>

$show=post

Efektif Mana, Gedung Walet Tanpa atau dengan Menggunakan Rumah Monyet

BAGIKAN:

Efektif Mana, Gedung Walet Tanpa atau dengan Menggunakan Rumah Monyet

Banyak petani walet yang bingung dengan desain rumah walet yang ingin digunakan, salah satunya adalah membangun gedung walet menggunakan rumah monyet atau tidak.

Melihat dari fungsi utama dari rumah monyet, yaitu untuk meninggikan gedung sehingga posisi dari LMB (Lubang Masuk Burung) juga berada pada ketinggian maksimal. Salah satu tujuannya adalah mempercepat walet muda beradaptasi.

Selain itu, penggunaan rumah monyet juga bertujuan untuk mengurangi intensitas cahaya yang masuk dalam ruang inap dari gedung walet itu sendiri. Namun, pada poin ke dua ini, tidak menjadi keharusan karena walapun tanpa rumah monyet, kita dapat mengatur intensitas cahaya yang masuk ke gedung dengan penggunaan sekat (baik sekat full maupun gantung).

Nah, sampai disini mungkin Anda yang sedang mencari informasi mengenai desain gedung walet yang proporsional sudah mendapat bayangan bagaimana desain yang seharusnya menjadi pilihan.

Agar lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini :


Burung Walet Mencari Tempat yang Aman

Burung walet selalu mencari daerah yang lebih aman untuk bertahan hidup, salah satunya adalah akan mencari tempat beristirahat di area ketinggian. Maka dari itu, salah satu desain gedung walet adalah harus lebih tinggi dari bangunan lainnya (gedung kompetitor atau pepohonan yang ada di sekitar gedung).

Sehingga dengan demikian, walet tidak ragu melakukan adaptasi pada sebuah gedung yang memiliki LMB lebih tinggi dari pada gedung, pohon atau benda lainnya.

Yang ingin saya sampaikan pada poin ini adalah jika gedung yang Anda bangun sudah memiliki ketinggian yang proporsional, maka buat apa menambahkan rumah monyet? Kecuali Anda beralasan karena estetika atau Anda lebih suka melihat gedung yang memiliki rumah monyet.

Yang kedua yang ingin saya sampaikan dan tidak kalah pentingnya adalah ketika burung walet masuk melalui LMB, maka hewan tersebut akan keluar masuk dari gedung dan sekali kali menempel pada dinding ruangan (rumah monyet atau ruang putar).

Sebagian besar burung walet ketika masuk melalui LMB dan ingin menempel untuk memperhatikan suasana gedung, maka cenderung akan menukik ke atas untuk mencari pijakan yang aman.

Nah, melihat dari karakter burung walet demikian, maka sebaiknya jika Anda menggunakan rumah monyet, pasanglah sirip kayu (sejenis) pada area tersebut sebagai wadah si walet dalam melakukan pengintaian.

Saya tidak membahas soal gedung walet tanpa monyetan karena pada gedung dengan desain tersebut umumnya terdapat sirip pada area putar (nesting room).


Burung Walet Muda Takut Masuk

Fokus utama gedung baru adalah bagaimana caranya menarik walet muda masuk dan menginap. Melihat karakter dari walet muda yang penakut, maka kebanyakan walet muda tersebut hanya akan bermain di area agak terang pada sebuah gedung.

Maka dari itu, penggunaan rumah monyet pada gedung walet sebetulnya mempersulit tercapainya tujuan kita sebagai pemilik gedung karena ruang selain rumah monyet sudah termasuk cukup gelap.

Selain dari faktor intensitas cahaya tersebut, walet muda biasanya tidak selincah walet yang sudah berumur dalam melakukan manuver sehingga keberadaan rumah monyet akan mempersulit walet masuk dan menyusuri ruang inap.
Baca Juga :
Itulah beberapa poin penting soal gedung walet menggunakan rumah monyet atau tidak. Semoga bermanfaat

COMMENTS

BLOGGER
>



loading...



Name

ASURANSI,7,BISNIS KULINER,11,BISNIS ONLINE,15,BISNIS SAMPINGAN,15,BISNIS WARALABA,11,BITCOIN,6,BLOGGING,10,FOREX,8,GADGET & APLIKASI,3,INVESTASI,14,INVESTASI EMAS,2,INVESTASI SAHAM,4,KEUANGAN,13,KISAH INSPIRATIF,10,PELUANG BISNIS PERKEBUNAN,16,PELUANG BISNIS PETERNAKAN,20,PELUANG USAHA,105,PELUANG USAHA BAGI PEMULA,10,PELUANG USAHA MAHASISWA,4,PELUANG USAHA PERTOKOAN,6,PELUANG USAHA PROPERTI,12,PERIZINAN,15,REVIEW PRODUK,7,SEO,5,SPONSORED,5,TIPS BISNIS,84,TOKOH,3,TUTORIAL,4,WALET,13,
ltr
item
Anak Dagang: Efektif Mana, Gedung Walet Tanpa atau dengan Menggunakan Rumah Monyet
Efektif Mana, Gedung Walet Tanpa atau dengan Menggunakan Rumah Monyet
Banyak petani walet yang bingung dengan desain rumah walet yang ingin digunakan, salah satunya adalah membangun gedung walet menggunakan rumah monyet atau tidak.
https://2.bp.blogspot.com/-i8Uc6T5oOwU/WxwdLsgXACI/AAAAAAAAEXc/g3tWWWPzwIYU0lKHqrqRTm3upUnZsP4DACLcBGAs/s640/Efektif%2BMana%252C%2BGedung%2BWalet%2BTanpa%2Batau%2Bdengan%2BMenggunakan%2BRumah%2BMonyet.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-i8Uc6T5oOwU/WxwdLsgXACI/AAAAAAAAEXc/g3tWWWPzwIYU0lKHqrqRTm3upUnZsP4DACLcBGAs/s72-c/Efektif%2BMana%252C%2BGedung%2BWalet%2BTanpa%2Batau%2Bdengan%2BMenggunakan%2BRumah%2BMonyet.jpg
Anak Dagang
https://www.anakdagang.com/2018/06/efektif-mana-gedung-walet-tanpa-atau-dengan-menggunakan-rumah-monyet.html
https://www.anakdagang.com/
https://www.anakdagang.com/
https://www.anakdagang.com/2018/06/efektif-mana-gedung-walet-tanpa-atau-dengan-menggunakan-rumah-monyet.html
true
8897343119264651685
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Balas Cancel reply Hapus By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy