$show=post

Jika Anda Bingung Mau Bisnis Apa dan Masih Takut Action, Silahkan Baca Panduan Berikut ini

Bingung Mau Bisnis Apa

Bingung Mau Bisnis Apa Dengan Modal Kecil? - Jika Anda sedang mengalami kebingungan dalam hal memulai usaha, maka saya bisa pastikan bahwa Anda termasuk orang-orang yang telah berhasil keluar dari zona nyaman walaupun masih dalam ruang lingkup pola pikir.

Agar keberhasilan Anda bisa keluar dari zona nyaman sampai tuntas dalam artian mampu membuka usaha sendiri, maka mulai sekarang jangan buang-buang waktu Anda untuk memikirkan jenis usaha yang ingin dijalankan tapi tidak kunjung menemukan ide usaha dan menjalankannya.

Berikut penjelasan secara singkat dan harusnya bisa Anda kembangkan lebih jauh jika memang Anda serius ingin memulai usaha.


Langkah dan Strategi Mengatasi Kebingungan dalam Memulai Usaha

1. Menemukan ide bisnis yang brilian

Dalam menemukan suatu ide bisnis sebetulnya tidak begitu sulit, namun beberapa diantara kita sering mempersulit hal-hal tersebut. Contohnya saja, sudah menemukan ide bisnis pasti akan muncul pertanyaan apakah ada peminatnya ya, apakah bisa sukses ya, untungnya bisa banyak g' ya dan sebagainya.

Bagi Anda yang sudah menemukan ide bisnis, maka jangan terlalu sering mencari-cari kelemahan Anda sendiri yang bisa membuat nyali Anda ciut memulai usaha.

Dalam mencari ide bisnis ada satu prinsip dasar yang harus Anda ketahui yaitu, menemukan suatu masalah dan memberikan solusi. Misalnya, sepatu istri Anda rusak dan butuh untuk dijahit ulang, maka muncullah suatu ide usaha soul sepatu. Soul sepatu kebanyakan dilakukan secara manual bukan, nah Anda bisa memberikan sentuhan modern dengan menawarkan jasa soul sepatu menggunakan mesin yang lebih modern. Lantai rumah yang kotor dan berdebu, maka muncullah suatu ide membuat alat pembersih lantai yang efisien dan efektif. 

Jadi kalau Anda serius ingin keluar dari zona nyaman dan membangun bisnis sendiri, maka belajarlah menemukan ide usaha. Ide usaha ini sangat dekat dengan kita, bisa saja ide usaha berasal dari garasi mobil, dapur rumah Anda, kamar tidur atau bahkan dari telapak kaki Anda.

Saran dari sebagian besar bahkan mungkin semua praktisi bisnis adalah mulailah suatu bisnis dari hal yang Anda senangi.

2. Action

Tindakan selalu menjadi ujung tombak dari suatu keberhasilan baik dalam hal dunia usaha. Sebrilian apapun ide Anda, sehebat apapun perencanaan Anda tidak akan ada gunanya jika tidak melakukan tindakan yang kongkrit.

Faktor utama penyebab kegagalan orang dalam melakukan tindakan terhadap suatu ide usaha adalah ketakutan. Ketakutan akan kegagalan, ketakutan akan resiko kerugian atau mungkin ketakutan terhadap cemohan yang akan diperoleh jika gagal dalam menjalankan usaha.

Rasa takut ini sebetulnya merupakan suatu anugrah bagi manusia, karena jika manusia tidak memilikinya apa jadinya dunia ini. Pemerintah membuat aturan ini-itu, aparat memberikan hukuman bagi yang melanggar dan sebagainya, jika manusia tidak takut akan semua hal tersebut maka sudah bisa kita tebak kekacauan yang bagaimana akan timbul.
Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Gorengan dengan Modal Kecil Untung Besar
Jadi yang perlu dilakukan adalah bukan menghilangkan rasa takut melainkan mengolah rasa takut tersebut agar tidak menjadi penghalang dalam melakukan action. Seperti apa yang harus Anda lakukan dalam mengatasi rasa takut tersebut?

- Pelajari kerugian jika kehilangan peluang keberhasilan

Jika Anda melakukan tindakan sebagai langkah setelah menemukan suatu ide, maka Anda harus mempertimbangkan jika peluang tersebut gagal Anda raih. Kerugian apa yang akan Anda dapatkan jika gagal meraih peluang?

Berpikirlah bahwa gagal memperoleh peluang dari ide tersebut berarti Anda hanya rugi dalam hal modal atau waktu, tapi apa jadinya kalau Anda gagal karena tidak melakukan apa-apa?

Melihat orang lain menjalankan suatu bisnis yang sebetulnya ide bisnis tersebut sudah Anda pikirkan dari dulu akan membuat rasa bersalah dan penyesalan akan timbul yang bisa jadi tidak akan hilang sampai akhir hayat Anda.

- Persiapkan diri Anda dalam menghadapi skenario yang paling buruk

Langkah yang sangat familiar dalam point ini adalah membuka usaha sampingan sambil tetap fokus pada pekerjaan utama sebagai karyawan di salah satu perusahaan ternama. Ini merupakan suatu langkah yang sangat baik untuk menghadapai jika prencanaan dan target dari suatu usaha yang kita bangun gagal.

Dengan melakukan langkah tersebut, maka saya pastikan keberanian dalam melakukan action akan terbangun dengan sendirinya dan pertanyaan mengenai bingung mau bisnis apa akan terjawab.

- Temukan suatu manfaat dari kegagalan

Point yang satu ini sebetulnya mengajak kita kembali pada ajaran agama, dimana semua yang terjadi pasti memiliki tujuan dan bermanfaat untuk kita. Contoh manfaat yang bisa kita ambil, jika Anda gagal dalam suatu bisnis yang Anda bangun, berarti Anda telah menemukan suatu pelajaran yang bisa menjadi catatan tersendiri sebagai amunisi untuk berjuang dalam usaha jenis lainnya kemudian hari.

Perlu Anda ingat, pengalaman yang kita jalani sendiri akan sangat besar pengaruhnya terhadap keberhasilan bisnis yang kita bangun kedepannya dibandingkan pengalaman yang diperoleh dari cerita orang lain.

- Siapkan planning B, C, D dan seterusnya

Cara mengatasi ketakutan dalam melakukan action salah satunya adalah memiliki perencanaan-perencanaan yang lain jika gagal dalam rencana awal. Coba Anda perhatikan tentara, polisi atau yang lainnya jika melakukan suatu peperangan atau penyergapan maka mereka akan selalu menyiapkan rencana B, C atau D.

Apa yang bisa kita simpulkan dari strategi perang tersebut? Pastinya mereka selalu fokus dan yakin akan keberhasilan suatu tindakan yang dilakukan. Tidak boleh mundur sebelum mencapai keberhasilan.

Nah, memanfaatkan strategi perang untuk diaplikasikan dalam dunia usaha sangat efektif menurut saya. Intinya, memiliki beberapa perencanaan yang baik akan membangun jiwa bisnis Anda semakin kuat dan tidak gampang menyerah. Seperti kata Tom Ziglar "Pemenang bukanlah orang yang tidak pernah mengalami kegagalan, melainkan orang yang tidak pernah berhenti berusaha".

- Yakinkan diri untuk melakukan tindakan

Cara tebaik untuk mengurangi rasa takut adalah menghadapi rasa takut itu sendiri. Setelah Anda melakukan langkah-langkah diatas, saya yakin dan percaya Anda sudah siap melakukan action dan percaya diri Anda sudah pasti lebih baik dari sebelumnya.

- Lebih berani setelah mengetahui trik, tips dan kelemahan sebuah usaha

Setelah Anda merasa yakin dan percaya akan perencanaan Anda dan tidak ingin mundur sebelum mencapai tujuan maka hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah 'membakar perahu'.

Tinggalkan pekerjaan dan mulai fokus membangun bisnis Anda merupakan langkah yang sangat ekstrim bagi sebagaian orang tentunya. Saya teringat dengan perkataan dari salah satu motivator ulung waktu saya mengikuti seminar "cara gila jadi pengusaha" yang diusung oleh Bapak Purdi E- Chandra di samarinda yaitu "The Power of Kepepet"

Nah, kekuatan ini lah yang diharapkan akan muncul jika Anda melakukan langkah membakar perahu. 


3. Masih bingung mau bisnis apa?

Kalau Anda masih bingung dan belum menemukan suatu ide usaha, maka coba lihat beberapa list di bawah ini, siapa tahu ada yang cocok untuk Anda.

ide usaha kuliner
ide usaha agribisnis
ide usaha aksesoris
ide usaha angkringan
ide usaha camilan
ide usaha cafe
ide usaha craft
ide usaha catering
ide usaha coklat
ide usaha dari imitasi
ide usaha dari barang bekas
ide usaha es krim
ide usaha elektronik
ide usaha franchise
ide usaha fashion
ide usaha foto
ide usaha fotocopy
ide usaha flanel
ide usaha produk kerajinan
ide usaha kain flanel
ide usaha grosir
ide usaha gerobakan
ide usaha gorengan
ide usaha desain grafis
ide usaha home industri
ide usaha harian
ide usaha hari ini
ide usaha handycraft
ide usaha internet
ide usaha investasi
ide usaha jajanan
ide usaha jualan
ide usaha jasa
ide usaha jahit
ide usaha jual makanan
ide usaha jualan online
ide usaha jajanan anak sekolah
ide usaha jualan keliling
ide usaha laundry kiloan
ide usaha kaki lima
ide usaha menjelang lebaran
ide usaha makana
ide usaha kue
ide usaha olshop
ide usaha otomotif
ide usaha pertanian
ide usaha peternakan
ide usaha percetakan
ide usaha perikanan
ide usaha pinggir jalan
ide usaha pakai mobil
ide usaha warung makan

Baca Juga : 2 Jenis Wira Usaha Modal Kecil yang Menguntungkan, Cara Mengatasi Anak Susah Makan Dengan Laperma Platinum
Setelah membaca dengan seksama apa yang saya jelaskan di atas dan masih bingung mau bisnis apa? Silahkan buka daftar isi blog ini dan pilih kemudian baca artikel yang bisa menarik minat Anda. Sekian, Salam sukses bagi kita semua. Amin

COMMENTS

BLOGGER
Name

ASURANSI,5,BISNIS KULINER,9,BISNIS ONLINE,12,BISNIS SAMPINGAN,15,BISNIS WARALABA,11,BITCOIN,3,BLOGGING,7,FOREX,8,GADGET & APLIKASI,3,INVESTASI,11,INVESTASI EMAS,2,INVESTASI SAHAM,4,KEUANGAN,8,KISAH INSPIRATIF,8,PELUANG BISNIS PERKEBUNAN,12,PELUANG BISNIS PETERNAKAN,19,PELUANG USAHA,94,PELUANG USAHA BAGI PEMULA,8,PELUANG USAHA MAHASISWA,4,PELUANG USAHA PERTOKOAN,6,PELUANG USAHA PROPERTI,11,PERIZINAN,6,REVIEW PRODUK,4,SEO,3,SPONSORED,4,TIPS BISNIS,74,TOKOH,3,TUTORIAL,3,WALET,9,
ltr
item
anakdagang.com: Jika Anda Bingung Mau Bisnis Apa dan Masih Takut Action, Silahkan Baca Panduan Berikut ini
Jika Anda Bingung Mau Bisnis Apa dan Masih Takut Action, Silahkan Baca Panduan Berikut ini
Bingung Mau Bisnis Apa? - Jika Anda sedang mengalami kebingungan dalam hal memulai usaha, maka saya bisa pastikan bahwa Anda termasuk orang-orang yang telah berhasil keluar dari zona nyaman walaupun masih dalam ruang lingkup pola pikir.
https://1.bp.blogspot.com/-8MWXtcZ_RvQ/V1ZThtQbUGI/AAAAAAAAA_c/4PCdbrL-9pIjX6zr9kPT3P4PTyLZuZymwCLcB/s640/question-mark-96287.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-8MWXtcZ_RvQ/V1ZThtQbUGI/AAAAAAAAA_c/4PCdbrL-9pIjX6zr9kPT3P4PTyLZuZymwCLcB/s72-c/question-mark-96287.jpg
anakdagang.com
http://www.anakdagang.com/2016/06/bingung-mau-bisnis-apa-silahkan-baca-panduan-memulai-usaha-baru.html
http://www.anakdagang.com/
http://www.anakdagang.com/
http://www.anakdagang.com/2016/06/bingung-mau-bisnis-apa-silahkan-baca-panduan-memulai-usaha-baru.html
true
8897343119264651685
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy