Konsep Sederhana untuk Menentukan Jenis Usaha dengan Modal Kecil

shares |

Konsep Sederhana untuk Menentukan Jenis Usaha dengan Modal Kecil

Setelah terjun dalam dunia bisnis, banyak sekali pengetahuan yang saya dapatkan. Salah satunya adalah jenis usaha dengan modal kecil yang cocok untuk seorang pemula.

Anda tentunya sudah sering membaca artikel soal jenis usaha yang cocok, baik untuk karyawan, pemula, ibu rumah tangga atau mahasiswa.

Namun, yang akan saya jabarkan bukan sekedar jenis usahanya melainkan konsep sederhana suatu usaha. Sehingga apapun usaha yang Anda inginkan, harusnya kembali pada konsep tersebut.

Konsep Sederhana dalam Menentukan Jenis Usaha dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

Membangun suatu usaha pastinya butuh modal, modal uang sudah pasti. Saya tidak menyalahkan orang yang mengatakan membangun usaha bisa dilakukan tanpa modal.

Tapi kenyataannya, modal selalu dibutuhkan walaupun itu bersumber dari hasil kerjasama dengan pihak lain.

Yang harus Anda ketahui, jika ingin membangun usaha dengan modal kecil adalah jenis usaha yang tidak memiliki banyak jenis barang.

Ketika Anda memilih jenis bisnis yang memiliki ragam barang yang banyak, maka untuk memenuhi kelengkapan barang dagangan pastinya membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Salah satu yang sangat penting dalam hal berdagang adalah kelengkapan barang dagangan. Bukan semata-mata harga yang kita pasang lebih murah dari pesaing.

Banyak orang saat ini sudah tidak mementingkan harga, karena berbagai faktor. Misalnya, ketika seseorang berdomisili di kota yang padat seperti jakarta. Konsumen akan condong mampir pada toko yang lengkap, karena berhubungan dengan faktor waktu.

Mereka tidak ingin menyita waktu dengan berpindah-pindah dari toko yang satu ke toko yang lainnya untuk mencari barang yang diinginkan.

Dengan kecendrungan konsumen seperti itu di tahun-tahun yang akan datang, maka sebagai calon pengusaha yang masih minim akan modal seharusnya memilih jenis usaha yang tidak banyak itemnya.

Sehingga, modal yang ada dapat optimal untuk beberapa item saja. Jenis usaha dalam kategori ini adalah usaha jasa. Usaha jasa hanya membutuhkan keterampilan dan sedikit modal untuk keperluan pembelian alat atau bahan pendukung dalam menjalankan usaha.

Kalau melihat pada usaha jual beli, Anda bisa memilih usaha seperti jualan tiket, jualan pakaian dalam, jualan beras dan masih banyak yang lainnya.

Jangan sampai dengan modal yang minim, Anda memulai usaha seperti toko bangunan, toko listrik, toko ATK, toko perlengkapan rumah tangga atau minimarket.

Usaha tersebut memiliki ribuan item yang harus Anda persiapkan dalam memulai usaha. Bayangkan kalau Anda cuma memiliki modal 50 Juta, sampai dimana kemampuan Anda menyediakan kelengkapan barang dagangan?

Jika modal awal untuk menyediakan barang dagangan 50 juta, maka menurut pengetahuan saya, Anda harus menyiapkan dana minimal 3 kali lipatnya.

Dalam beberapa bulan, Anda akan berhadapan soal pencaritahuan barang apa yang sering laku dan barang seperti apa membutuhkan waktu yang cukup lama untuk terjual.

Sehingga dalam proses tersebut, harus ada suntikan dana untuk melakukan pengadaan barang. Tidak menunggu keuntungan yang ada untuk diputar lagi.

Jadi, jika Anda ingin terjun dalam dunia usaha dengan modal kecil, pertimbangkan baik-baik soal jumlah item barang dagangan sebagai target usaha.
Baca juga :
Jangan sampai terlena dengan kesuksesan yang diraih oleh pendahulu Anda tanpa memperhatikan berapa besar modal mereka untuk mencapai kesuksesan tersebut.

Semoga apa yang kami paparkan dapat bermanfaat. Salam
loading...
 GROSIR PULSA MURAH ALL OPERATOR

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam

loading...