9 Peluang Usaha Menguntungkan di Bulan Agustus dalam Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

0
9 Peluang Usaha Menguntungkan di Bulan Agustus dalam Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia
Sumber : www.flickr.com

Setiap menjelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, banyak sekali kegiatan yang dilakukan oleh masyarakt kita. Mulai dari lomba permainan tradisional sampai lomba yang biasa digeluti dalam dunia pendidikan seperti lomba membaca cerpen, puisi, kebersihan dan sebagainya.

Melihat peristiwa tersebut dari tahun ketahun mendapat antusias yang luar biasa oleh masyarakat, tentunya terdapat peluang usaha untuk mendapatkan rupiah. Nah, seperti apa usaha yang bisa dijalankan menjelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia?

Berikut Jenis-jenis Usaha yang Laris Menjelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

1. Bendera merah putih

Pertama adalah peluang usaha berdagang bendera merah putih. Setiap tahun bisnis ini selalu ramai, banyak masyarakat membutuhkan bendera untuk dikibarkan di depan rumahnya. Selain itu, biasanya setiap RT/RW selalu saja menambah koleksinya.

Bukan hanya itu, setiap tahun terjadi peningkatan jumlah kegiatan yang dilakukan oleh RT/RW dalam perlombaan, tentunya hal tersebut membutuhkan bendera untuk menyemarakkan suasana agustusan.

2. Tata rias dan baju adat

Anda tentunya sering melihat parade baju adat yang dilakukan oleh anak-anak, mulai anak umur usia dini sampai anak sekolah tingkat atas ataupun mahasiswa.

Dengan adanya kegiatan tersebut, banyak orang tua mencari baju adat untuk anak mereka. Bukan untuk dibeli, melainkan untuk disewa karena memang hanya digunakan sekali setahun.

Selain itu, alasan lainnya adalah anak-anak memiliki perkembangan postur tubuh yang sangat pesat dibanding orang dewasa. Sehingga kalau membeli baju adat tahun ini, belum tentu tahun depan bisa digunakan lagi.

Mengenakan baju adat pastinya membutuhkan make up, sehingga usaha ini sebaiknya dipadukan dengan jasa make up. Sekali dua pekerjaan yang bisa dihandel bukan?

3. Jualan kaos bertema kemerdekaan

Usaha yang satu ini bukan hanya ramai disaat hari kemerdekaan, melainkan setiap hari-hari yang dianggap penting oleh masyarakat kita. Contohnya saja ketika ada pertadingan bola klub kesayangan.

Anda bisa mencetak baju bertema kemerdekaan dan dijual di pinggir jalan atau di pasar-pasar tradisional. Berikan diskon untuk pembelian tertentu demi menarik perhatian.

Kalau memungkinkan, lebih baik Anda aktif dalam usaha ini. Silahkan datangi RT/RW, tawarkan baju yang bernuansa 17 an. Berikan fee pada ketua RT jika mereka membantu Anda menawarkan baju-baju tersebut pada warganya.

4. Jasa sablon umbul-umbul dan kaos

Jasa sablon memang selalu mendapat perhatian dalam dunia usaha, bukan hanya hari kemerdekaan, hari-hari biasa pun banyak yang menggunakan jasa ini.

Setiap minggu selalu saja ada yang mengadakan event, mulai dari anak sekolah sampai lembaga kemasyarakatan. Namun, menjelang hari kemerdekaan, banyak orderan yang datang untuk menyablon bendera umbul-umbul.

Mereka biasanya menginginkan gambar tokoh pejuang nasional berada pada bendera umbul-umbulnya. selain itu, para panitia dalam event kemerdekaan ingin menggunakan kaos yang bertema kemerdekaan agar lebih afdol katanya.

5. Spanduk

Event yang terjadi pada bulan agustus jauh lebih banyak dibanding dengan bulan-bulan lainnya. Sebagaimana jika adanya suatu event, tentunya banyak membutuhkan spanduk untuk memberitahukan keberadaan akan suatu acara.

Dengan demikian, orderan spanduk pun akan jauh lebih banyak.

6. Catering

Nah, ini tidak mungkin terlewatkan jika terdapat suatu acara bukan. Para 
panitia jarang sekali kembali ke rumahnya untuk makan siang karena banyaknya hal yang perlu diurus. Maka dari itu, mereka akan memesan makanan khusus untuk panitia.

7. Trofi 

Memang dalam lomba 17 an pada tingkat RT/RW, tidak banyak yang memberikan hadia berupa trofi atau piala. Namun, biasanya lomba yang diadakan oleh pihak sekolah atau pemerintah selalu ada yang namanya trofi sebagai penghargaan yang jauh lebih berharga dibanding dengan hadia lainnya.

8. Makanan ringan

Ramainya perayaan Ulang Tahun Republik Indoneisa menjadi ladang rezki bagi mereka yang berdagang campuran di rumah. Biasanya, mereka meboyong dagangannya ke tempat-tempat perlombaan.

Berbagai macam jajanan yang dijual seperti keripik, es, nasi uduk, nasi kuning dan sebagainya merupakan makanan khas yang paling banyak peminatnya di negeri ini.

Selain itu, permintaan kerupuk yang biasa digunakan untuk perlombaan yaitu lomba makan kerupuk meningkat tajam.

9. Peluang usaha fotografer

Dalam momen yang berharga ini, banyak orang yang ingin mengabadikan aktifitasnya. Sehingga jasa fotografer termasuk yang sangat dibutuhkan.

Jika tidak mendapat job, Anda bisa bergerak sendiri dengan mengambil gambar dari momen penting di setiap acara yang dilakukan. Kemudian, mencetak dan membuka lapak di sekitar acara tersebut.

Hal seperti ini sering dilakukan oleh fotografer pada acara wisudaan sebuah kampus. 

Baca Juga :

Itulah beberapa peluang usaha di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang laris manis di bulan agustus. Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.