4 Kendala bisnis Online yang Wajib Anda Ketahui !

shares |

4 Kendala bisnis Online yang Wajib Anda Ketahui dan solusinya

Apakah Anda sedang melirik bisnis online? Sebelum Anda terjun dalam bisnis tersebut kami akan memaparkan beberapa kendala bisnis online yang bisa menjadi referensi kedepannya agar tidak terjebak dengan berbagai kesalahan yang sebetulnya bisa dihindari.

Melihat orang lain yang telah sukses dalam bisnis online membuat Anda semakin bersemangat dalam menekuninya, namun yang perlu menjadi perhatian besar adalah mereka yang berhasil meraih kesuksesan telah melewati waktu yang cukup lama. Jadi, jika Anda berharap sukses dalam waktu singkat, silahkan buang jauh-jauh pikiran tersebut.

Berbeda jauh dengan bisnis offline, Anda membuka warung, toko atau yang lainnya pada hari itu maka insyaAllah hari itu juga Anda akan mendapatkan pembeli. Namun itupun tidak menjamin usaha yang dibangun secara offline bisa bertahan lama dan meraih kesuksesan.

Kenapa waktu menjadi kendala utama dalam menjalankan bisnis online?


Perlu Anda ketahui, dalam bisnis online banyak sekali hal yang harus Anda pelajari, mulai dari yang paling mudah yaitu membuat email, website sampai belajar internet marketing. Jika Anda hanya memiliki ilmu alakadarnya, maka Anda akan kalah bersaing dengan mereka yang sudah lihai mengolah kata untuk diubah menjadi sebuah penjualan yang fantastis. Itulah sebabnya penulis menempatkan waktu sebagai faktor utama dalam menjalankan bisnis online.

Walaupun Anda telah belajar dan menguasai berbagai teknik penjualan secara online dari para ahlinya, bukan berarti Anda langsung sukses seperti mereka. Bisa kita umpamakan, jika seorang guru atau dosen mengajarkan ilmunya kepada muridnya, apakah murid tersebut bisa dipastikan sukses setelah berhasil menyelesaikan sekolahnya?

Itulah sebabnya, waktu akan membimbing Anda untuk menjadi lebih matang, menjadi lebih baik dalam mengaplikasikan ilmu yang Anda miliki.

Inti dari semua bisnis, baik bisnis online maupun bisnis offline adalah kegigihan, pantang menyerah dan terus belajar dari kesalahan, baik kesalahan yang Anda lakukan sendiri maupun dari kesalahan orang lain.

Kendala Bisnis Online dan Solusinya

Selain dari kendala utama di atas, masih ada beberapa yang menjadi problem dalam menjalankan bisnis online, diantaranya :

1. Bingung menentukan produk

Sebagai pemula, pastinya Anda bingung produk apa yang cocok untuk dijalankan dalam bisnis online. Ada yang mengatakan produk fashion, ada yang mengatakan produk kecantikan dan masih banyak lagi yang akan membuat Anda semakin pusing. 

Pada dasarnya, kebingungan akan semakin melanda jika sudah menjalankan selama berbulan-bulan tapi belum juga memperoleh uang sepeser pun. Maka dari itu, sebelum Anda terjun dalam bisnis ini, sebaiknya persiapkan mental Anda, tanamkan pada diri Anda bahwa bisnis yang akan Anda jalankan membutuhkan proses yang cukup lama untuk menuai hasil sesuai dengan harapan.

2. Persaingan yang super ketat

Persaingan sangat ketat yang penulis maksud disini adalah persaingan harga, walaupun persaingan seperti SEO (berlomba menjadi nomor 1 di search engine google), segmentasi pasar yang sudah dikuasai pesaing dan sebagainya tidak bisa dikesampingkan.

Penulis menitik beratkan pada harga karena jika Anda mencari suatu produk di internet hal yang pertama Anda lakukan adalah mengetahui harga produk. Jika harga produk terlalu jauh dengan harga yang lain, dengan cepat pasti Anda berpindah ke seller lain bukan?

Lebih parahnya lagi, kebanyakan pemain besar yang berada di kota-kota sudah merambah dan mencari pelanggan melalui dunia maya. Anda bisa perhatikan di marketplace misalnya tokopedia atau bukalapak, lihat harga yang mereka tawaran untuk produk yang rencana Anda jual. Jadi apakah Anda merasa yakin masih mampu menembus ketatnya persaingan?

Jawabannya, Anda harus yakin. Keyakinan adalah modal utama dalam menjalankan semua jenis bisnis termasuk bisnis yang penopang utamanya adalah internet. Jadi bagaimana cara bersaing dengan mereka?

Kalau Anda mampu menyamakan harga atau setidaknya mendekati harga yang mereka tawarkan, penulis yakin Anda pasti bisa menjual produk lebih banyak dari mereka dengan catatan, perbaiki sistem CS yang Anda miliki. Kecepatan memberikan jawaban yang harus memuaskan mereka para calon pembeli. 

Teknik ini lebih baik atau tepatnya jauh lebih baik dari pada memberikan bonus, karena sebagian besar pengguna internet tidak berminat akan bonus yang ditawarkan, termasuk Anda bukan?

Teknik yang kedua untuk bersaing dengan pemain besar adalah produk yang unik. Dengan menjual produk unik, tentunya akan memperkecil persaingan. Pemain besar biasanya hanya berminat pada produk-produk yang sangat banyak dicari orang, sedangan untuk produk unik yang kira-kira tidak memiliki banyak peminat akan ditinggalkan.

Jadi sebagai pemula, cobalah bermain di produk unik terlebih dahulu, mulai dari kerajinan tangan sampai teknologi terbaru yang masih susah dicari di Indonesia. Targetnya adalah Anda akan memiliki pengalaman menjual barang, berkomunikasi dengan calon pembeli dan lain-lain yang akan menjadi modal untuk Anda menuju bisnis yang lebih besar.

Dan tidak kalah pentingnya adalah keberhasilan Anda menjual produk akan menjaga mental Anda dalam menjalani bisnis tersebut.

3. Koneksi internet

Memiliki perangkat komputer atau laptop saja tanpa koneksi internet yang cepat akan membuat Anda frustasi. Bagaimana Anda mengupload gambar produk dengan kondisi koneksi internet yang lambat. Memanfaatkan warnet bisa menjadi solusi, tapi apakah tidak membutuhkan biaya yang lebih banyak? Apakah warnet masih ada atau eksis di tempat tinggal Anda?
Baca Juga : 3 Jenis Bisnis Perkebunan yang Menguntungkan dengan Lahan yang Sempit
Hal itulah salah satu kendala bisnis online. Kita berdoa saja, semoga koneksi internet di Negara ini semakin membaik.

Itulah sedikit unek-unek penulis soal kendala bisnis online, semoga bisa memberikan pencerahan dalam meraih mimpi Anda. Salam
 
loading...
 GROSIR PULSA MURAH ALL OPERATOR

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam

loading...