Setelah Anda Membaca Ini, Maka 100% Anda Siap Memulai Bisnis Online!

shares |

Cara Memulai Bisnis Online dengan mudah

Kita sekarang berada pada zaman, di mana jual-beli dan bisnis sudah semakin maju. Kemajuan itu dilihat dari semakin berkembangnya teknologi yang membuat para pebisnis pun melihat hal tersebut sebagai sebuah peluang baru yang sangat potensial.

Lahirlah kombinasi dari bisnis dan teknologi yang kemudian kita sebut sekarang sebagai Bisnis Online. Berdasarkan nama pun pastinya Anda sudah bisa menebak, bahwasanya hal di atas merupakan kegiatan yang dilakukan secara virtual, yang berarti transaksi di sana tidak mengharuskan adanya kehadiran unsur fisik manusia.


Wah, sepertinya lumayan ribet juga mencernanya, ya?


Baiklah kalau begitu, dalam artikel kali ini penulis akan mencoba menjelaskan tentang Bisnis Online itu secara mudah dan sederhana.


Apa itu Bisnis Online?


Bisnis Online merupakan sebuah aktivitas jual-beli barang dan jasa, yang dalam pemasarannya menggunakan jejaring market place, social media dan hal yang berhubungan di internet. Sehingga proses pemasaran dan penjualan pun menjadi lebih mudah, serta tak terbatas ruang dan waktu saja.


Kebanyakan orang mungkin akan berkata bahwa bisnis online sendiri secara sederhananya ialah aktivitas jual-beli yang kegiatannya dilakukan di dunia maya. Well, anggapan itu tidak sepenuhnya salah, namun juga tidak sepenuhnya benar.


Sebab dalam bisnis online sendiri, membutuhkan perlakuan dan cara yang khusus, berbeda dengan melakukan bisnis di dunia nyata.


Mengapa demikian?


Gampangnya seperti ini, dalam bisnis di dunia nyata, Anda bisa langsung bertemu dengan penjual atau pembeli. Kemudian, dengan penuh rasa pun Anda dapat melihat, mendengar, menyentuh apa yang mereka jual atau tawarkan.


Sedangkan di kubu lain, bisnis online tidak terlalu menonjol aktivitas fisik itu, karena transaksi yang dilakukan merupakan virtual, yang berarti tidak ada kehadiran personal secara utuh di sana. Obrolan atau penawaran pun hanya berupa kata-kata atau suara dan video jarak jauh. Jadi, di sinilah letak perlakuan khusus harus mulai dipergunakan.


Merujuk pada definisi di atas, maka timbullah sebuah perlakukan khusus yang harus dilakukan oleh para pebisnis online dan pembeli online dalam bisnis ini.


Apa sajakah itu?



1. Kepercayaan

Hal ini merupakan sifat mendasar yang harus ditanamkan, baik oleh penjual atau pembeli.

Kepercayaan akan mampu membangun keutuhan dalam bisnis online. Alasan sederhananya karena kalian tidak bertatap muka di sana, terpisah jarak dan waktu, serta tak ada perasaan yang bisa dirasakan secara langsung.


Jadi, kepercayaan ini haruslah bisa ditimbulkan oleh para pelaku usaha pada konsumennya. Buatlah mereka percaya pada apa yang Anda jual, yakinkan mereka dan kemudian jaga hal itu dengan sangat baik.


Sehingga Anda sebagai penjual akan dipercaya dan hal itu jelas berdampak positif bagi bisnis Anda.


Untuk para pembeli pun demikian, kalian harus bisa berusaha mencari tahu seberapa serius penjual menjual produk yang Ia tawarkan. Seberapa spesifik Ia mampu menjelaskan bisnis onlinenya.


Anda sebagai pembeli pun jangan mudah tergiur rayuan palsu, namun jangan juga asal menuduh. Sebab bilamana Anda sudah tahu betapa mudahnya membeli online ini, maka Anda pun akan semakin gemar dalam membeli.



2. Kejujuran

Selanjutnya, yang perlu diperhatikan oleh para pebisnis atau pembeli ialah kejujuran.

Tentu setelah pembeli percaya pada produk yang Anda jual, maka Anda pun sebaiknya jujur pada mereka. Hal itu akan lebih membangun bisnis dan reputasi secara signifikan.


Bila Anda jujur, tentu konsumen pun akan merasa mujur telah menemukan penjual seperti Anda.


Jangan lakukan hal sebaliknya, hanya karena berharap dagangan Anda cepat laku. Sebab bila sekali kejujuran dilukai dalam bisnis online, maka dampak buruk pun akan terus menghantui bisnis Anda itu.


Anda yang bertindak sebagai pembeli pun harus pula berlaku demikian. Kejujuran Anda merupakan modal awal yang membangun kejujuran mereka juga.


Jangan sampai penjual telah jujur, namun Anda sebagai pembeli malah menciderai kejujuran mereka.



3. Komunikasi

Berikutnya adalah hal yang akan sering digunakan dalam bisnis online.
Yap! Komunikasi. Dalam kasus ini bukan hanya bicara soal obrolan semata, melainkan sebuah hal yang akan membangun dua sifat sebelumnya, yakni kepercayaan dan kejujuran.


Bisnis online dikenal dengan cara komunikasi yang tidak umum, sebab Ia hanya menempatkan medium komunikasinya pada sebuah kata, suara dan video. Tanpa adanya interaksi fisik secara langsung.


Jadi, bagi para penjual, guna membangun komunikasi baik ini, mereka harus sebisa mungkin menggunakan kata-kata yang enak dibaca, suara yang lembut, dan video yang sopan.


Karena tanpa hal di atas, saya yakin bisnis online Anda tidak akan berjalan dengan baik, karena komunikasi yang dijalin akan menjadi sangat buruk dan menurunkan kegairahan para pembeli.


Begitu pun mereka yang berperan sebagai pembeli, jangan sampai Ia melupakan komunikasi yang baik.


Sebab Jika Ia melupakannya, maka respons yang diberikan pun akan sesuai.
Tentu dua hal di atas berdampak secara langsung bagi penjual dan pembeli sekalian, bukan?


Nah, sebenarnya tiga hal itu hanya dasarnya saja dalam sebuah bisnis online. Selanjutnya, bila Anda sudah tertarik dalam sebuah bisnis online, maka kami pun tidak akan segan untuk memaparkan beberapa tips yang sudah kami rangkum bagi Anda sekalian.



Inilah Beberapa Kiat Dalam Memulai Bisnis Online

1. Tentukan tujuan

Bukan hanya dalam bisnis online, bisnis lain pun pastinya akan memiliki sebuah tujuan. Bedanya tujuan di sini lebih merujuk pada untuk siapa, kenapa, di mana dan kapan Anda melakukan bisnis online ini.

Bila Anda sudah punya salah satu jawaban, semisal saya akan melakukan bisnis jual-beli hijab, di Facebook karena saya punya beberapa stock kerudung yang sudah tidak terpakai. Saya akan memulai bisnis online ini mulai dari hari ini, dengan cara yang kreatif.


Dengan memiliki tujuan yang jelas di atas, maka Anda pun sudah dikatakan siap untuk memulai bisnis di ranah online.



2. Riset Pasar

Selanjutnya, setelah punya tujuan maka Anda harus menganalisa pasar terlebih dahulu. Bila tujuannya sama dengan yang di atas, yakni jualan hijab, maka Anda harus cari akun jualan yang sejenis dan lihat segmentasi pasar mereka.

Dengan demikian Anda pun sudah tahu seberapa besar potensi di bisnis online tersebut.



3. Membangun Jaringan

Setelah tujuan dan riset pasar diketahui, maka berikutnya Anda perluas jaringan yang sesuai dengan hasil riset tadi.

Perbanyakan teman dekat, orang dekat, yang sangat potensial untuk menjadi pembeli pertama dari produk yang Anda jual itu.



4. Marketing

Jaringan sudah didapat, so Anda sudah siap memasarkannya secara online. Buatlah strategi marketing dasar yang bisa dikembangkan dan diolah sendiri. Jangan masuk ke ranah yang sulit dulu, karena bisa jadi Anda malah akan pusing sendiri.


5. Fokus dan Konsisten

Jika sudah dilakukan hal-hal di atas, maka kunci terakhirnya adalah fokus pada semua kemampuan diri Anda pada bisnis online ini. Pegang teguh tujuan tadi dan jangan mudah goyah. 
Baca Juga :
Anda pun harus konsisten, sebab para pelaku bisnis yang sukses adalah mereka yang konsisten dan tidak mudah menyerah.

Demikianlah sebuah pemaparan singkat tentang semua hal dalam bisnis online. Karena Anda sudah siap, maka segera lakukan sekarang!
loading...
 GROSIR PULSA MURAH ALL OPERATOR

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam

loading...