3 Tips untuk Anda yang Ingin Membuka Warung/Catering Rumahan

shares |


Tips Membuka Usaha Catering - Di era globalisasi ini, trend untuk berbisnis semakin berkembang pesat, mulai dari bisnis dalam skala kecil atau rumahan hingga skala besar. Dari sekian banyak bidang yang dapat dijadikan lahan mencari rezki, salah satu bidang yang terus diminati adalah bisnis kuliner

Tidak dapat dipungkiri, kuliner adalah salah satu peluang usaha yang paling potensial karena makanan adalah kebutuhan dasar manusia. Sebagai kebutuhan dasar, maka setiap manusia akan terus membutuhkan makanan untuk sumber asupan energi. 

Selain itu, bisnis kuliner juga tetap menjanjikan dengan adanya tren makanan yang datang dari berbagai daerah. Banyak orang yang kini memilih makan bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan fisiknya, namun juga untuk memuaskan rasa penasarannya terhadap berbagai rasa masakan.

Disamping berbagai menu internasional, menu makanan rumahan juga sangat menjanjikan untuk dijadikan sebagai lahan bisnis. Nasi putih sambal teri, terong penyet, sayur bening dan beberapa menu yang biasa dijumpai di rumah adalah menu yang selalu dirindukan. Terlebih bagi orang-orang perantauan seperti mahasiswa yang hidup jauh dari rumah.

Maka dari itu, tidak ada salahnya jika Anda ingin memulai bisnis kuliner dengan membuka catering makanan rumahan. Selain banyak diminati, bahan-bahan baku yang dibutuhkan juga relatif mudah dicari di pasar dan harganya murah. 

Untuk tahap awal, jika tidak punya modal besar, cukup gunakan rumah atau halaman rumah sebagai warung Anda. Hal utama yang harus disiapkan adalah masalah kualitas masakan. Dan juga yang tidak kalah penting tentang kebersihan serta keramahan dalam melayani pembeli.

Berikut beberapa macam jenis catering atau warung makan yang bisa menjadi referensi. Pilih salah satunya dan terapkan pada warung yang akan Anda bangun.


Dengan mengetahui jenis dan pangsa pasar, tentunya Anda akan lebih mudah merencanakan apa yang dibutuhkan

Jenis-jenis Catering

Catering anak kos. Anak kos atau mahasiswa umumnya mengalami siklus makan yang tidak normal karena kesibukan belajar yang padat dan tugas yang tidak pasti. Maka dari itu, banyak anak kos yang memilih memesan catering dengan menu makanan rumah. Biasanya anak kos menyukai menu yang porsinya besar dan sedikit mengabaikan rasa enak pada makanan.

Catering Rumahan. Keluarga yang sedang memiliki acara berupa pengajian, syukuran, kumpul dengan tetangga, biasanya akan memesan catering jenis ini. Kisaran jumlah pesanan sekitar 100 kotak dengan menu variatif di setiap kotak seperti nasi dengan lauk berupa daging, sambal, sayur dan buah.

Catering makanan anak. Orang tua atau sekolah biasanya memesan makanan untuk anak-anak sebagai bekal sekolah agar tidak jajan sembarangan. Menu yang disediakan biasanya berupa makanan 4 sehat 5 sempurna (Pedoman Gizi Seimbang) yang sangat dibutuhkan pada masa pertumbuhan anak.

Selain itu, bahan baku pembuatan menu dalam makanan juga dipastikan sehat dan terjamin aman untuk anak-anak.

Setelah Anda mengetahui beberapa jenis catering tadi, sekarang waktunya membaca  tips membuka usaha catering yang dapat dijadikan referensi agar usaha yang akan dijalankan bisa menguntungkan dan langgeng.

• Belajar dari berbagai referensi

Perbanyak wawasan kuliner dengan mengunjungi berbagai situs di internet dan aneka buku kuliner, sehingga bisnis Anda lebih baik dari para pesaing.

• Pelajari segmentasi pasar

Meskipun mampuh membuka berbagai jenis catering, tapi ada baiknya fokus disatu jenis dulu. Contohnya, jika Anda tinggal di lingkungan kampus, maka sebaiknya fokuslah membuka catering untuk anak kos.

• Pemasaran dan promosi

Pemasaran dan promosi adalah hal yang paling penting dalam bisnis, maka dari itu Anda perlu menyiapkan strategi seperti membuat publikasi yang menarik melalui infografis di media sosial dan selebaran yang dibagikan.
Demikian tips membuka usaha catering, semoga bisa menjadi referensi untuk memulai usaha. Semoga sukses

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam. Link hidup otomatis difilter.