10 Tips Jitu Menghemat Biaya Pernikahan hingga 45 Persen 2023

Tips Menghemat Biaya Pernikahan hingga 45 Persen

Tips Menghemat Biaya Pernikahan – Kendala yang sering dijumpai oleh calon pasangan suami istri adalah biaya pesta pernikahan yang begitu besar. Salah satu yang membuat acara tersebut menjadi mahal karena adanya acara tradisi yang harus dijalankan oleh kedua mempelai.

Untuk menghilangkan tradisi dalam pernikahan bisa menjadi sesuatu yang tidak mungkin dilakukan bagi sebagian orang. Maka dari itu, melakukan penghematan diberbagai lini tanpa menghilangkan kesakralan dari resepsi pernikahan itu sendiri adalah langkah terbaik.

Dalam melakukan penghematan, ada beberapa cara atau teknik yang bisa menjadi bahan pertimbangan dalam melakukan acara sakral tersebut tanpa mengurangi kebahagiaan Anda, keluarga dan teman karib.

Berikut Langkah Sederhana Menghemat Biaya Pernikahan Tahun 2023

1. Lakukan perencanaan jauh sebelum acara pernikahan

Melakukan perencaan satu tahun sebelum acara pernikahan akan membuat Anda lebih leluasa dalam menyusun dan memangkas biaya yang tidak perlu.

2. Variasi makanan yang lebih sedikit

Memberikan hidangan yang lebih sederhana dengan sedikit variasi makanan akan menekan badget. Apalagi kalau Anda memesan makan berdasarkan jumlah undangan, sehingga makanan betul-betul tidak ada yang terbuang.

Hal yang sangat penting adalah jangan sampai makanan yang dihidangkan alakadarnya. Buatlah suatu makan yang super enak, sehingga walaupun variasinya tidak banyak, orang yang menikmati tetap senang dan puas.

3. Pesta pernikahan di rumah

Jika badget tidak memungkinkan, memilih rumah sebagai tempat acara merupakan alternatif yang sangat baik. Dengan memanfaatkan jasa dekorasi berpengalaman, maka kepuasan bisa Anda peroleh dengan badget yang minim.

4. Membatasi undangan

Cara yang termasuk efektif dalam menekan badget pernikahan adalah membatasi undangan. Mengundang hanya keluarga dekat, teman dan tetangga bisa menekan biaya undangan (jika ada) ataupun hidangan makanan.

5. Menyewa band kenalan salah satu tips menghemat biaya pernikahan

Memberikan harga discon untuk kemeriahan acara pernikahan Anda oleh teman dekat, akan memberikan kebahagiaan tersendiri. Maka, jangan sungkan meminta bantuan kepada teman yang memiliki bisnis tersebut.  

6. Meminta teman untuk melakukan dokumentasi

Menyewa jasa dokumentasi memang memberikan kepuasan dari hasil yang akan diperoleh. Namun, jika Anda memiliki teman yang hobby dalam hal fotografi, itu merupakan hal yang menggembirakan.

Mintalah bantuan teman untuk melakukan dokumentasi sebagai hadia pernikahan untuk Anda.

7. Menggunakan undangan digital

Salah satu biaya yang bisa ditekan dalam melangsungkan pesta pernikahan adalah biaya mencetak undangan. Jika Anda mengubah cara mengundang kerabat dengan menggunakan teknologi digital, maka biaya yang timbul sangat kecil.

Anda bisa menggunkan sosial media seperti facebook, instagram, BBM atau menggunakan SMS/telpon sebagai bentuk undangan resmi dalam acara pernikahan Anda.

8. Souvenir sederhana

Souvenir untuk tamu undangan termasuk biaya yang wajib dipangkas. Memberikan souvenir yang sederhana tapi bermanfaat untuk keperluan di rumah, tentunya lebih baik dari pada memberikan sebuah pajangan atau lainnya dengan harga yang mahal, sementara belum tentu tamu undangan menyukainya.

Alat atau sabun pencuci piring bisa menjadi contoh souvenir yang baik.

9. Baju pengantin sewaan

Jangan terlalu fokus pada perkataan orang bahwa pernikahan dilakukan hanya sekali sehingga apapun termasuk gaun pengantin harus menggunakan yang baru dan spektakuler. Kalau Anda memiliki dana yang cukup, maka tidak akan menjadi masalah. Namun bagi yang bermodal minim, ya baiknya menyewa gaun untuk resepsi lebih menguntungkan.

10. Paket pernikahan dari vendor

Tips menghemat biaya pernikahan selanjutnya adalah berburu diskon. Jika Anda tidak ingin direpotkan dengan berbagai urusan acara pernikahan dan tetap menginginkan biaya yang irit, maka jalan terbaik adalah berburu diskon paket pernikahan dari vendor.

Biasanya, para vendor akan memberikan diskon pada pameran yang dikhususkan untuk memperkenalkan jasa pesta pernikahan.

Baca Juga : 

Itulah beberapa tips menghemat biaya pernikahan tahun 2023, semoga bisa menjadi pencerahan untuk Anda yang ingin menempuh hidup baru. Perlu diingat, pesta pernikahan bukan sesuatu yang harus dijalankan dengan mewah. Lebih baik memanfaatkan uang Anda untuk hal yang jauh lebih bermanfaat setelah melangsungkan pernikahan.

LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.