maka muncullah suatu ide usaha soul sepatu.

Soul sepatu kebanyakan dilakukan secara manual bukan? Nah, Anda bisa memberikan sentuhan modern dengan menawarkan jasa soul sepatu menggunakan mesin.

Lantai rumah yang kotor dan berdebu, maka muncullah suatu ide membuat alat pembersih lantai yang efisien dan efektif. 

Jadi kalau Anda serius ingin keluar dari zona nyaman dan membangun usaha sendiri, maka belajarlah menemukan ide usaha. Ide usaha ini sangat dekat dengan kita, bisa saja ide usaha berasal dari garasi mobil, dapur rumah Anda, kamar tidur atau bahkan dari telapak kaki Anda.

Saran dari praktisi bisnis adalah mulailah suatu usaha dari hal yang Anda senangi.

2. Action

Tindakan selalu menjadi ujung tombak dari suatu keberhasilan dalam dunia usaha. Se-brilian apapun ide Anda, sehebat apapun perencanaan Anda, tidak akan ada gunanya jika tidak melakukan tindakan yang kongkrit

Faktor utama penyebab kegagalan orang dalam melakukan tindakan terhadap suatu ide usaha adalah ketakutan. Ketakutan akan kegagalan, ketakutan akan resiko kerugian atau mungkin ketakutan terhadap cemohan yang akan diperoleh jika gagal dalam menjalankan usaha.

Rasa takut ini sebetulnya merupakan suatu anugrah bagi manusia, karena jika manusia tidak memilikinya, apa jadinya dunia ini. Pemerintah membuat aturan ini-itu, aparat memberikan hukuman bagi yang melanggar dan sebagainya. Jika manusia tidak takut akan semua hal tersebut, maka sudah bisa kita tebak kekacauan bagaimana yang akan timbul.

Baca Juga :

Jadi yang perlu dilakukan adalah bukan menghilangkan rasa takut, melainkan mengolah rasa takut tersebut agar tidak menjadi penghalang dalam melakukan action. Seperti apa yang harus Anda lakukan dalam mengatasi rasa takut tersebut?

Pelajari kerugian jika kehilangan peluang keberhasilan

Jika Anda melakukan tindakan setelah menemukan suatu ide, maka Anda harus mempertimbangkan jika peluang tersebut gagal diraih. Kerugian apa yang akan Anda dapatkan jika gagal meraih peluang?

Berpikirlah bahwa gagal memperoleh peluang dari ide tersebut berarti Anda hanya rugi modal dan waktu. Tapi apa jadinya kalau Anda gagal karena tidak melakukan apa-apa?

Melihat orang lain menjalankan suatu usaha yang sebetulnya ide usaha tersebut sudah Anda pikirkan dari dulu, akan menimbulkan rasa penyesalan dalam diri bukan?.

Persiapkan diri Anda dalam menghadapi skenario yang paling buruk

Langkah yang sangat familiar dalam point ini adalah membuka usaha sampingan dan tetap fokus pada pekerjaan utama sebagai karyawan. Ini merupakan suatu langkah yang sangat baik untuk mengantisipasi kegagalan usaha yang Anda bangun.

Dengan melakukan langkah tersebut, maka saya pastikan keberanian dalam melakukan action akan terbangun dengan sendirinya. Dan pertanyaan mengenai bingung mau usaha apa akan terjawab.

Temukan suatu manfaat dari kegagalan

Point yang satu ini sebetulnya mengajak kita kembali pada ajaran agama, di mana semua yang terjadi pasti memiliki tujuan dan manfaat. Contoh manfaat yang bisa diambil, jika gagal dalam suatu usaha, berarti Anda telah menemukan suatu pelajaran. Pelajaran yang bisa menjadi catatan tersendiri sebagai amunisi untuk berjuang membangun usaha jenis lainnya dikemudian hari.

Perlu diingat, pengalaman yang Anda jalani sendiri akan sangat besar pengaruhnya terhadap keberhasilan usaha yang akan dibangun kedepannya dibandingkan pengalaman yang diperoleh dari cerita orang lain.

Siapkan planning B, C, D dan seterusnya

Salah satu cara mengatasi ketakutan dalam melakukan action adalah memiliki rencana lain jika gagal dalam rencana awal. Coba Anda perhatikan tentara, polisi atau yang lainnya. Jika melakukan suatu peperangan atau penyergapan, maka mereka akan selalu menyiapkan rencana B, C atau D.

Apa yang bisa kita simpulkan dari strategi perang tersebut? Pastinya mereka selalu fokus dan yakin akan keberhasilan suatu tindakan yang dilakukan. Tidak boleh mundur sebelum mencapai keberhasilan.

Nah, memanfaatkan strategi perang untuk diaplikasikan dalam dunia usaha sangat efektif menurut saya. Intinya, memiliki beberapa perencanaan yang baik akan membangun jiwa bisnis Anda semakin kuat dan tidak gampang menyerah.

Seperti kata Tom Ziglar Pemenang bukanlah orang yang tidak pernah mengalami kegagalan, melainkan orang yang tidak pernah berhenti berusaha“.

Yakinkan diri untuk melakukan tindakan

Cara tebaik untuk mengurangi rasa takut adalah menghadapi rasa takut itu sendiri. Setelah Anda melakukan langkah-langkah di atas, saya yakin dan percaya Anda sudah siap melakukan action. Percaya diri Anda sudah pasti lebih baik dari sebelumnya.

Lebih berani setelah mengetahui trik, tips dan kelemahan sebuah usaha

Setelah merasa yakin dan percaya akan perencanaan Anda dan tidak ingin mundur sebelum mencapai tujuan. Maka hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah ‘membakar perahu‘.

Tinggalkan pekerjaan dan mulai fokus membangun usaha Anda merupakan langkah yang sangat ekstrim bagi sebagaian orang tentunya. Saya teringat dengan perkataan dari salah satu motivator ulung waktu mengikuti seminar “cara gila jadi pengusaha” yang diusung oleh Bapak Purdi E- Chandra di samarinda yaitu “The Power of Kepepet”

Nah, kekuatan ini lah yang diharapkan akan muncul jika Anda melakukan langkah membakar perahu.

3. Masih bingung mau usaha apa?

Kalau masih bingung dan belum menemukan suatu ide usaha, maka coba lihat beberapa list di bawah ini. Siapa tahu ada yang cocok untuk Anda.

ide usaha kuliner
ide usaha agribisnis
ide usaha aksesoris
ide usaha angkringan
ide usaha camilan
ide usaha cafe
ide usaha craft
ide usaha catering
ide usaha coklat
ide usaha dari imitasi
ide usaha dari barang bekas
ide usaha es krim
ide usaha elektronik
ide usaha franchise
ide usaha fashion
ide usaha foto
ide usaha fotocopy
ide usaha flanel
ide usaha produk kerajinan
ide usaha kain flanel
ide usaha grosir
ide usaha gerobakan
ide usaha gorengan
ide usaha desain grafis
ide usaha home industri
ide usaha harian
ide usaha hari ini
ide usaha handycraft
ide usaha internet
ide usaha investasi
ide usaha jajanan
ide usaha jualan
ide usaha jasa
ide usaha jahit
ide usaha jual makanan
ide usaha jualan online
ide usaha jajanan anak sekolah
ide usaha jualan keliling
ide usaha laundry kiloan
ide usaha kaki lima
ide usaha menjelang lebaran
ide usaha makana
ide usaha kue
ide usaha olshop
ide usaha otomotif
ide usaha pertanian
ide usaha peternakan
ide usaha percetakan
ide usaha perikanan
ide usaha pinggir jalan
ide usaha pakai mobil
ide usaha warung makan

Baca Juga :

Setelah membaca dengan seksama apa yang saya jelaskan di atas dan masih bingung mau usaha apa? Silahkan cari artikel peluang usaha dalam blog ini. Siapa tahu ada yang menarik minat Anda. Sekian, Salam sukses bagi kita semua. Amin

LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.