5 Tips Dalam Menentukan Jenis Waralaba Terbaik yang Akan Digeluti

shares |

Jenis Waralaba Terbaik

Jenis Waralaba Terbaik - Apakah Anda ingin menjalankan bisnis waralaba? Jika iya, maka perlu memperhatikan beberapa aspek sebelum memutuskan jenis waralaba apa yang akan dipilih. Terlebih saat ini banyak ragam waralaba yang bermunculan, sehingga hal tersebut membuat kita semakin bingung untuk menentukan pilihan.


Oke agar tidak salah pilih dan menyesal dikemudian hari, alangkah baiknya sebelum menentukan pilihan Anda, luangkan sedikit waktu untuk membaca tips cara memilih dan memulai waralaba berikut ini.


Tips Memilih dan Menentukan Jenis Waralaba Terbaik

1. Segmentasi pasar

Hal terpenting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih jenis waralaba adalah menentukan segmentasi pasar. Anda dapat memutuskan kepada siapa produk itu akan dijual, bila targetnya adalah mahasiswa maka Anda bisa memilih waralaba yang memiliki harga jual terjangkau sehingga pas dikantong mahasiswa.

Dengan menentukan segmen pasar, Anda juga bisa memilih lokasi paling strategis sebagai tempat berjualan. Karena sudah tentu dengan pemilihan tempat yang strategis akan mempengaruhi jumlah penghasilan yang didapat. 

Jika memang target konsumen adalah mahasiswa maka Anda bisa memilih lokasi penjualan di area sekitar kampus atau tempat kos mereka.

2. Waralaba dengan izin resmi

Saat ini, bisnis waralaba tidak hanya milik perusahaan besar namun sudah banyak waralaba lokal yang menawarkan beragam keuntungan dengan modal relatif kecil. Oleh karena itu, diperlukan ketelitian agar waralaba yang Anda pilih benar-benar mengantongi izin legalitas penjualan. Karena dengan adanya surat tersebut Anda dapat memastikan kualitas dari menu waralaba, misalnya halal atau tidaknya bahan-bahan yang digunakan.

3. Survei kredibilitas waralaba

Lakukan survei terlebih dahulu sebelum Anda memilih bisnis waralaba, juga perlu diingat bahwa survei yang dilakukan harus benar-benar valid dan terbukti bukan hanya sekedar "Katanya".
 

Survei bisa Anda lakukan melalui situs-situs di internet yang tidak memihak sehingga reviewnya netral. Bisa juga Anda survei secara langsung dengan melihat ramai tidaknya pengunjung pada waralaba tersebut.

4. Pilih waralaba dengan ‘Brand’ dan citra yang baik

Semakin banyaknya bisnis waralaba lokal tentu berdampak pada beragamnya penilaian suatu brand di mata konsumen. Sehingga walapun waralaba itu memiliki menu yang sama maka akan mendapat kepercayaan yang berbeda dari konsumen.
Oleh karena itu, Anda bisa memilih waralaba dengan brand yang memang terkenal dengan kualitasnya sehingga mendapat kepercayaan yang baik pada konsumen.


5. Periksa hitungan BEP

Break Even Point (BEP) atau yang lebih dikenal dengan balik modal adalah hal yang perlu diperhatikan selanjutnya. Anda harus melihat BEP yang ditawarkan oleh pihak waralaba, apakah realistis dan dapat dibuktikan. Jangan sampai tergoda dengan waralaba yang menawarkan BEP sangat cepat dalam jumlah tinggi, karena bisa jadi hal itu hanya kebohongan untuk menarik hati anda.

Carilah waralaba yang mau menjabarkan perihal BEP secara realistis dan transparan beserta bukti yang valid. Dengan begitu, Anda dapat memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk balik modal.

Oke langkah berikutnya, setelah berbagai tahapan di atas dilalui, tentunya saat ini Anda sudah menemukan waralaba yang cocok buat dipilih. Dan tahap berikutnya untuk memulai menjalankan waralaba tersebut hal pertama yang sangat penting adalah mengenai pemasaran, atau promosi. 

Seluruh persiapan yang Anda lakukan sebelumnya tentu tidak akan berarti apabila strategi pemasaran tidak dijalankan dengan maksimal. Karena lokasi yang strategis ataupun brand yang baik tidak serta-merta dapat menarik konsumen dengan sendirinya melainkan, Anda harus melakukan trik pemasaran yang maksimal guna melancarkan bisnis anda.


Anda dapat melakukan promosi dengan berbagai cara, baik online maupun offline. Salah satunya yang paling ampuh dan cukup efektif adalah menggunakan media internet. Terlebih jika segmen pasar Anda adalah mahasiswa atau anak muda, yang notabene sangat melek dengan internet. 

Baca Juga : Mengapa Berbeda Itu Penting Dalam Dunia Bisnis? Rahasia Sukses Berdagang
Demikian di atas telah kami share 6 tips memilih dan menentukan jenis waralaba terbaik yang dapat Anda coba. Semoga dengan melakukan beberapa tips di atas Anda bisa memilih waralaba yang tepat dan menguntungkan dalam jangka panjang.
loading...

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam

loading...