Berburu Oleh-oleh Populer Khas dari Jogja

shares |

Oleh-oleh atau buah tangan sepertinya menjadi barang bawaan yang harus dibawa setiap kali Anda pulang dari liburan. Meskipun tidak wajib, tetapi tetap saja seperti ada yang kurang jika pulang berwisata, tetapi tidak membawa buah tangan untuk orang-orang terdekat.

Oleh-oleh tidak harus mahal, meskipun harganya terjangkau atau murah, jika bermanfaat tetap membuat orang lain senang. Selain barang-barang semacam suvenir, oleh-oleh juga dapat berupa makanan atau camilan khas dari suatu daerah, seperti ketika Anda berkunjung ke Jogja. Banyak pilihan oleh-oleh khas dari kota pelajar tersebut.

Selain bakpia dan gudeg, ada juga macam-macam makanan dan camilan lezat yang hanya dapat Anda temukan di Jogja, seperti:

Yangko Makanan Khas Jogja

Berburu Oleh-Oleh Populer Khas dari Jogja
Sumber : masakandapur.com


Bentuknya segi empat mungil dan rasanya sangat manis, membuat yangko banyak diburu wisatawan sebagai oleh-oleh. Yangko ini terbuat dari tepung ketan dan memiliki tekstur yang kenyal sehingga mirip dengan jenang, tetapi lebih lunak lagi. Yangko juga memiliki berbagai macam rasa buah-buahan.

Penganan ini sebetulnya berasal dari Kotagede, tetapi saat ini Anda dapat dengan mudah menemukan Yangko di setiap pusat oleh-oleh yang ada di Jogja, seperti di daerah Pathuk. 

Geplak Khas Jogja

Penganan yang satu ini juga sudah menjadi salah satu ikon kuliner Jogja, yaitu Geplak. Anda bisa mendapatkannya di Toko Oleh-Oleh Geplak Mbok Tumpuk yang ada di Bantul. Walaupun saat ini hampir di semua pusat oleh-oleh lain juga menyediakan Geplak. 

Seperti makanan khas Jogja lainnya, Geplak juga memiliki cita rasa yang manis. Terbuat dari kelapa, gula dan diberi pewarna makanan berwarna-warni membuat Geplak menjadi jajanan favorit para wisatawan. Aromanya yang wangi juga membangkitkan selera Anda.

Tiwul Khas Jogja yang Manis

Tiwul terbuat dari gaplek, yaitu singkong yang dikeringkan kemudian ditumbuk. Tepung dari gaplek itulah yang kemudian diolah menjadi tiwul. Penganan ini merupakan makanan khas dari daerah Gunungkidul. Dulunya, tiwul merupakan makanan pokok masyarakat setempat, tetapi saat ini, tiwul dapat menjadi camilan atau jajanan. 

Salah satu tiwul yang terkenal di Jogja adalah tiwul Yu Tum yang sudah sejak tahun 1985 menjajakan dagangannya dengan berkeliling kampung. Namun sekarang, jika Anda berminat membeli tiwul istimewa ini, Anda dapat langsung berkunjung ke JL. Pramuka No. 36, Wonosari, JL. Wonosari-Jogja Km 3,5, Siyono, dan JL. Baron Km 4.

Walang/Belalang Goreng dari Jogja

Camilan yang satu ini memang terlihat ekstrem/ekstrim, tetapi ternyata banyak juga orang-orang yang ketagihan untuk mencobanya kembali. Cukup mudah menemukan makanan yang satu ini, hampir di setiap toko dan kios oleh-oleh di Jogja pasti menjual belalang goreng ini. Harganya juga beragam.

Rasanya yang gurih dan kadang sedikit pedas serta teksturnya yang mirip dengan udang, menghilangkan rasa mual atau jijik ketika melihatnya. Selain sebagai camilan, belalang goreng juga dapat dijadikan sebagai lauk nasi.

Jogja Scrummy

Ini dia, oleh-oleh baru dari Jogja yang sedang naik daun. Jogja Scrummy merupakan kue yang tersusun dari beberapa layer. Sebagai base ada brownies kukus, puff pastry yang berlapis tersusun di atasnya, serta ditambah isian selai aneka rasa. Rasa unggulan yang banyak dicari oleh para pemburu kuliner adalah srikaya, taro dan karamel.

Jogja Scrummy dapat menjadi pilihan oleh-oleh yang berbeda ketika Anda kembali dari Jogja.

Jika kurang berminat dengan oleh-oleh seperti di atas, Anda dapat memilih lagi oleh-oleh khas Jogja lainnya, seperti salak pondoh, tahu susu bakso, atau keripik belut khas Jogja.
Baca Juga :
Masih belum ada yang menarik? Luangkanlah waktu sedikit lebih lama lagi di Jogja untuk dapat berkeliling dan menemukan oleh-oleh yang sesuai selera. Untuk urusan akomodasi di Jogja, sudah banyak pilihan hotel yang tergabung dengan jaringan hotel Airy Rooms, yang menyediakan kamar nyaman dengan harga murah.

Airy Rooms


Fasilitas layaknya hotel bintang lima, pemesanan mudah melaui website atau aplikasi, serta pembayarannya yang dapat menggunakan sistem cash atau menggunakan kartu kredit, tidak membuat waktu Anda untuk berburu oleh-oleh terganggu. Selamat berburu oleh-oleh di Jogja.
loading...
 GROSIR PULSA MURAH ALL OPERATOR

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam

loading...