Awal Perkenalanku dengan Tokopedia dalam Belanja Online

0
Belanja Online di Tokopedia


Ketika ada yang menyebut nama tokopedia pada akhir tahun 2009, mungkin Anda masih bingung dengan bertanya balik “itu situs informasi yang seperti wikipedia.org atau makanan apa ya? 🙂“. Jelas saja, karena brand yang diusung oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison itu baru diluncurkan pada pertengahan tahun 2009.

Perkenalanku dengan tokopedia ini berawal dari seringnya berbelanja online pada saat bekerja di salah satu perusahaan pertambangan. Ketika seseorang bekerja dengan tingkat aktifitas yang tinggi, maka tentu akan mencari suatu cara baru dalam memenuhi kebutuhannya.

Salah satu faktor itulah, saya mulai memenuhi kebutuhan dengan cara belanja online. Sebelum mengenal tokopedia, saya sering belanja di beberapa toko online. Maklum, dulu belum ada layanan yang menyediakan berbagai produk kebutuhan sehari-hari secara lengkap.

Dengan tingginya tingkat aktifitas dalam belanja online tersebut, maka saya terus mencari, pindah dari situs satu ke situs lainnya dan akhirnya menemukan situs yang asing dimata saya. Tapi, melihat tampilan situs dengan corak yang hijau ceriah, membuatku tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang situs ini.

Situs yang saya maksud adalah tokopedia. Tanpa ragu, saya mencoba mendaftar dan melakukan transaksi pertamaku (saat itu masih bingung cara registrasi). Transaksi pertama sukses dan saya merasa sangat aman karena uang yang ditransfer tidak langsung masuk ke akun seller.

Namun suatu waktu, terdapat kegagalan transaksi pengiriman yang disebabkan adanya faktor dari luar. Kalau tidak salah, ketika itu saya membeli sebuah produk cair yang ternyata tidak dapat dikirim melalui pesawat.

Sontak, masalah ini membuatku bingung. Uang yang sudah saya transfer gimana? Apakah bisa dikembalikan? dan masih banyak lagi pertanyaan yang menghampiri otakku.

Karena respon yang cepat dari tokopedia, membuat 1001 pertanyaan yang ada dalam pikiranku menghilang tanpa bekas. CS tokopedia berhasil menyelesaikan permasalahan tersebut dengan cukup apik.

Note : “Semoga respon cepat dari tokopedia dapat dipertahankan”.

Tokopedia Berkembang Cukup Pesat

Melihat perkembangan tokopedia saat ini memang luar biasa, tidak terpikirkan waktu itu. Saya kira, marketplace tokopedia hanya akan seperti toko-toko online lainnya, “Hidup segan, mati pun tak mau“.

Ternyata, anggapan itu jauh sekali dari yang terjadi saat ini. Tokopedia terus berkembang dan menjadi salah satu marketplace terbaik di Indonesia. Berbagai layanan dikembangkan, seperti pembelian pulsa, pembayaran tagihan, angsuran kredit sampai pesan tiket kereta api secara online dapat dilakukan di tokopedia.

Tidak sabar, saya langsung menjajal salah satu layanan barunya yaitu mengisi pulsa listrik pra bayar. Berdasarkan dari pengalaman tersebut, layanan pengisian pulsanya tidak kalah dengan perusahaan pulsa multi operator yang banyak di luar sana. Proses transaksi sangat cepat dan tentunya harga yang sangat bersahabat.

Untuk melakukan transaksi berbagai produk digital dari tokopedia, sangat disarankan untuk memanfaatkan sistem tokocashnya. Sistem tokocash ini adalah menyimpan saldo dalam akun terlebih dahulu dan jika melakukan transaksi, maka saldo akan dipotong sesuai dengan nilai harga dari produk yang diorder.

Sehingga transaksi langsung diproses tanpa melalui beberapa tahapan jika melakukan pembayaran dengan cara lama.

Baca Juga :

Itulah sedikit cuap-cuap saya tentang tokopedia. Dengan sepak terjangnya lebih dari 8 tahun dalam dunia digital, saya yakin tokopedia salah satu toko online terpercaya yang patut menjadi teman hidup Anda saat ini.

Akhir kata, semoga menjadi bahan bacaan yang menarik. Salam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.