Tips Sukses Menjalankan Bisnis Cafe Kecil-kecilan

shares |

loading...
Tips Sukses Menjalankan Bisnis Cafe Kecil-Kecilan

Saat ini bisnis cafe memang sudah menjamur, terlebih di perkotaan. Tapi bukan berarti bisnis ini sudah tidak memiliki prospek. Walaupun persaingan ketat, namun karena pangsa pasarnya luas dan selalu ada sampai kapanpun, maka bisnis ini layak di geluti.

Untuk memulainya dan meminimalisir resiko, sebaiknya bangun bisnis cafe kecil-kecilan dulu. Bila sudah terlihat hasilnya baru di perbesar.

Nah, jika Anda tertarik menggeluti bisnis cafe, berikut kami telah rangkum tips-tips untuk persiapan, rincian biaya yang dibutuhkan, tips sukses dan lainnya. Silahkan disimak


Persiapan Memulai Bisnis Cafe Kecil-kecilan

1. Tekad kuat

Persiapan pertama sebelum memulai bisnis, termasuk bisnis cafe adalah tekat yang kuat. Itu adalah modal awal yang wajib dimiliki karena hal tersebut akan menjadi salah satu penentu kesuksesan bisnis Anda.

Bisnis tidak selalu bicara tentang keuntungan, adakalanya Anda harus mampu bertahan dan terbiasa dengan kata rintangan, kegagalan, rugi dan hal buruk lainnya. Jadi, jika diawal sudah punya tekat yang kuat, maka kemungkinan besar bisa melalui hal-hal buruk tersebut.


2. Produk


Setelah punya tekad yang kuat, selanjutnya Anda harus menentukan produk apa yang akan dijual di cafe tersebut. Jenis makanan berat, atau hanya makanan ringan dan berbagai minuman. Harus menjadi keyakinan Anda, bahwa apapun yang akan dijual merupakan produk yang bernilai jual.


3. Modal


Selanjutnya adalah modal. Modal dalam suatu usaha tentunya relatif, besar kecilnya tergantung seberapa besar usaha atau cafe yang dibangun. Jadi pada tahap ini Anda harus menghitung dan merinci berapa modal yang harus dikeluarkan, mulai dari biaya sewa lokasi, bangunan, tenaga kerja, alat-alat yang dibutuhkan, bahan-bahan makanan atau minuman dan lain sebagainya.

Pastikan modal Anda telah mencukupi untuk biaya tersebut. Sebaiknya masih ada sisa uang sebagai cadangan jika sewaktu-waktu terdapat biaya tidak terduga.


4. Lokasi


Penentuan lokasi juga sangat penting. Karena jika salah menentukan lokasi, bisa membuat usaha yang dijalankan gagal ditengah jalan. Jadi, pastikan mencari lokasi strategis yang cocok dengan produk jualan Anda.

Karena kebanyakan pelanggan cafe adalah anak muda, maka sebaiknya cari tempat yang tidak jauh dari kampus, atau tempat keramaian lainnya yang mudah didatangi kaum remaja.


5. Tenaga kerja


Terakhir yang harus dipersiapkan adalah tenaga kerja. Tentunya ini disesuaikan dengan kapasitas cafe yang ingin dijalankan. Jika ingin membukanya kecil-kecilan dulu, Anda cukup melibatkan orang rumah, entah itu orang tua, istri atau saudara sebagai tenaga kerjanya. 


Rincian Biaya Bisnis Cafe Kecil-kecilan

Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis cafe kecil-kecilan tidak terlalu besar, apalagi jika Anda membuatnya dengan sistem patungan. Modalnya dari beberapa orang dan mengelola cafe juga bersama, sehingga tidak perlu menggaji karyawan khusus untuk menjalankan cafe tersebut.

Berikut ini beberapa rincian biaya yang diperlukan untuk memulai bisnis cafe, dengan asumsi bahwa cafe tersebut dijalankan bersama saudara atau teman dekat, tanpa menggaji karyawan khusus untuk mengelolanya. 

Perincian biayanya ini tentunya hanya sebagai gambaran Anda:

  • Sewa bangunan : Rp 20.000.000,-
  • Meja dan kursi : Rp   4.000.000,-
  • Peralatan dapur (masak memasak)                   : Rp   6.000.000,-
  • Peralatan makan dan minum : Rp   3.000.000,-
  • Bahan makanan dan minuman : Rp   2.950.000,-
  • Etalase cafe : Rp   5.000.000,-
  • Fasilitas penunjang (wifi dan perpustakaan mini) : Rp   3.250.000,-
  • Biaya lain-lain (termasuk promosi) : Rp   2.600.000,-
  • Jumlah : Rp 46.800.000,-


Peralatan yang Dibutuhkan untuk Memulai Bisnis Cafe

Peralatan dapur :

  1. Kompor gas
  2. Wajan, panci dan perlatan masak lainnya
  3. Blender
  4. Oven
  5. Kulkas
  6. Lemari penyimpanan
  7. Meja dapur
  8. Lain-lain

Peralatan/sarana penunjang lainnya:

  1. Meja, kursi dan etalase
  2. Berbagai jenis lampu-lampu (termasuk untuk hiasan)
  3. Berbagai macam pajangan dan hiasan lainnya yang akan menjadi ciri khas cafe Anda
  4. Wifi dan perpustakaan mini (berbagai macam buku bacaan)
  5. Lain-lain

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Cafe 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa sukses dan bertahan dalam menjalankan suatu bisnis, termasuk bisnis cafe. Nah, berikut diantaranya :


1. Lokasi strategis


Untuk usaha cafe, sebaiknya lokasi yang dipilih berdekatan dengan tempat keramaian, misalnya lokasi perkantoran atau jika sasaran konsumen Anda adalah mahasiswa, sebaiknya lokasinya berdekatan dengan kampus, dekat alun-alun dan lainnya. Lebih bagus lagi jika lokasi tersebut, dekat dengan tempat nongkrong anak muda dimalam hari.


2. Menu yang lezat dan terjangkau


Menu makanan dan minuman yang disediakan sebaiknya murah meriah sehingga masih terjangkau dengan kantong mahasiswa. Tapi tetap harus diperhatikan kebersihan, penampilan makanan dan minuman yang disajikan, serta cita rasanya.

Pilihlah menu makanan yang unik dan berbeda dengan cafe lainnya, untuk meminimalisir persaingan, tetapi tentunya menu tersebut harus banyak penggemarnya. 


3. Fasilitas penunjang 


Zaman sekarang, banyak orang ke cafe tidak hanya sekedar untuk makan dan minum saja tapi untuk bersantai, foto-foto bahkan untuk mengerjakan tugas sekolah dan kampus (bagi pelajar dan mahasiswa). Sehingga harus kreatif dalam mendesain dan membuat cafe Anda sebagai tempat yang nyaman untuk nongkrong.


4. Promosi yang murah meriah


Promosi atau iklan adalah hal yang sangat penting dalam bisnis. Namun jangan sampai membuat biaya operasional membengkak gara-gara promosi yang gencar.

Kalau bisnis cafe tersebut masih skala kecil, sebaiknya carilah strategi promosi yang murah meriah namun tetap efektif. Salah satu cara yang kami rekomendasikan adalah dengan mempromosikan memalui jaringan internet.

Memanfaatkan media sosial sebagai sarana pengenalan produk, bisa melalui facebook, instagram, twiter dan lain - lain. Bisa juga membuat website khusus untuk cafe Anda sehingga terlihat lebih profesional.

Untuk menarik banyak pelanggan, tidak ada salahnya memberi kupon atau diskon khusus kepada pelanggan dengan syarat-syarat tertentu. Pemberian kupon dan diskon ini biasanya membuat remaja antusias, sehingga cafe Anda makin dikenal dan populer.


5. Pengelolaan keuangan yang baik


Hal penting lainnya yang pastinya sangat penting adalah pengelolaan keuangan. Penjualan yang tinggi, keuntungan yang besar, tidak akan berguna jika keuangannya tidak dikelola dengan baik.


6. Pelayanan yang prima


Ini juga menjadi penentu kesuksesan suatu bisnis. Pelayanan yang baik dan maksimal terhadap pelanggan, bisa menjadi nilai plus serta modal Anda dalam bersaing dengan cafe sejenis.
Baca Juga :
Itulah beberapa tips jitu dalam memulai bisnis cafe kecil-kecilan dan tips sukses menjalankannya. Silahkan dicoba, semoga sukses.

loading...

Rekomendasi

2 komentar:

  1. nah.. bener banget ini.. bikin kafe g sembarangan asal punya duit terus udah.. di situbondo mulai banyak kafe tapi targetnya g jelas. antar kafe makanannya ya gitu2. sama aja. g ada yg khas... trus minim promosi.. ya cm asal jadiin aja... kadang tempatnya asal asalan... pelayanannya biasa aja... malah suka akward gt waiternya.. jengkel.. wkwkwk

    #malah curhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha ha ha , , , ya seperti itulah masyarakat kita kang. Jiwa ikut-ikutannya masih kuat, jadinya hanya menduplikasi usaha orang lain tanpa adanya sentuhan kreatifitas, mulai dari teknik penyajian sampai jenis jajanan yang ditawarkan.

      Mungkin mereka berpikir, asal ada modal, buka dipinggir jalan nanti para konsumen akan mampir sendiri.

      Padahal tidak sesederhana itu untuk bisa sukses mengikuti jejak orang lain.

      Delete

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam. Link hidup otomatis difilter.