3 Jenis Investasi Modal Kecil yang Menjanjikan dan Layak Dicoba

Jenis Investasi Modal Kecil yang Menjanjikan dan Layak Dicoba

Investasi Modal Kecil – Mendengar kata investasi bagi sebagian masyarakat akan mengarahkan pikiran mereka pada sebuah dana yang besar. Sehingga cenderung meninggalkan atau tidak pernah mau membaca jika menemukan suatu judul artikel atau iklan investasi.

Seolah-olah investasi hanya untuk orang yang berduit. Padahal, dewasa ini sudah memasuki zaman online, dimana informasi soal investasi modal kecil sudah mudah ditemukan dimana-mana.

Modal Rp 100.000,- pun sudah bisa berinvestasi seperti yang ditawarkan oleh salah satu situs ternama yaitu koinworks.com. Situs tersebut sangat aman sebagai wadah menyalurkan dana investasi karena telah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang merupakan Lembaga Negara yang dibentuk berdasarkan UU Nomor 21 Tahun 2011. 

Namun dalam artikel kali ini, kita tidak membahas soal investasi semacam itu, melainkan beberapa investasi yang umum dilakukan di kalangan masyarakat.

Berikut Investasi Dengan Modal Kecil yang Menjanjikan dan Layak Dicoba

1. Berinvestasi pada usaha modal kecil

Investasi cenderung membawa pikiran kita pada sebuah wujud berupa bangunan, padahal menjalankan sebuah usaha merupakan suatu investasi untuk masa depan. Ingat, investasi terbaik adalah investasi yang cepat dalam pengembalian modal. Maka dari itu, membangun usaha adalah salah satu investasi terbaik.

Cobalah menyisihkan uang untuk membangun usaha sampingan, sehingga sejalan dengan waktu diharapkan usaha Anda akan berkembang dan akan menjadi sumber penghasilan tetap.

Sudah banyak cara usaha dengan modal kecil yang telah kami bahas pada artikel-artikel sebelumnya, jadi kalau Anda berminat berinvestasi pada usaha modal kecil, silahkan diperiksa berbagai artikel pada link berikut peluang usaha.

Selain membuka usaha sendiri, Anda juga bisa menginvestasikan dana yang dimiliki pada bidang pertanian. Jika memiliki teman atau kerabat yang menggeluti dunia pertanian, bisa membantunya dalam hal permodalan sehingga hasilnya bisa dibagi tergantung kesepakatan.

Namun jika tidak memiliki teman/kerabat yang bergelut dalam bidang tersebut, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada investasi pertanian secara online. Salah satu situs yang menyediakan investasi online adalah tanifund.com, dimana mereka telah melakukan kerjasama dengan beberapa kelompok tani untuk mengolah dana investor yang masuk secara profesional.

Tanifund menyediakan sistem investasi per unit, sehingga meringankan para investor yang bermodal minim untuk turut serta. Misalnya per unit dihargai 5 juta rupiah.

2. Berinvestasi pada barang koleksi

Opsi lainnya untuk investasi modal kecil adalah koleksi barang. Berbagai macam barang yang bisa dijadikan koleksi seperti mainan unik, miniatur, koin, perangko, lukisan, patung dan sebagainya.

Menurut sebagian orang, mungkin koleksi seperti ini sudah ketinggalana zaman, namun kenyataannya semakin hari para kolektor berduit lebih agresif dalam mengumpulkan dan memperbanyak koleksi mereka.

Karena jenis investasi ini tidak ada kepastian soal harga dikemudian hari, maka Anda harus jeli melihat suatu barang yang akan dikoleksi, apakah kedepannya akan menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual tinggi atau sebaliknya.

Namun dalam dunia kolektor setiap barang pastinya memiliki nilai, sehingga jika terjadi jual beli maka harga akan tergantung pada kedua belah pihak. Semakin memiliki nilai histori suatu barang, tentunya akan mendapatkan harga yang cukup tinggi. Apalagi kalau seorang pembeli kebelet memilikinya, Anda bisa memasang harga setinggi-tingginya.

3. Investasi emas salah satu investasi modal kecil yang layak dicoba

Nah, yang terakhir kami bahas adalah investasi emas. Emas termasuk salah satu ladang investasi dengan modal kecil terbaik saat ini. Nilai emas tidak pernah turun, tiap tahun selalu mengalami kenaikan.

Untuk mendapatkan 5 gram emas batangan tidak membutuhkan dana yang besar, hanya dengan dana 1 jutaan lebih, sudah bisa memilikinya. Jika setiap 3 bulan menginvestasikan dana pada emas batangan, bisa kita hitung berapa kekayaan yang Anda miliki 10 tahun kedepan.

Kenapa kami hanya membahas emas batangan, bukan emas perhiasan? Karena, emas perhiasan jika dijual cenderung mengalami penurunan yang disebabkan adanya ongkos pembuatan. Berbeda dengan emas batangan yang tidak mencantukan ongkos tersebut. Maka dari itu, tidak ada orang yang berinvestasi pada emas perhiasan.

  • Menabung emas di Pegadaian

Saat ini, pegadaian juga memiliki produk menabung emas. Jadi, setiap nasabah yang ingin menabung berupa emas, maka sejumlah uang yang rencana ditabung tersebut akan dikonversi menjadi satuan emas dengan berpatokan pada harga emas batangan pada saat itu.

Sistemnya seperti menabung uang di bank, nasabah juga akan memiliki buku tabungan yang di dalamnya tercantum besaran emas yang berhasil ditabung.

Begitu pun jika nasabah ingin menjual emasnya. Pihak pegadaian akan memberikan harga sesuai dengan harga emas terkini. Jadi emas akan dikonversi ke dalam rupiah.

Nasabah juga bisa memiliki emas batangan fisik jika memang nasabah tersebut menginginkan emas batangan fisik. Biasanya butuh waktu beberapa minggu bagi pihak pegadaian menyediakan permintaan nasabahnya untuk pengadaan emas batangan fisik tersebut.

Baca Juga :

Sekian artikel singkat ini, semoga apa yang kami paparkan soal investasi modal kecil di atas dapat menjadi pilihan untuk Anda coba. Semoga sukses

LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.