>

$show=post

Cara Mengurus Izin Home Industri

BAGIKAN:

Cara Mengurus Izin Home Industri

Mendirikan bisnis skala rumahan atau home industri tentu menjadi pilihan tepat, di tengah miniminya lapangan kerja saat ini. Banyak pilihan jenis usaha yang bisa ditekuni dan modal yang diperlukan pun juga fleksible, tergantung kemampuan finansial yang dimiliki.

Mengenai tenaga kerja, bisa melibatkan anggota keluarga di rumah, tetangga, atau lainnya. Karena biasanya, tidak diperlukan skill khusus dengan persyaratan yang sulit.

Banyak yang mengawali usaha ini dari iseng, coba-coba atau dari pengembangan hobi, namun pada akhirnya menghasilkan omzet yang menggiurkan tiap bulannya.


Syarat Mengajukan Perizinan Home Industri

Sebelum Anda mendistribusikan produk ke masyarakat, Anda memerlukan yang namanya PIRT. Ini penting disiapkan sebagai perizinan usaha berupa produk makanan/minuman rumahan yang beredar di masyarakat umum, untuk membuktikan jika produk tersebut terjamin keamanan dan kehalalannya.

Nomor PIRT ini digunakan untuk produk makanan/minuman yang masa kadaluarsanya bertahan di atas 7 hari. Perlu diketahui, nomor PIRT tahun ini memiliki perubahan jumlah dari yang awalnya 12 digit menjadi 15 digit. Izin ini aktif selama 5 tahun dan dapat diperpanjang pada tahun setelahnya.

Berbeda dengan makanan/minuman yang memiliki masa kadaluarsa dibawah 7 hari, akan dimasukkan dalam golongan makanan Layak Sehat Jasa Boga, dan mendapat nomor PIRT dengan masa 3 tahun.

Pengurusan Izin Home Industri ini dilimpahkan ke Dinas Kesehatan pemerintah kabupaten/kota dan lama pengurusannya tergantung masing-masing pemerintah daerah, biasanya hanya sekitar 1-3 minggu.

Nah, dibawah ini akan kami bagikan beberapa persyaratan umum yang biasanya diperlukan untuk mengurus Izin Home Industri :
  1. Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) Pemilik dan pasangan (jika sudah menikah)
  2. Pas Foto 3x4 pemilik sebanyak 3 lembar
  3. Surat Keterangan domisili/lokasi usaha, biasanya dikeluarkan oleh kantor kecamatan.
  4. Surat pemeriksaan kesehatan usaha dari puskesmas/dokter (untuk pemeriksaan umum kesehatan dan sanitasi tempat usaha)
  5. Denah tempat usaha
  6. Denah bangunan/gedung usaha
  7. Surat permohonan izin produksi makanan/minuman yang ditujukan kepada Dinas Kesehatan
  8. Data produk makanan/minuman yang diproduksi (termasuk jika berbeda rasa/varian)
  9. Sampel hasil produksi makanan/minum yang diproduksi (termasuk jika berbeda rasa/varian)
  10. Label produk yang akan digunakan dalam memasarkan produk.
Untuk beberapa makanan/minuman tertentu (susu dan hasil olahannya, makanan beku, makanan kalengan, makanan bayi, produk mengandung alkohol, air minum mineral/kesehatan dan beberapa produk lain) harus mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) karena harus memenuhi beberapa standar Nasional Indonesia (SNI).


Prosedur Pengurusan Izin Home Industri

  1. Pemohon mengajukan surat permohonan izin home industri secara tertulis dan ditujukan kepada kepala (pimpinan) Dinas Kesehatan dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku disetiap daerah.
  2. Dinas kesehatan kemudian akan melihat surat permohonan apakah sudah sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang telah diatur. Lalu akan melakukan pemeriksaan berkas (persyaratan) selama satu hari. Proses persetujuan selama satu hari, lalu melaksanakan penyuluhan keamanan dan kesehatan pangan yang dilakukan setiap 4 bulan sekali.
  3. Selama penyuluhan keamanan dan kesehatan pangan, pemilik (pemohon) harus mengikuti seluruh kegiatan, karena petugas dinas kesehatan juga akan melakukan survey usaha.
  4. Setelah melakukan survey usaha, dinas kesehatan akan memberikan izin home industri
  5. Pemohon membayar retribusi dan sertifikat siap diberikan.
Sanksi administrasi akan dikenakan pada usaha yang melanggar aturan tertentu dibidang pangan, nama pemilik tidak sesuai dengan yang ada di sertifikat (kecuali ada balik nama), produk sudah tidak masuk dalam kategori layak konsumsi.


Beberapa Kesalahan Para Pelaku Usaha Home Industri

1. Mengurus semuanya sendiri

Home industri memang hanya sebuah usaha kecil yang tidak membutuhkan banyak pekerja. Namun, jika memutuskan untuk melakukan semua sendiri untuk bagian-bagian tertentu, Anda akan kewelahan apalagi ketika usaha sudah mulai berkembang.

2. Terlalu lama berada di zona aman

Kesalahan umum namun banyak dilakukan oleh pengusaha skala kecil adalah merasa puas akan pencapaian dan berdiam diri di zona itu. Padahal, pengusaha sebenarnya bisa lebih memanfaatkan kesempatan memperluas usahanya.

3. Rencana bisnis yang tidak serius

Rencana bisnis yang tidak serius juga sering menjadi kesahalan pengusaha skala rumahan. Seharusnya, pengusaha merinci berbagai hal berkaitan dengan usaha seperti besarnya modal, besar biaya produksi, strategi pemasaran, rencana omzet dan berbagai keterangan lainnya.

Selain itu, pengusaha seharusnya juga menuliskan pencapaian yang telah dilakukan selama setahun agar dapat dibandingkan dengan tahun sebelumnya untuk membuat rencana bisnis di tahun selanjutnya.
Baca Juga :
Nah itulah tadi ulasan lengkap mengenai cara mengurus izin home industri dan beberapa kesalahan yang kerap kali dilakukan oleh pengusaha Home Industri. Semoa bisa menjadi referensi yang bermanfaat.

COMMENTS

BLOGGER
>



loading...



Name

ASURANSI,7,BISNIS KULINER,11,BISNIS ONLINE,16,BISNIS SAMPINGAN,15,BISNIS WARALABA,11,BITCOIN,6,BLOGGING,10,FOREX,8,GADGET & APLIKASI,3,INVESTASI,14,INVESTASI EMAS,2,INVESTASI SAHAM,4,KEUANGAN,15,KISAH INSPIRATIF,11,PELUANG BISNIS PERKEBUNAN,16,PELUANG BISNIS PETERNAKAN,20,PELUANG USAHA,105,PELUANG USAHA BAGI PEMULA,10,PELUANG USAHA MAHASISWA,4,PELUANG USAHA PERTOKOAN,6,PELUANG USAHA PROPERTI,12,PERIZINAN,16,REVIEW PRODUK,9,SEO,5,SPONSORED,6,TIPS BISNIS,85,TOKOH,3,TUTORIAL,4,WALET,14,
ltr
item
AnakDagang.com | Peluang Usaha | Peluang Bisnis: Cara Mengurus Izin Home Industri
Cara Mengurus Izin Home Industri
Pengurusan Izin Home Industri ini dilimpahkan ke Dinas Kesehatan pemerintah kabupaten/kota dan lama pengurusannya tergantung masing-masing pemerintah daerah, biasanya hanya sekitar 1-3 minggu.
https://4.bp.blogspot.com/-JgIkBCxN21M/Wy0dXf9GJeI/AAAAAAAAEek/VRkjeiecTJ0XOySTu2NU9ztuSopT76MrgCLcBGAs/s640/Cara%2BMengurus%2BIzin%2BHome%2BIndustri.JPG
https://4.bp.blogspot.com/-JgIkBCxN21M/Wy0dXf9GJeI/AAAAAAAAEek/VRkjeiecTJ0XOySTu2NU9ztuSopT76MrgCLcBGAs/s72-c/Cara%2BMengurus%2BIzin%2BHome%2BIndustri.JPG
AnakDagang.com | Peluang Usaha | Peluang Bisnis
https://www.anakdagang.com/2018/06/cara-mengurus-izin-home-industri.html
https://www.anakdagang.com/
https://www.anakdagang.com/
https://www.anakdagang.com/2018/06/cara-mengurus-izin-home-industri.html
true
8897343119264651685
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Balas Cancel reply Hapus By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy