>

$show=post

4 Perbedaan Bitcoin BTC dan Bitcoin Cash BCH

BAGIKAN:

Perbedaan Bitcoin BTC dan Bitcoin Cash BCH

Fenomena mata uang cyptocurrency Bitcoin saat ini masih terus menggelora. Bagaimana tidak, mata uang digital ini menjanjikan keuntungan yang sangat menggiurkan. Belum reda uforia Bitcoin, pada tanggal 1 Agustus 2017 silam muncul anak baru dari Bitcoin yang bernama Bitcoin Cash. 

Kemunculan Bitcoin Cash ini dilatarbelakangi oleh lambatnya kemampuan Bitcoin atau BTC dalam memproses data transaksi yang berskala besar. BTC hanya mampu memproses kurang lebih sebanyak 6 hingga 7 transaksi per detiknya dan transaksi tersebut memakan waktu kurang lebih sekitar 10 menit. Sedangkan pihak perbankan mampu memproses transaksi kartu kredit VISA sebanyak lebih dari 1.600  transaksi perdetiknya.

Para investor, pengembang hingga penambang Bitcoin menuntut adanya penambahan blockchain Bitcoin menjadi lebih dari 1MB agar transaksi yang dilakukan bisa berjalan lebih cepat serta tidak memakan banyak waktu dan biaya. Mereka bahkan mengutip pernyataan pencipta Bitcoin, Satoshi Nakamoto yang menyatakan bahwa mata uang cyrptocurrency ini seharusnya bisa lebih besar dari skala VISA.

Akan tetapi, tuntutan yang dilakukan oleh para penambang Bitcoin tersebut enggan dihiraukan oleh para pengembang inti. Mereka beranggapan bahwa itulah cara untuk melindungi Bitcoin dari serangan para hacker.

Kemudian, pada tanggal 1 Agustus 2017, terjadilah peristiwa hard fork dalam jaringan Bitcoin. Hard fork adalah sebuah peristiwa yang terjadi dalam blockchain Bitcoin pada saat para pengembang program Bitcoin ingin mengubah fitur baru ke sistem Bitcoin. Peristiwa hard fork tersebut akhirnya menciptakan program baru yang dinamakan Bitcoin Cash.

Lalu, apa sih perbedaan antara Bitcoin biasa dengan Bitcoin Cash? Nah, langsung saja simak perbedaannya berikut ini :

Perbedaan Bitcoin BTC dan Bitcoin Cash BCH

Pencetus

Kemunculan BTC berawal dari sekelompok orang yang kecewa dengan sistem perbankan yang membuat uang simpanan mereka terus tergerus waktu demi waktu. Akhirnya, pada tahun 2009 sekelompok orang yang menamakan dirinya sebagai Satoshi Nakamoto meluncurkan sebuah uang digital yang diberi nama Bitcoin.

Sedangkan awal kemunculan BCH diprakarsai oleh sekelompok penambang yang berbasis di Beijing yang mengharapkan adanya peningkatan ukuran blockchain Bitcoin yang pada saat itu hanya 1MB saja. Akhirnya, pada 1 Agustus 2017, kelompok ini berhasil meningkatkan ukuran blockchain Bitcoin baru menjadi hampir 2MB.

Ukuran blok

BTC hanya mampu menampung blok sebesar 1MB saja. Sedangkan Bitcoin Cash mampu menampung sebesar 8MB.

Keamanan

Saat terjadi hard fork, jaringan pada Bitcoin mengalami ketidakstabilan sehingga terkadang transaksi Bitcoin akan dihentikan sementara waktu. Sedangkan Bitcoin Cash cenderung stabil dan transaksi masih bisa dilakukan meskipun terjadi hard fork. Algoritma enkripsi yang dipakai untuk melindungi transaksi BCH adalah X11.

SegWit dan SegWit2x

Awalnya, SegWit digunakan pada BTC inti. Setelah itu, para penambang Bitcoin mengusulkan 2 opsi untuk menanggulangi lambatnya proses transaksi Bitcoin. Opsi pertama adalah dengan menambahkan ukuran block menjadi lebih dari 1MB. Sedangkan opsi kedua adalah dengan memindahkan informasi dari blochchain ke file yang terpisah.

Dari kedua opsi ini, banyak pengembang yang memilih opsi kedua, yaitu dengan memindahkan informasi blockchain ke file terpisah. Berdasarkan keputusan tersebut, muncullah SegWit2x untuk memecahkan file dan diikuti dengan penambahan ukuran blok menjadi 2MB.

Para pengembang dan penambang berencana untuk kembali menambahkan blok pada November 2017. Namun rencana tersebut ternyata dibatalkan dan sempat membuat harga BCH turun drastis karena banyak penambang yang memutuskan untuk menjual BCH mereka.

Kemudian, SegWit kembali datang bersama dengan tim pengembang yang baru dengan jumlah anggota sebanyak 4 orang. Tim tersebut dipimpin oleh Jaap Terlow. Peluncuran SegWit2x dilaksanakan pada 28 Desember 2017.

Peningkatan SegWit ini membawa ukuran blok yang lebih besar, yaitu 4MB. Kecepatan transaksi BCH juga lebih meningkat, sehingga transaksi dapat diproses hanya dalam 2,5 menit saja.

Sebenarnya apa sih kelebihan yang ditawarkan oleh BCH hingga membuatnya begitu diminati oleh banyak kalangan? Berikut kelebihannya :

Kelebihan BCH dibandingkan BTC

Kenaikan Harga Konsisten

Lauching pertama BCH, harga 1 BCH setara dengan 2 juta rupiah. Beberapa jam berselang, harga BCH melonjak naik mencapai harga 15 juta rupiah per BCH. Lonjakan kenaikan harga BCH yang terjadi hanya dalam waktu beberapa jam ini membuat orang memprediksikan bahwa BCH akan mengalami kenaikan harga yang konsisten.

Transaksi Cepat

Sistem transaksi dalam BCH sudah dilakukan pembaharuan oleh para pengembang, sehingga kecepatan transaksinya jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan BTC.

Proteksi Keamanan Sudah ditingkatkan

Seiring dengan pembaharuan yang dilakukan oleh tim pengembang, tingkat keamanan mata uang digital ini tentunya juga semakin diperketat. Selain keamanan, fitur dan tampilan dari BCH juga terlihat lebih menarik.
Baca Juga :
Bagaimana, sudah ada gambaran mengenai perbedaan Bitcoin BTC dengan Bitcoin Cash BCH?

COMMENTS

BLOGGER
>



loading...



Name

ASURANSI,7,BISNIS KULINER,11,BISNIS ONLINE,15,BISNIS SAMPINGAN,15,BISNIS WARALABA,11,BITCOIN,6,BLOGGING,10,FOREX,8,GADGET & APLIKASI,3,INVESTASI,13,INVESTASI EMAS,2,INVESTASI SAHAM,4,KEUANGAN,12,KISAH INSPIRATIF,10,PELUANG BISNIS PERKEBUNAN,16,PELUANG BISNIS PETERNAKAN,20,PELUANG USAHA,103,PELUANG USAHA BAGI PEMULA,10,PELUANG USAHA MAHASISWA,4,PELUANG USAHA PERTOKOAN,6,PELUANG USAHA PROPERTI,12,PERIZINAN,6,REVIEW PRODUK,7,SEO,5,SPONSORED,4,TIPS BISNIS,84,TOKOH,3,TUTORIAL,3,WALET,11,
ltr
item
Anak Dagang: 4 Perbedaan Bitcoin BTC dan Bitcoin Cash BCH
4 Perbedaan Bitcoin BTC dan Bitcoin Cash BCH
Perbedaan Bitcoin BTC dan Bitcoin Cash BCH - Awal kemunculan BCH diprakarsai oleh sekelompok penambang yang berbasis di Beijing yang mengharapkan adanya peningkatan ukuran blockchain Bitcoin yang pada saat itu hanya 1MB saja.
https://2.bp.blogspot.com/-nq3GbL2w0JA/WrNWpfTnE3I/AAAAAAAAECA/eoBVmrLVEkIhLTaAASMXUWVhO-CxNsCBgCLcBGAs/s640/Perbedaan%2BBitcoin%2BBTC%2Bdan%2BBitcoin%2BCash%2BBCH.JPG
https://2.bp.blogspot.com/-nq3GbL2w0JA/WrNWpfTnE3I/AAAAAAAAECA/eoBVmrLVEkIhLTaAASMXUWVhO-CxNsCBgCLcBGAs/s72-c/Perbedaan%2BBitcoin%2BBTC%2Bdan%2BBitcoin%2BCash%2BBCH.JPG
Anak Dagang
https://www.anakdagang.com/2018/03/perbedaan-bitcoin-BTC-dan-bitcoin-cash-BCH.html
https://www.anakdagang.com/
https://www.anakdagang.com/
https://www.anakdagang.com/2018/03/perbedaan-bitcoin-BTC-dan-bitcoin-cash-BCH.html
true
8897343119264651685
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Balas Cancel reply Hapus By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy