Ini Dia 5 Tanggung Jawab dari Relationship Officer yang Perlu Anda Tahu

Ini Dia 5 Tanggung Jawab dari Relationship Officer yang Perlu Anda Tahu
Sumber Gambar : https://karir.bca.co.id/

Apakah kata relationship officer masih terdengar asing di telinga Anda? Relationship officer adalah suatu posisi pekerjaan dalam dunia perbankan atau keuangan yang memiliki kaitan dengan dunia marketing. Secara umum, Anda bisa mengartikannya sebagai tugas untuk membangun dan menjaga hubungan baik.

Tanggung Jawab Relationship Officer

Setiap bank pasti memiliki posisi tersebut untuk memberikan kenyamanan pada nasabah. Untuk mendapatkan posisi relationship officer BCA, Anda harus mengerti apa saja tanggung jawab dan tugas dari posisi tersebut.

Bagi Anda yang penasaran dan ingin mencoba, maka bisa melihat beberapa tanggung jawab dari profesi tersebut.

  1. Mengenalkan Produk

Salah satu tugas sekaligus tanggung jawab dari seorang relationship officer adalah mengenalkan produk kepada para nasabah, klien, atau konsumen. Untuk tugas ini, tidak ada bedanya dengan tugas seorang marketing office. Dengan kata lain, kedudukan antara posisi tersebut dengan marketing office adalah sama.

Selain mengenalkan produk, seorang relationship officer juga diharuskan untuk menguasai produk dari perusahaan tersebut. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam memberikan informasi yang cepat, jelas dan akurat kepada konsumen.

  1. Menjaga Sikap dan Perilaku

Sebagai seorang relationship officer, seseorang diharuskan untuk bisa menjaga sikap dan juga perilaku. Anda harus tetap bersikap ramah dan sopan kepada semua konsumen, meski kadang terdapat konsumen yang menyebalkan. Hal ini dikarenakan konsumen atau klien adalah raja.

Selain itu, dengan tindakan tersebut Anda juga bisa mendapatkan keuntungan. Jika performa dalam melayani bisa memuaskan konsumen, maka konsumen akan terus memilih Anda. Secara tidak langsung juga bisa meningkatkan target dan jumlah konsumen yang sudah ditetapkan kepada relationship officer.

  1. Public Speaking

Salah satu program relationship officer BCA yang banyak dicari adalah berdasarkan public speaking. Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk pandai berbicara. Untuk itu, bagi Anda yang ingin mencoba posisi tersebut, usahakan untuk bisa berbicara ramah kepada umum. Dengan hal tersebut, Anda bisa menarik konsumen dengan mudah.

  1. Melakukan Analisis Potensi Pasar

Tanggung jawab dan tugas lainnya dari seorang relationship officer adalah melakukan analisis terhadap potensi pasar. Anda harus bisa mengetahui segmen pasar yang berpotensi dengan melihat dari berbagai sisi dan kategori. Hal ini juga membantu Anda untuk mendapatkan nilai lebih sebagai profesi tersebut.

  1. Menjadi Jembatan Hubungan

Relationship officer juga bertanggung jawab sebagai jembatan hubungan., yakni hubungan antara perusahaan dengan konsumen. Seseorang yang berada di posisi ini juga akan menjadi perwakilan jika suatu saat terjadi miss komunikasi pada konsumen.

Selain harus mengetahui tanggung jawab, Anda juga harus tahu beberapa skill yang menjadi nilai plus.

Seperti skill menguasai software dan komputer, serta skill menguasai analisis risiko bisnis. Bagi Anda yang ingin mencoba dan merasa tertantang dengan posisi tersebut, maka bisa melakukan pendaftaran relationship officer. Anda bisa melihat kriteria yang dibutuhkan dan menyesuaikannya. Segera masukkan biodata diri Anda.




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.