5 Kelebihan Bisnis Online Dropship untuk Pemula

Kelebihan Bisnis Online Dropship untuk Pemula

Penggunaan internet yang meningkat drastis dari tahun 2000 hingga tahun 2011 dengan selisih 17,1% dari jumlah penduduk di Indonesia rupanya semakin berdampak luas di berbagai sektor. Salah satunya adalah bisnis online.

Data lain dari sebuah laporan riset bertajuk Digital in 2019 berbanding lurus dengan bisnis online yang berkembang pesat di Negara Kepulauan ini. Tak hanya pebisnis yang expert saja, banyak sekali pebisnis pemula yang memulai mengembangkan karirnya untuk berjualan online.

Pebisnis pemula tersebut sebagian besar berasal dari kalangan mahasiswa yang ingin belajar mengenal dunia bisnis. Selain mahasiswa, ibu rumah tangga juga turut ambil bagian. Ibu rumah tangga yang selama ini melakukan usaha rumahan secara konvensional tanpa bantuan internet, juga sudah berangsur-angsur membuka cabangnya di dunia maya.

Jika Anda ingin mencobanya, ada salah satu jenis bisnis online terbaru yang sangat cocok bagi pemula yaitu bisnis online dropship. Dropshipping merupakan jenis bisnis yang dilakukan oleh seseorang dengan cara menawarkan barang kepada pembeli.

Pelaku dropship tidak perlu memiliki stok barang di tokonya. Jadi stok barang tersebut mereka dapatkan dari penjual/produsen yang bekerja sama dengannnya.

Cara Kerja Bisnis Dropshipping

Skema bisnis dropship dimulai dari seorang pembeli yang memesan produk melalui pelaku dropship (dropshipper). Produk yang dipesan pembeli bisa berasal dari toko online atau marketplace dropshipper.

Kemudian dropshipper akan menghubungi pihak penyetok barang untuk segera mengirimkan barang yang dipesan pembeli. Setelah transaksi berhasil dilakukan, penjual akan mengirimkan barang kepada pembeli. Pembeli akan mengkonfirmasi kepada dropshipper jika barang sudah sampai.

Cara Kerja Bisnis Dropshipping

Lantas, bagaimana keuntungan yang diperoleh dropshipper?

Pihak dropshipper akan mendapatkan keuntungan dari harga jual dikurangi harga barang dari penjual. Misalnya, dropshipper menawarkan harga jual barang sebesar Rp 21.000, kemudian harga yang ditentukan oleh penjual Rp 18.000, maka dropshipper akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp 3.000 per barang.

Kenapa dari sekian banyak jenis bisnis, dropship bisa dijadikan sebagai langkah awal bagi para pebisnis pemula? Karena dropship memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh bisnis lainnya, di antaranya:

1. Mendapat pengalaman bisnis tanpa mengganggu kegiatan kuliah

Memperoleh pengalaman bisnis yang tidak mengganggu perkuliahan pastinya sangat menyenangkan. Maka dari itu bisnis dropship bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang mengenyam pendidikan di bangku kuliah. Dengan begitu, kuliah tetap aman dan memperoleh keuntungan dalam berbisnis.

2. Tersedia banyak jenis bisnis yang tidak harus mengeluarkan modal awal

Seperti bisnis pada umumnya, dropship memiliki banyak sekali jenis bisnis yang cukup menggiurkan. Namun bedanya adalah Anda tak perlu mengeluarkan modal awal, melainkan hanya memerlukan perencanaan yang matang saja.

Tugas pokok untuk Anda agar bisnis dropship ini lancar adalah mengiklankan dan menyebarkan informasi kepada calon pembeli terkait produk yang Anda jual. Jika Anda telah melakukan transaksi kepada pembeli, maka segera hubungi penjual yang menyetok barang. Karena semua urusan pengiriman barang menjadi tanggung jawab penjual.

Sekali lagi, bagi para mahasiswa yang ingin hidup mandiri dengan cara berbisnis tanpa modal, Anda bisa terjun langsung menggeluti bisnis dropship ini. Selain mendapatkan pengalaman berbisnis, kesibukan kuliah Anda juga menjadi tidak terganggu.

3. Tidak menggunakan biaya operasional sama sekali

Lantas, bagaimana keuntungan yang diperoleh dropshipper

Selain nol modal, Anda juga tak perlu mengeluarkan biaya operasional sama sekali. Berbeda dengan bisnis lainnya yang harus mempersiapkan biaya operasional.

Pasalnya, dropshipper hanya bertugas untuk mempromosikan barang, menerima pesanan dari para konsumen dan kemudian menyampaikan pesanan tersebut kepada penyedia barang.

Jadi dropshipper sama sekali tidak perlu menyediakan stok barang di rumahnya. Bahkan urusan pengiriman dan biaya kirim, semuanya ditanggung oleh supplier/penyedia barang.

4. Hanya membutuhkan koneksi internet

Satu-satunya modal yang harus Anda punya adalah koneksi internet. Itu pun sebenarnya tidak memerlukan biaya besar. Koneksi internet inilah yang nantinya akan menghubungkan Anda ke sejumlah media sosial. Termasuk marketplace di mana Anda mempromosikan barang tersebut.

Kerugian terkait kerusakan barang dan pengembalian biaya operasional menjadi tanggung jawab supplier, tanpa campur tangan dari dropshipper.

Di jaman sekarang ini, enaknya kita bisa dengan mudah mencari supplier di internet, bisa melalui searching, di tokopedia, shopee, bukalapak. Atau kalau mau lebih serius dan mau untung besar, Anda bisa langsung membeli kuantitas besar dari pusat grosir tanah abang yang banyak sekali menyediakan produk baju/fashion, gamis, jilbab, kemeja, batik, dll.

5. Bisa menjual aneka jenis barang

keuntungan yang diperoleh dropshipper

Barang yang dipromosikan oleh dropshipper sangat beraneka ragam. Akan tetapi sebaiknya pilihlah jenis barang yang berhubungan dengan hobi Anda. Misalnya Anda senang sekali dengan dunia fashion, maka bisa memilih barang berupa pakaian yang bisa dipromosikan.

Tapi tidak menutup kemungkinan bagi Anda untuk mempromosikan aneka jenis barang dalam waktu yang sama. Pasalnya dalam bisnis ini Anda bebas memilih jenis barang dengan cara menjalin kerja sama dengan supplier manapun.

Untuk itu, kerja sama lah dengan supplier yang terpercaya, berpengalaman dan bertanggung jawab menerima orderan. Supplier yang demikian biasanya memiliki ciri-ciri mudah dihubungi dan fast respons. Selain itu, mereka juga selalu mengupdate barang/produk yang tersedia.

Demikian 5 kelebihan yang dimiliki oleh bisnis online dropship yang cocok dilakukan bagi pebisnis pemula. Pebisnis pemula ini bisa berasal dari mahasiswa hingga ibu rumah tangga yang memiliki banyak waktu senggang.

Agar bisnis dropship bisa berjalan dengan baik, Anda harus melakukannya dengan jujur, konsisten dan tak mudah bosan. Dengan begitu maka akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar melebihi ekspektasi Anda.

Segera coba bisnis dropship sekarang juga untuk mendapatkan pengalaman bisnis yang lebih baik! Jangan tunggu lama, karena semakin lama memikirkannya, maka semakin banyak pesaing yang akan Anda hadapi.

5/5 (3)

Nilai kualitas artikel




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.