Karena Corona, Industri Film Global Rugi Rp71,2 Triliun

Karena Corona, Industri Film Global Rugi Rp71,2 Triliun

Isu tentang virus corona sudah menjadi isu terpenting di awal tahun 2020 ini. Bahkan, industri perfilman pun tidak luput merasakan efek negatif dari virus pernapasan yang berasal dari Wuhan ini.

Dari data statistik, wabah virus corona telah membuat industri film global merugi hingga Rp71,2 triliun. Kerugian ini dipicu oleh tutupnya bioskop di negara-negara dengan penyumbang penonton film terbanyak di dunia.

Melansir The Hollywood Reporter, perkiraan kerugian hingga Rp 71 triliun itu juga termasuk dari efek virus corona terhadap proses produksi film-film yang digadang-gadang akan menjadi film Box Office.

Penyebaran virus corona memang masif. Di Eropa, Italia masih menjadi pusat penyebaran wabah virus corona. Tercatat, sebanyak 91.246 orang di negara pizza itu dinyatakan positif virus corona. Korban yang meninggal pun diberitakan sudah mencapai 15.362 orang pertanggal 5/4/2020.

Di daratan Asia, Korea Selatan ada sekitar 8.961 warga terinfeksi virus corona dengan 111 orang dinyatakan meninggal dunia dan 3.166 dinyatakan sembuh.Di China, 81.639 warganya dinyatakan positif terinfeksi virus corona dengan 3.326 dinyatakan meninggal dan 76.755 orang lainnya sembuh.

Amerika Serikat, Italia, Korea Selatan dan China. Empat negara itu adalah negara dengan penyumbang penonton film terbanyak di dunia.

Dengan banyaknya orang yang positif terinfeksi, sudah dapat dipastikan kalau jumlah tiket bioskop yang terjual juga akan berkurang drastis.

Ini sudah terasa di China. Di negara ini, dari 70 ribu bioskop di Cina, hampir semuanya menutup kegiatan operasionalnya sampai waktu yang belum ditentukan.

Oleh karena itu, pendapatan dari penjualan tiket bioskop saat libur Tahun Baru (24 Januari-23 Februari) Di Cina hanya mampu mencapai US$4,2 juta saja.

Angka ini jelas lebih kecil jika dibandingkan dengan penjualan dalam periode yang sama pada 2019 yang mencapai US$1,76 miliar.

Hasil serupa juga akan kita temui di Korea Selatan. Di negara asal K-Pop ini, penjualan tiket bioskop turun 80 persen bila dibandingkan tahun lalu.

Berdasarkan data, penjualan tiket bulan lalu hanya 62 miliar won atau sekitar Rp 739,5 miliar. Angka ini cukup rendah jika dibandingkan dengan angka penjualan tiket untuk periode yang sama pada 2019 yang bisa mencapai 189 miliar won atau sekitar Rp2,254 triliun.

Lalu bagaimana dengan kondisi di Indonesia?

Dari sisi konsumen, deretan film-film keren yang resmi dirilis di Bulan Maret ini tentu amat sayang untuk dilewatkan. Untuk memesan tiket, kamu bisa menginstal aplikasi resmi dari jaringan bioskop favorit seperti M-Tix.

Dengan M-Tix, kamu bisa memesan tiket bioskop dengan mudah dan praktis. Untuk cara pemesanan tiketnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Pilih menu M-Tix di aplikasi
  2. Login di laman itu dengan no ponsel dan PIN anda yang terdaftar di M-Tix
  3. Pilih tanggal, jam tayang, dan jumlah tiket yang diinginkan
  4. Pilih kursi pada denah yang tersedia, klik Confirm Order
  5. Masukan PIN lalu klik Buy
  6. Konfirmasi transaksi dikirimkan melalui email

Makanya, ada baiknya kalau kamu tidak membiarkan saldo M-Tix milikmu kosong. Namun, kalau sudah terlanjur kosong dan kamu ingin melakukan top-up M-Tix, langsung saja gunakan saja gunakan fitur bayar beli di aplikasi digibank by DBS.

Selain untuk melakukan top up M-Tix, fitur bayar beli di aplikasi digibank by DBS juga bisa digunakan untuk top up OVO dan Go-Pay serta e-wallet lain seperti LinkAja, eMoney, dan membeli voucher iTunes.

Kamu juga bisa melakukan pembayaran tagihan bulanan seperti tagihan PLN, Kartu Kredit dan bahkan bayar BPJS. Malahan, kalau kamu kebetulan suka main game, kamu juga bisa beli voucher games dari Steam, Gemscool, MOGPlay, Garena dll untuk membeli item-item favoritmu.

M-Tix memang sangat memudahkan kegiatan menonton kita. Walaupun sekarang adalah era streaming ala-ala Netflix, menonton langsung di bioskop tetap memberikan pengalaman yang berbeda. Makanya, segera buka aplikasi digibank by DBS, segera lakukan top up M-Tix dan dan beli tiket film kesukaanmu sebelum kehabisan, ya.