Pentingnya Payroll System terhadap Kinerja Karyawan

0
28
Pentingnya Payroll System terhadap Kinerja Karyawan

Payroll system merupakan salah satu sistem dalam perusahaan yang biasanya dikelola oleh pihak Human Resources (HR). Setiap perusahaan memiliki cara pengelolaan payroll service yang berbeda-beda. Tetapi, secara garis besar, payroll service system bertujuan untuk mengapresiasi karyawan dalam bentuk gaji sebagai hasil kerja keras dan kontribusi mereka untuk perusahaan.

Sistem payroll yang baik akan membawa hasil yang baik pula bagi karyawan. Karyawan akan bekerja dengan semakin efektif apabila gaji yang didapat pantas dan sesuai. Peningkatan kinerja karyawan dapat meningkat apabila payroll system dalam suatu perusahaan juga terkelola dengan baik.

Di bawah ini ada beberapa alasan payroll system dianggap penting untuk meningkatkan kinerja karyawan.

Menjaga Keamanan Identitas Karyawan

Perusahaan dengan jumlah karyawan yang sangat banyak akan sulit dikelola tanpa pengaturan sistem yang jelas. Bagian HR dalam perusahaan perlu mengelola data karyawan agar dapat mengatur sistem gaji yang efektif dan efisien. Pengelolaan data tersebut juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan software HR dan payroll seperti LinovHR.

Saat karyawan menyadari bahwa identitas mereka terjaga dengan baik, mereka akan merasa aman bekerja dalam perusahaan tersebut. Perusahaan yang teledor dalam menyimpan data karyawan akan membuat karyawan merasa tidak aman dan malah tidak bekerja secara maksimal.

Memberikan Apresiasi atas Jasa Karyawan

Membayar gaji karyawan merupakan salah satu bentuk apresiasi terhadap jasa-jasa yang telah mereka berikan pada perusahaan. Semakin besar konstribusi yang diberikan oleh seorang karyawan, maka sudah seharusnya semakin besar pula bentuk apresiasi yang diberikan. Dalam hal ini, maka karyawan yang memiliki performa baik harus dibayar dengan gaji yang seimbang.

Mustahil apabila seorang HR mengawasi seluruh karyawan dalam suatu perusahaan satu persatu untuk menentukan kapasitas kerja mereka masing-masing. Untuk itu, pihak HR dapat membuat payroll service dengan memanfaatkan aplikasi, salah satunya LinovHR.

Aplikasi tersebut dapat secara otomatis mengelola data karyawan, termasuk dalam memantau kerajinan absen masing-masing karyawan dalam bekerja, latar belakang karyawan dan lain sebagainya. Pengelolaan tesebut nantinya akan membantu dalam membuat perhitungan gaji masing-masing karyawan.  

Merencanakan Pengembangan Tenaga Kerja

Payroll system dalam perusahan juga bermanfaat bagi pengembangan tenaga para pekerja atau karyawan. Pihak HR dapat memantau perkembangan karyawan lalu menyesuaikannya dengan kebutuhan perusahaan.

Apabila perusahaan sedang membutuhkan seorang karyawan dengan jasa atau keahilan tertentu, bagian HR bertanggung jawab untuk menunjuk karyawan yang dikira cocok untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Baca Juga :

Selain itu, payroll system juga berfungsi untuk melengkapi kebutuhan pembayaran gaji karyawan dengan tunjangan-tunjangan yang sesuai. Setiap karyawan tidak selalu mendapatkan tunjangan yang sama. Akan sangat sulit bagi divisi HR untuk menghitung satu persatu tunjangan masing-masing karyawan secara manual. Oleh sebab itu, dibutuhkan sistem payroll yang jelas dan efektif, misalnya dengan memanfaatkan aplikasi.




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.