+1000 Contoh : 3 Model Kandang Ayam yang Sering digunakan Oleh Peternak

Model Kandang Ayam yang Sering digunakan Oleh Peternak

Keinginan menjalankan bisnis peternakan ayam akan membuat beberapa orang bingung memilih model kandang ayam yang cocok untuk usaha mereka. Dalam menentukan jenis kandang, terlebih dahulu harus mengetahui kelemahan dan kekurangan dari tiap model atau macam kandang ayam tersebut. Dengan mengetahui hal tersebut, diharapkan perkembangan bisnis lebih cepat tercapai.

Note :

1000 lebih contoh kandang ayam sederhana dari kawat, murah, unik, terbuat dari bambu dan banyak lagi telah kami berikan di akhir artikel ini.

Kandang yang biasa digunakan oleh peternak ayam petelur berbeda dengan peternak yang berfokus pada ayam pedaging. Begitupun dengan peternak yang menjalankan bisnis tersebut sebagai bisnis sampingan sehingga hanya dikelola alakadarnya saja di halaman belakang rumah.

Maka dari itu, kami akan mencoba mengupas beberapa jenis atau model kandang ayam dan keuntungannya sehingga Anda akan lebih mudah dalam menentukan pilihan.

Model Kandang Ayam Berdasarkan Bentuk Lantai

Jenis kandang berdasarkan lantainya dibagi menjadi tiga macam yaitu kandang dengan lantai litter, slat dan campuran.

1. Contoh kandang ayam litter

Model Kandang Ayam yang Sering digunakan Oleh Peternak
Sumber : kumpulpeternak.blogspot.com

Model kandang ayam dengan sistem litter adalah kandang yang menggunakan tanah sebagai lantainya. Lantai tersebut bisa dilapisi dengan cor semen atau langsung menggunakan tanah sebagai medianya.

Untuk menghindari penyakit yang bersumber dari kotoran ayam, maka lantai dilapisi dengan litter (sekam padi) dengan ketebalan 5-10 cm.

Keuntungan dari kandang litter adalah kokoh dan mudah dalam pembuatannya serta hama tikus tidak mudah bersarang. Selain dari pada itu, biaya untuk membangun kandang jenis ini lebih murah.

Kerugian dari kandang litter adalah jumlah ayam yang dapat dipelihara per m2 terbatas dan juga pengontrolan gas amoniak yang harus mendapat perhatian lebih.

Beberapa cara mengatasi hal tersebut adalah :

  1. Memperbaiki sirkulasi udara dalam kandang.
  2. Jumlah populasi ayam yang dipelihara tidak terlalu padat.
  3. Menambahkan kapur pada litter/sekam padi untuk membantu penyerapan kadar air dan kelemababan udara.
  4. Membolak-balik secara teratur sekam padi tiap 3 sampai 4 hari sekali.
  5. Kalau gumpalan sekam sudah banyak/merata, segera lakukan penggantian sekam. 
  6. Kalau ingin menambahkan sekam (tanpa membuang sekam lama), terlebih dahulu taburi kapur pada sekam lama tersebut.
  7. Lakukan perbaikan pada tempat minum ayam, jangan sampai air dengan mudah tumpah dan membasahi litter.

2. Kandang slat

Model Kandang Ayam yang Sering digunakan Oleh Peternak
Sumber : usahawantani-kelantan.blogspot.com (contoh kandang ayam slat)

Kandang slat memiliki jarak antara lantai kandang dengan tanah berkisar 2 m. Jenis kandang ini biasa disebut kandang panggung. Lantai dari kandang jenis ini biasanya menggunakan bilah bambu yang disusun sejajar dengan jarak kurang lebih 2 cm. Namun saat ini sudah ada slat yang terbuat dari plastik dengan ukuran standar 100 x 50 cm dengan harga yang terjangkau sekitar 100ribuan.

Keuntungan menggunakan kandang jenis ini adalah jumlah ayam yang dipelihara lebih banyak per meter persegi, ayam lebih bersih dan tidak banyak menghirup gas amoniak karena ayam tidak bersentuhan langsung dengan kotoran serta gas amoniak yang timbul dengan mudah dikontrol.

Sementara kelemahannya adalah biaya untuk membangun kandang lebih besar, karena kandang harus dibuat kokoh untuk menopang pekerja yang memberikan makan/minum dan sebagainya. Lantai harus sering dikontrol untuk melakukan perbaikan jika ada yang lapuk/rusak (slat plastik lebih tahan)

3. Kandang campuran

Model Kandang Ayam yang Sering digunakan Oleh Peternak
Sumber : http://majujayafarm.blogspot.co.id (contoh kandang ayam campuran)

Kandang campuran adalah model kandang ayam gabungan dari kedua jenis kandang di atas yaitu kandang litter dan kandang slat. Biasanya digunakan pada peternakan yang berfokus pada pembibitan ayam ras. Perbandingan penggunaan kandang biasanya 2/3 bagian kandang slat dan 1/3 bagian kandang dengan sistem litter.

Model Kandang Berdasarkan Cara Pemeliharaan

1. Kandang umbaran sederhana

Model Kandang Ayam Berdasarkan Cara Pemeliharaan
Sumber : http://ludbahalim.blogspot.co.id (contoh kandang ayam umbaran sederhana)

Sistem kandang umbaran biasanya digunakan untuk peternakan ayam buras/kampung. Sistem yang digunakan adalah sistem semi intensif, dimana ayam tetap dibiarkan mencari makan sendiri (binatang kecil, dedaunan dan sebagainya).

Terdapat 2 bagian dalam menjalankan sistem ini yaitu bagian pertama adalah kandang yang memiliki atap dimana pakan, air minum, sarang untuk bertelur serta tempat menginap ayam berada di bagian tersebut. Sementara bagian kedua adalah tempat ayam bermain/diumbar, dengan pagar keliling dengan tinggi berada pada kisaran 2,5 meter.

2. Kandang baterai/sangkar

Model Kandang Ayam Sangkar
Sumber : http://ayampetelur.com

Kandang sangkar biasanya digunakan oleh peternak ayam petelur dimana kandang ditempatkan pada kandang yang besar baik secara tertutup maupun terbuka. Tiap sangkar biasanya diisi 2 ekor ayam. (contoh kandang ayam petelur, contoh kandang ayam petelur 2, contoh kandang ayam petelur 3, contoh kandang ayam petelur 4 )

Keuntungan menggunakan kandang jenis ini adalah kontrol terhadap penyakit dan produktifitasnya lebih mudah. Sementara kerugian yang sering timbul adalah terjadi kelumpuhan pada ayam serta besarnya kemungkinan kanibalisme.

Kandang jenis ini selain untuk ayam yang siap bertelur, dapat juga digunakan untuk ayam kecil dan ayam remaja. Namun, di Indonesia kebiasaan peternak melakukan pembesaran ayam di tempat lain/kandang litter, kemudian sebelum masa bertelur (umur 17 minggu) ayam mulai dipindahkan dengan tujuan membiasakan ayam berada pada kandang baterai/sangkar/battery.

Ukuran tiap petak kandang untuk ayam siap bertelur adalah 40 x 40 cm (bervariasi), sementara tempat minum/makannya kebanyakan peternak menggunakan pipa paralon yang dibelah dan diposisikan dibagian luar kandang yang dipasang secara memanjang.

Model Kandang Berdasarkan Tipe Dinding

1. Dinding terbuka

Model Kandang Ayam Terbuka
Sumber : http://obat-pembasmi-lalat.com

Kandang ayam dengan sistem terbuka biasanya menggunakan bilah bambu yang disusun sejajar secara vertikal atau menggunakan kawat ram sehingga sirkulasi udara lebih baik.

Keuntungan menggunakan sistem kandang dengan dinding terbuka adalah biaya yang relatif lebih murah, namun kerugiannya adalah susah mencapai suhu normal yang dibutuhkan ayam yaitu 21 sampai 27 derajat dan kelembaban berkisar pada 60%.

2. Dinding tertutup

Model Kandang Ayam Tertutup
Sumber : http://www.uvcool.net

Kandang dengan sistem tertutup menggunakan dinding yang tertutup rapat, sehingga pengontrolan udara full menggunakan teknologi. Kandang tertutup harus mampu mengatasi kelebihan panas, kelembaban, gas yang berbahaya serta memberikan oksigen yang cukup terhadap ayam peliharaan.

Kelebihan menggunakan sistem ini adalah mampu menciptakan suhu ideal untuk ayam sehingga jumlah ayam yang dapat dipelihara tiap meter persegi lebih banyak. Sementara kelemahannya adalah membutuhkan dana lebih besar untuk membangunnya dan kebutuhan listrik termasuk besar untuk keperluan teknologi seperti exhaus fan/blower fan, penerangan dan sebagainya.

Kandang dengan tipe tertutup biasanya digunakan oleh peternakan besar.

Baca Juga :

Itulah beberapa model kandang ayam yang umum digunakan. Jika ingin mengetahui proses dan cara pemeliharaan ayam yang bisa menjamin kesuksesan Anda dalam menjalankan usaha ternak ayam, Anda bisa membaca SOP manajemen kandang ayam dari Balai Penelitian Ternak dan mengunduhnya di sini.

Selain dari model atau macam kandang ayam di atas, Anda bisa juga melihat berbagai kandang ayam sederhana dari kawat, unik dan elegan sebagai bahan referensi untuk membuat kandang ayam kesayangan di rumah. Berikut linknya :

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.