$show=post

10 Tips Jitu Menghemat Biaya Pernikahan hingga 45 Persen

Tips Menghemat Biaya Pernikahan

Tips Menghemat Biaya Pernikahan - Kendala yang sering dijumpai oleh calon pasangan suami istri adalah biaya pesta pernikahan yang begitu besar. Salah satu yang membuat acara tersebut menjadi mahal adalah adanya acara tradisi yang harus dijalankan oleh kedua mempelai.

Untuk menghilangkan tradisi dalam pernikahan bisa menjadi sesuatu yang tidak mungkin dilakukan bagi sebagian orang, maka dari itu melakukan penghematan di berbagai lini tanpa menghilangkan kesakralan dari resepsi pernikahan itu sendiri adalah langkah terbaik.

Dalam melakukan penghematan, ada beberapa cara atau teknik yang bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda yang akan melakukan acara sakral tersebut tanpa mengurangi kebahagiaan Anda, keluarga dan teman karib.


Berikut Langkah Sederhana Menghemat Biaya Pernikahan

1. Lakukan perencanaan jauh sebelum acara pernikahan

Mulai melakukan perencaan satu tahun sebelum acara pernikahan membuat Anda lebih leluasa dalam menyusun dan memangkas biaya yang tidak perlu.

2. Variasi makanan yang lebih sedikit

Memberikan hidangan yang lebih sederhana dengan sedikit variasi makanan akan menekan badget. Apalagi kalau Anda memesan makan berdasarkan jumlah undangan yang disebar, sehingga makanan betul-betul tidak ada terbuang.

Hal yang sangat penting adalah jangan sampai makanan yang Anda hidangkan alakadarnya. Buatlah suatu makan yang super enak, sehingga walaupun variasinya tidak banyak, orang yang menikmati tetap senang dan puas.

3. Pesta pernikahan di rumah

Jika badget tidak memungkinkan, memilih rumah sebagai tempat acara merupakan alternatif yang sangat baik. Dengan memanfaatkan jasa dekorasi berpengalaman maka kepuasan bisa Anda peroleh dengan badget yang minim.

4. Membatasi undangan

Cara yang termasuk efektif dalam menekan badget pernikahan adalah membatasi undangan. Mengundang hanya keluarga dekat, teman dan tetangga bisa menekan biaya undangan (jika ada) ataupun hidangan makanan.

5. Menyewa band kenalan

Memberikan harga discon untuk kemeriahan acara pernikahan Anda oleh teman dekat akan memberikan kebahagiaan tersendiri. Maka, jangan sungkan meminta bantuan kepada teman yang memiliki bisnis tersebut.  


6. Meminta teman untuk melakukan dokumentasi

Menyewa jasa dokumentasi memang akan memberikan kepuasan dari hasil yang akan diperoleh. Namun, jika Anda memiliki teman yang memang hobby dalam hal fotografi, itu merupakan hal yang menggembirakan.

Mintalah bantuan teman untuk melakukan dokumentasi sebagai hadia pernikahan untuk Anda.


7. Menggunakan undangan digital

Salah satu biaya yang bisa ditekan dalam melangsungkan pesta pernikahan adalah biaya mencetak undangan. Jika Anda mengubah cara mengundang kerabat dengan menggunakan teknologi digital, maka biaya yang timbul sangat kecil.

Anda bisa menggunkan sosial media seperti facebook, instagram, BBM atau menggunakan SMS/telpon sebagai bentuk undangan resmi dalam acara pernikahan Anda.

8. Souvenir sederhana

Souvenir untuk tamu undangan termasuk biaya yang wajib dipangkas. Memberikan souvenir yang sederhana tapi bermanfaat untuk keperluan di rumah tentunya lebih baik dari pada memberikan sebuah pajangan atau lainnya dengan harga yang mahal, sementara belum tentu tamu undangan menyukainya.

Alat atau sabun pencuci piring bisa menjadi contoh souvenir yang baik.


9. Baju pengantin sewaan

Jangan terlalu berfokus pada perkataan orang bahwa pernikahan dilakukan hanya sekali sehingga apapun termasuk gaun pengantin harus menggunakan yang baru dan spektakuler. Kalau Anda memiliki dana yang cukup, maka tidak akan menjadi masalah. Namun bagi Anda yang bermodal minim, ya baiknya menyewa gaun untuk resepsi lebih menguntungkan.


10. Paket pernikahan dari vendor

Jika Anda tidak ingin direpotkan dengan berbagai urusan acara pernikahan dan tetap menginginkan biaya yang irit, maka jalan terbaik adalah berburu diskon paket pernikahan dari vendor.

Biasanya mereka, para vendor akan memberikan diskon pada pameran yang dikhususkan untuk memperkenalkan jasa pesta pernikahan.
Baca Juga : Panduan Mengurus Izin PIRT dan Sertifikat Halal dari MUI
Itulah beberapa tips menghemat biaya pernikahan, semoga bisa menjadi pencerahan untuk Anda yang ingin menempuh hidup baru. Perlu diingat, pesta pernikahan bukan sesuatu yang harus dijalankan dengan mewah, lebih baik memanfaatkan uang Anda untuk hal yang jauh lebih bermanfaat setelah melangsungkan pernikahan.

COMMENTS

BLOGGER
Name

ASURANSI,5,BISNIS KULINER,9,BISNIS ONLINE,12,BISNIS SAMPINGAN,15,BISNIS WARALABA,11,BITCOIN,3,BLOGGING,7,FOREX,8,GADGET & APLIKASI,3,INVESTASI,11,INVESTASI EMAS,2,INVESTASI SAHAM,4,KEUANGAN,8,KISAH INSPIRATIF,8,PELUANG BISNIS PERKEBUNAN,12,PELUANG BISNIS PETERNAKAN,19,PELUANG USAHA,94,PELUANG USAHA BAGI PEMULA,8,PELUANG USAHA MAHASISWA,4,PELUANG USAHA PERTOKOAN,6,PELUANG USAHA PROPERTI,11,PERIZINAN,6,REVIEW PRODUK,4,SEO,3,SPONSORED,4,TIPS BISNIS,74,TOKOH,3,TUTORIAL,3,WALET,9,
ltr
item
anakdagang.com: 10 Tips Jitu Menghemat Biaya Pernikahan hingga 45 Persen
10 Tips Jitu Menghemat Biaya Pernikahan hingga 45 Persen
Tips Menghemat Biaya Pernikahan - Kendala yang sering dijumpai oleh calon pasangan suami istri adalah biaya pesta pernikahan yang begitu besar. Salah satu yang membuat acara tersebut menjadi mahal adalah adanya acara tradisi yang harus dijalankan oleh kedua mempelai.
https://3.bp.blogspot.com/--6P_S7PjyGU/V8Kq7--GB0I/AAAAAAAABYo/1EWczecp42ozFpWESbJYIKr-FkAcyqqKACLcB/s640/10%2BTips%2BJitu%2BMenghemat%2BBiaya%2BPernikahan%2Bhingga%2B45%2B%2525.jpg
https://3.bp.blogspot.com/--6P_S7PjyGU/V8Kq7--GB0I/AAAAAAAABYo/1EWczecp42ozFpWESbJYIKr-FkAcyqqKACLcB/s72-c/10%2BTips%2BJitu%2BMenghemat%2BBiaya%2BPernikahan%2Bhingga%2B45%2B%2525.jpg
anakdagang.com
http://www.anakdagang.com/2016/08/10-tips-menghemat-biaya-pernikahan.html
http://www.anakdagang.com/
http://www.anakdagang.com/
http://www.anakdagang.com/2016/08/10-tips-menghemat-biaya-pernikahan.html
true
8897343119264651685
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy