Cara Menyuburkan Tanaman Hias Dengan Bahan Limbah Rumah Tangga

0
Cara Menyuburkan Tanaman Hias Dengan Bahan Limbah Rumah Tangga


Tips kali ini yang ingin kami bagikan pada Anda adalah menggunakan bahan limbah rumah tangga untuk dijadikan sebagai pupuk tanaman hias. Jika suatu waktu tanaman hias di rumah Anda terlihat layu, maka jangan terlalu pusing karena ada beberapa bahan yang tidak terpakai dapat digunakan sebagai pengganti pupuk kimia. Berikut ulasannya.

Pupuk Alami dengan Menggunakan Limbah Rumah Tangga

1. Air cucian beras

Air cucian beras ternyata memiliki kandungan vitamin B1 yang menjadi sumber energi tanaman. Air cucian beras dapat ditampung pada wadah kemudian disiramkan langsung pada tanaman kesayangan Anda.

2. Air rebusan telur

Ternyata air rebusan telur juga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman. Namun, sebelum digunakan terlebih dahulu air tersebut didinginkan. Setelah dingin, barulah disiramkan pada tanaman.

3. Kulit pisang sebagai penyubur tanaman berbunga

Kulit pisang terlebih dahulu dikeringkan, kemudian ditumbuk sampai halus (setengah halus). Setelah itu bisa langsung digunakan dengan cara menaburkan di sekitar tanaman Anda.

Cara lainnya adalah menghaluskan kulit pisang, kemudian dilarutkan dalam air. Air tersebut bisa langsung disiramkan pada tanaman di kebun Anda.

4. Ampas teh

Ampas teh juga dapat digunakan sebagai pupuk tanaman hias. Cara penggunaannya bisa dengan merendam ampas teh tersebut selama semalam, kemudian airnya disiramkan pada tanaman.

Selain itu, ampas teh juga bisa langsung digunakan dengan cara menaburnya di area tanaman. Agar tidak mudah larut, sebaiknya ampas teh ditekan-tekan ke tanah.

5. Ampas kopi

Ternyata kandungan ampas kopi seperti nitrogen, potasium dan fosfor dapat menyuburkan tanaman. Caranya : Dengan langsung menaburnya di sekitar tanaman layaknya pupuk kimia.

6. Air kelapa

Kandungan air kelapa seperti kalsium, kalium, magnesium, protein, vitamin atau mineral sangat bermanfaat untuk tanaman hias. Selain dari itu, air kelapa juga dapat merangsang tanaman berbunga lebih cepat mekar dan berkembang.

Selain dari 6 bahan di atas, penyedap rasa yang biasa disebut vetsin juga sangat bermanfaat untuk menyburkan tanaman hias Anda. Cukup menaburkan vetsin di media tanah (sekitar tanaman), kemudian siram dengan air hingga larut.

Pemupukan menggunakan vetsin dapat dilakukan setiap 5 hingga 7 hari sekali.

Baca Juga :

Jika Anda seorang pengusaha tanaman hias, mungkin beberapa poin yang kami paparkan di atas dapat diaplikasikan untuk mengurangi biaya pemupukan jika menggunakan bahan kimia. Semoga sukses


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here