Ingin Berwirausaha? Berikut 3 Jurusan SMK yang Bagus untuk Wanita

Jurusan SMK yang Bagus untuk Wanita - Tata Busana
Sumber : Instagram/tatabusana_smksabilurrasyad

Sejatinya, semua jurusan yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan bagus untuk wanita. Namun, jika bercita-cita menjadi seorang pengusaha, maka kamu perlu jeli dalam memilih jurusan.

Ada beberapa jurusan di SMK itu sangat identik dengan praktek mandiri. Maksudnya, mengarahkan muridnya untuk mandiri dengan membangun usaha, baik itu usaha mikro, usaha kecil ataupun usaha menengah.

Agar lebih jelas, simak pemaparan kami berikut ini :

Jurusan SMK yang Bagus untuk Wanita Jika Ingin Menjadi Pengusaha

1. Tata Boga

Jurusan SMK yang Bagus untuk Wanita - Tata Boga
Sumber : Instagram/tatabogasmk57

Jurusan pertama adalah tata boga. Kenapa? Karena usaha yang paling mudah dijalankan dewasa ini adalah usaha kuliner. Ketika kamu memiliki ilmu masaknya, dengan peralatan seadanya (memboyong peralatan dapur dari rumah), kamu sudah bisa membuka usaha kuliner.

Selain kemudahan tersebut, kamu juga perlu tahu bahwa keuntungan yang diperoleh dari usaha kuliner itu sangat menggiurkan. Kamu bisa memperoleh keuntungan hingga 100% lebih dari modal.

Gimana tertarik mengambil jurusan tata boga ini?

Oh ia, perlu kamu ketahui, di jurusan ini kamu akan diajarkan cara memasak berbagai jenis makanan. Mulai dari makanan khas daerah sampai mancanegara.

Selain itu, materi pendukungnya pun akan kamu pelajari seperti membuat jajanan, olahan minuman, mempercantik tampilan makanan sampai menghitung kalori pada setiap masakan yang disajikan.

2. Tata Kecantikan Kulit dan Rambut

Jurusan SMK yang Bagus untuk Wanita - Tata Kecantikan Kulit dan Rambut
Sumber : Instagram/kecantikan_smkdw

Setelah tata boga, jurusan smk yang bagus untuk wanita adalah jurusan kecantikan kulit dan rambut. Jurusan ini juga termasuk yang paling baik prospeknya ketika kamu berniat mengembangkan usaha.

Dalam jurusan tata kecantikan kulit, kamu akan belajar facial wajah baik secara manual ataupun menggunakan teknologi, manicure, padicure, body treatment/SPA, rias pengantin, rias panggung, rias karakter dan sebagainya.

Sementara untuk rambut, kamu akan mempelajari ilmu creambath, hair SPA, hair mask, pewarnaan rambut, smooting, sanggul dan lain-lain.

Usaha seperti apa yang dapat kamu jalankan jika menguasai ilmu di jurusan kecantikan kulit dan rambut ini?

Banyak sekali, kamu bisa membuka salon kecantikan, salon rambut, usaha rias pengantin ataupun make up artis.

3. Tata Busana

Jurusan SMK yang Bagus untuk Wanita - Tata Busana
Sumber : Instagram/tatabusana_smksabilurrasyad

Terakhir adalah jurusan tata busana yang juga memiliki prospek menjanjikan dalam dunia usaha. Dalam jurusan tata busana ini, kamu akan belajar yang paling dasar yaitu cara menjahit baju.

Selain itu, kamu juga akan belajar mendesain baju, mengenal jenis bahan atau material kain, membuat pola serta belajar menambah estetika dari sebuah pakaian sehingga meningkatkan nilai pakaian itu sendiri.

Baca Juga :

Semua yang kamu pelajari itu merupakan bekal untuk membangun usaha seperti membuka usaha jahit baju atau menjadi desainer. Bahkan dengan pengetahuan berbagai jenis bahan kain yang kamu miliki, kamu juga bisa membuka toko kain seperti yang umumnya digeluti orang keturunan India di Indonesia.

Itulah 3 jurusan smk yang bagus untuk wanita jika berkeinginan untuk menjadi seorang entrepreneur. Semoga menjadi pencerah ya. Salam




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.