>

$show=post

10 Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik dan Cara Klaim yang Mudah

10 Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik dan Cara Klaim yang Mudah

Mendaftarkan mobil Anda pada pihak asuransi, sebenarnya merupakan keputusan yang tepat. Sebab kita telah mengalihkan resiko, terkait banyak hal buruk yang mungkin terjadi selama kita mengendarai mobil tersebut. Entah itu karena kecelakaan bahkan pencurian.

Oleh karenanya, tak heran jika mayoritas masyarakat negara maju selalu melengkapi kendaraannya dengan asuransi. Namun sayangnya, tidak demikian dengan masyarakat kita.  Nyatanya hanya sebagian kecil saja mobil yang di asuransikan,  kebanyakan hanya mobil mewah saja atau mobil baru.

Nah, sebelum kita beranjak membahas tips memilih asuransi mobil terbaik sesuai judul diatas, alangkah baiknya jika ketahui dulu tentang apa saja manfaat yang di dapat dengan mengansuransikan mobil kita. Berikut penjelasan selengkapnya.


Manfaat Memilih Asuransi Mobil Terbaik

1. Kepastian Terkait Biaya yang Dikeluarkan Perbulannya

Sebagaimana yang kita tahu, asuransi menganut prinsip kepastian biaya. Jadi, dari pada memilih mengeluarkan biaya dengan nominal yang tidak pasti ketika mengalami musibah, asuransi menawarkan perlindungan yang pasti kepada Anda berupa coverage biaya sesuai dengan perjanjian awal.

Dengan mengikuti asuransi mobil, Anda akan memiliki kepastian tentang jenis resiko yang ditanggung pihak asuransi dan besarnya nominal yang harus dibayar perbulannya.


2. Rasa Aman

Perlindungan asuransi mobil bisa memberikan rasa aman. Kemungkinan resiko yang selalu dihadapi pemilik mobil bisa dicovver oleh premi asuransi yang dibayarkan.
Baca Juga :
Kondisi ini akan membuat Anda merasa lebih aman dan terlindungi. Dengan adanya perlindungan asuransi, kecemasan terhadap berbagai resiko di jalan akan berkurang. Sehingga bisa menikmati perjalanan tanpa khawatir.


3. Mengurangi Biaya Tak Terduga

Saat Anda tak bergabung dalam asuransi, maka kebutuhan akan biaya tak terduga ini sangat besar. Sifat dari biaya tak terduga sendiri biasanya muncul dengan tiba-tiba karena berbagai keperluan dan jumlah nominalnya yang sangat besar.

Kemunculan biaya tak terduga dengan nominal yang sangat besar ini bisa menjadi kerugian finansial tersendiri bagi Anda. Namun jika ikut dalam asuransi mobil, maka dapat meminimalisir kemunculan biaya tak terduga dalam jumlah yang banyak.

Biaya premi pasti terjangkau karena dibayarkan sesuai dengan kemampuan finansial Anda perbulannya yang sudah disepakat berdasarkan perjanjian awal dengan pihak asuransi.


Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Demi mendapatkan cover asuransi yang sesuai dengan keinginan, serta dengan biaya premi yang tidak terlalu memberatkan keuangan, maka Anda wajib memilih asuransi mobil terbaik diantara sekian banyak perusahaan asuransi yang ada. Tentunya berbagai pertimbangan tersebut meliputi banyak hal, disesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan financial Anda.

Nah, langsung saja simak beberapa tips memilih asuransi mobil terbaik yang telah kami rangkum berikut ini :

1. Asuransi Mobil Bukan Hanya Melindungi Kendaraan Saja

Pilihan asuransi mobil yang paling ideal adalah produk asuransi yang bukan hanya melindungi kendaraan saja, namun cover asuransi tersebut juga sampai perlindungan terhadap Anda dan juga keluarga.

Artinya asuransi ini bukan hanya melindungi kendaraan saja, namun juga menyediakan coverage ketika sewaktu-waktu Anda tanpa sengaja menabrak kendaraan lain di jalan. 

Dengan ikut asuransi ini, Anda nantinya bisa mengalihkan tanggung jawab mengganti rugi kerusakan mobil yang ditabrak dan juga mobil sendiri kepada pihak asuransi.


2. Bisa Melindungi Anda dari Pengendara Tanpa Asuransi

Nah, pertimbangan kedua saat memilih asuransi mobil terbaik ialah dengan memilih jenis asuransi yang juga bisa melindungi Anda dari pihak yang tidak memiliki asuransi.

Misalnya saja ketika berkendara di jalan, tiba-tiba mobil Anda ditabrak oleh pengendara lain dan ternyata ia tidak ikut program asuransi kendaraan, maka Anda bisa mengajukan klaim kepada pihak asuransi.

Kondisi ini tentunya lebih menguntungkan, karena banyak dari pengendara yang tidak mampu untuk membayar ganti rugi kerusakan mobil yang ditabraknya. Dengan ikut asuransi seperti ini, maka Anda akan tetap bisa memperbaiki mobil tanpa khawatir. 


3. Mengcover Biaya Pengobatan Cedera Akibat Kecelakaan

Kriteria asuransi mobil yang ideal selanjutnya ialah yang bisa mengcover biaya perawatan peserta asuransi jika mengalami cedera akibat kecelakaan kendaraan. Pihak asuransi akan membiayai pengobatan dan korban lainnya jika Anda menjadi penyebab kecelakaan.

Dengan jenis asuransi kendaraan seperti ini, maka Anda pasti tidak akan terlalu khawatir lagi karena sudah terhindarkan dari berbagai biaya tak terduga saat cedera. 


4. Asuransi yang Bisa Melindungi Kendaraan dari Resiko Banjir

Pertimbangan lain yang juga tak kalah penting adalah dengan memilih asuransi mobil yang memberikan perlindungan ekstra, dari resiko banjir bagi kendaraan Anda. Pilihan ini sangat penting mengingat iklim Indonesia yang hanya terdiri dari 2 musim saja yakni musim kemarau dan musim penghujan.

Khususnya  buat Anda yang tinggal di daerah rawan banjir seperti Jakarta, tentu perlindungan ini penting untuk dipilih.

Resiko kendaraan terkena dampak banjir memang sangat tinggi, bukan hanya di Jakarta, kebanyakan kota besar di Indonesia seperti Semarang, Samarinda dan lainnya sering menjadi langganan banjir saat musim penghujan. Jadi, jika sudah tercover asuransi tentu bisa tenang saat sewaktu-waktu terjebak banjir di perjalanan. 


5. Perlindungan terhadap Resiko Pencurian Mobil

Jika tinggal di daerah perkotaan dengan tingkat keamanan rendah atau rawan tindak pencurian kendaraan, maka idealnya Anda mempertimbangkan layanan asuransi yang mengcover kerugian akibat pencurian juga.

Beberapa perusahaan asuransi memang ada yang berani memberikan perlindungan terhadap resiko pencurian mobil. Tentu dengan memilih jenis asuransi tersebut, pikiran bisa lebih tenang dan tidur juga lebih nyenyak.


6. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Meskipun semua proteksi asuransi menjanjikan keuntungan bagi kliennya, namun premi yang harus dibayarkan oleh setiap klien juga berbeda tergantung dengan luasnya jangkauan proteksi yang ditawarkan tersebut.

Untuk memilih asuransi mobil terbaik, Anda harus mempertimbangkan berbagai hal misalnya jenis kendaraan, harga kendaraan, usia, kondisi mesin, body kendaraan dan lain sebagainya.

Biasanya ada 2 jenis asuransi mobil yang disediakan oleh perusahaan asuransi, yaitu :

1. All Risk Comprehensive yaitu asuransi mobil yang memberikan jaminan hampir semua resiko yang bisa terjadi pada kendaraan Anda. Mulai dari kecelakaan besar hingga kecil.

Meskipun begitu, ada beberapa pengecualian jaminan resiko yang tidak diberikan dan Anda harus paham dengan peraturan tersebut. Jadi, idealnya tanyakan dengan mendetail pada bagian marketingnya terkait hal tersebut sebagai bahan pertimbangan.

2. Asuransi Total Loss Only adalah jenis asuransi mobil yang memberikan jaminan perlindungan bagi kecelakaan mobil dengan tingkat kerusakan hanya di atas 75% saja. Di bawah itu, Anda tidak bisa mengajukan klaim dana perbaikan kepada perusahaan asuransi.


7. Pahami Keuntungan Produk dengan Rinci dan Cari Tahu Kelemahannya

Saat perusahaan asuransi mengiklankan produk asuransi mobilnya, maka mereka akan selalu menekankan pada berbagai keuntungan yang bisa didapatkan oleh klien. Jadi seharusnya Anda tidak boleh tergiur dan gampang percaya dengan iklan tersebut, sebelum bertanya langsung dan menelitinya secara mendalam.

Memahami jenis keuntungan serta mencari tahu sisi kelemahan suatu  produk, tak terkecuali produk asuransi adalah langkah yang sangat penting, supaya tidak ada penyesalan di kemudian hari.

Ingat, perusahaan asuransi merupakan perusahaan profit, dimana pihak perusahaan juga mencari untung. Jadi, dibalik keuntungan yang ditawarkan, pasti ada konsekuensi yang harus Anda terima.


8. Lakukan Perbandingan antar Produk Asuransi

Sebelum memutuskan membeli asuransi mobil, Anda wajib melakukan perbandingan antara produk yang ditawarkan beberapa perusahaan asuransi.

Perhatikan jenis proteksi yang ditawarkan, perbandingan jumlah premi yang harus dibayarkan, perbandingan kemudahan mengajukan klaim asuransi dan lain-lain.


9. Sesuaikan dengan Kondisi Keuangan

Pastikan produk asuransi mobil yang akan Anda miliki tidak memberatkan kondisi finansial keluarga. Premi yang harus dibayarkan tidak boleh melebihi anggaran dan pendapatan perbulan.

Jangan memaksakan membeli produk asuransi dengan perlindungan lengkap dengan nominal premi yang mahal jika itu dirasa memberatkan kondisi keuangan bulanan Anda. Karena tentu, masih banyak kebutuhan hidup lain yang juga harus diprioritaskan.


10. Pertimbangkan Rekomendasi Dealer

Saat Anda membeli mobil, maka pihak dealer akan mengajukan berbagai penawaran produk asuransi. Pihak dealer biasanya akan memberikan penawaran produk asuransi dari perusahaan yang mereka anggap terpecaya dan berkualitas. 

Namun rekomendasi dari dealer ini bukanlah harga mati yang wajib diikuti. Jika Anda sudah yakin dengan produk asuransi lain, maka bisa saja memilih produk lain tersebut.


Cara Klaim Asuransi Mobil

Setelah mengetahui tips memilih asuransi mobil terbaik diatas,  Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara klaim asuransi mobil tersebut. Prosedur klaim asuransi ini harus dipatuhi agar Anda bisa mendapatkan dana proteksi yang sesuai.

Nah, berikut langkah-langkah yang harus diikuti untuk bisa mengklaim asuransi mobil Anda :

  • Menghubungi pihak asuransi bahwa Anda telah mengalami kejadian /kecelakaan yang masuk dalam kriteria proteksi produk asuransi tersebut. Anda juga harus mempersiapkan berbagai dokumen yang diperlukan yaitu KTP, SIM, surat polis asuransi dan surat keterangan dari kepolisian jika mobil rusak parah karena kecelakaan ataupun karena tindakan kriminal.
  • Setelah semua syarat lengkap dan pihak asuransi menyetujui klaim Anda, maka Anda tinggal membawa mobil tersebut untuk diperbaiki di bengkel yang bermitra dengan perusahaan asuransi. Hal yang perlu diingat adalah jangan sampai memperbaiki mobil di bengkel yang tidak bermitra dengan perusahaan asuransi Anda, karena pihak asuransi tidak akan mau membayarkan biaya perbaikan mobil tersebut.
  • Tanyakan pula kepada pihak bengkel mengenai lama waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki mobil. Jika kerusakan mobil hanya ringan, biasanya waktu 1-2 hari sudah selesai. Namun jika kerusakan mobil tergolong parah, maka biasanya akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Meskipun begitu, Anda harus tetap sabar untuk menunggu proses perbaikan agar klaim tetap berlaku. 

Cara Menghitung Premi Asuransi Mobil

Agar tidak tertipu dengan iming-iming premi asuransi murah dengan segudang keuntungan yang didapat, maka tidak ada salahnya Anda mempelajari/mengetahui cara menghitung premi asuransi mobil yang benar.

Menurut surat edaran dari OJK tahun 2013, besarnya premi asuransi disesuaikan dengan wilayah dimana klien tersebut tinggal.

Ada 3 pembagian wilayah premi asuransi di Indonesia yaitu wilayah I meliputi Sumatera dan kepulauan lain di sekitarnya. Wilayah II adalah daerah sekitar Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Sedangkan wilayah III adalah semua daerah lain di Indonesia yang tidak termasuk dalam wilayah I dan II. 

Selain pertimbangan wilayah tinggal klien, besarnya premi asuransi mobil juga dipertimbangkan berdasarkan harga mobil. Semakin mahal harga mobil yang dimiliki klien, maka semakin kecil jumlah premi yang harus dibayarkan.

OJK juga menetapkan aturan terkait tambahan biaya untuk setiap resiko yang diproteksi oleh asuransi mobil. Tiap resiko yang didaftarkan, maka klien harus membayar minimal 300 ribu rupiah.

Sebagai gambaran, jika Anda ikut dalam produk asuransi mobil jenis TLO, maka untuk mobil seharga 125 – 200 juta rupiah, Anda akan dikenakan premi asuransi sebesar 0,44-0,53 persen dari harga tersebut untuk wilayah Jakarta.

Jika Anda ikut dalam produk asuransi mobil berjenis All Risk, maka premi yang harus dibayarkan akan lebih besar dibandingkan dengan TLO.

Sebagai gambaran, untuk mobil yang berlokasi di Jakarta dengan harga sekitar 125 – 200 juta, maka Anda harus membayarkan premi sekitar 2,47 – 2,72% pertahunnya.


Daftar Perusahaan Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia 2018

Jika masih bingung dengan berbagai pilihan produk asuransi mobil, maka berikut ini kami memberikan rekomendari daftar perusahaan asuransi mobil terbaik di Indonesia tahun 2018 ini. Mungkin salah satunya bisa Anda pertimbangkan.


1. Asuransi Mobil Sinarmas atau Simasnet

Asuransi mobil terbaik yang pertama berasal dari perusahaan Simasnet yang merupakan anak usaha dari PT. Sinarmas Multi Artha. Perusahaan ini sudah mengantongi izin operasi dari Otoritas Jasa Keuangan Indonesia (OJK) mulai tahun 2014.

Simasnet ini menyediakan produk asuransi yang memberikan proteksi menyeluruh kepada klien baik dengan layanan offline maupun online. Layanan online ini pastinya sangat berguna bagi Anda saat mengajukan klaim dengan proses yang lebih cepat dan bisa dilakukan dari manapun dan kapanpun.


2. Adira Autocilin

Perusahaan Adira Finance memang memfokuskan diri bergerak dalam bidang leasing kendaraan. Namun saat ini perusahaan tersebut juga sudah berekspansi dengan memperluas bisnisnya dalam bidang asuransi mobil.

Adira Autocilin sendiri merupakan nama dagang produk asuransi mobil dari Danamon Group. Adira Autocilin menawarkan berbagai keuntungan dan proteksi yang maksimal.


3. Asuransi Mobil MAG

Asuransi MAG atau Multi Artha Guna adalah nama perusahaan asuransi yang sudah didirikan sejak tahun 1980 di Indonesia. Dengan lamanya perusahaan ini bergerak dalam bidang asuransi, maka reputasinya pun tidak perlu dipertanyakan lagi. Selain menyediakan asuransi umum dan asuransi kesehatan, MAG juga menyediakan produk asuransi untuk kendaraan/mobil.


4. Asuransi Mobil Malacca

Nama lengkap perusahaan ini adalah PT. Malacca Trust Wuwungan Insurance. Perusahaan ini sudah bergerak dalam bidang asuransi sejak tahun 1952 di Indonesia.

Pada awal berdirinya, perusahaan ini bergerak dalam bidang asuransi umum. Kemudian mengembangkan sayap bisnisnya dengan merambah sektor manajemen aset, sekuritas, asuransi dan multifinance.

Sejak tahun 2011, perusahaan Malacca Insurance menyediakan produk asuransi kendaraan di Indonesia.
Baca Juga :
Itulah informasi lengkap mengenai tips memilih asuransi mobil terbaik beserta informasi lain terkait hal tersebut. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi terbaik buat Anda.

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
>



loading...



Name

ASURANSI,7,BISNIS KULINER,11,BISNIS ONLINE,17,BISNIS SAMPINGAN,15,BISNIS WARALABA,11,BITCOIN,6,BLOGGING,10,FOREX,8,GADGET & APLIKASI,3,INVESTASI,14,INVESTASI EMAS,2,INVESTASI SAHAM,4,KEUANGAN,16,KISAH INSPIRATIF,13,PELUANG BISNIS PERKEBUNAN,16,PELUANG BISNIS PETERNAKAN,20,PELUANG USAHA,106,PELUANG USAHA BAGI PEMULA,10,PELUANG USAHA MAHASISWA,4,PELUANG USAHA PERTOKOAN,6,PELUANG USAHA PROPERTI,12,PERIZINAN,16,REVIEW PRODUK,10,SEO,5,SPONSORED,9,TIPS BISNIS,90,TOKOH,3,TUTORIAL,4,WALET,15,
ltr
item
AnakDagang.com | Peluang Usaha | Peluang Bisnis: 10 Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik dan Cara Klaim yang Mudah
10 Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik dan Cara Klaim yang Mudah
Nah, sebelum kita beranjak membahas tips memilih asuransi mobil terbaik sesuai judul diatas, alangkah baiknya jika ketahui dulu tentang apa saja manfaat yang di dapat dengan mengansuransikan mobil kita.
https://2.bp.blogspot.com/-W897aBLTK98/WjChESuLlNI/AAAAAAAADmc/E0TZcjOISpYNsglXrc-bSBPmOYDe4LsUwCLcBGAs/s640/Tips%2BMemilih%2BAsuransi%2BMobil%2BTerbaik.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-W897aBLTK98/WjChESuLlNI/AAAAAAAADmc/E0TZcjOISpYNsglXrc-bSBPmOYDe4LsUwCLcBGAs/s72-c/Tips%2BMemilih%2BAsuransi%2BMobil%2BTerbaik.jpg
AnakDagang.com | Peluang Usaha | Peluang Bisnis
https://www.anakdagang.com/2017/12/tips-memilih-asuransi-mobil-terbaik-dan-cara-klaim-yang-mudah.html
https://www.anakdagang.com/
https://www.anakdagang.com/
https://www.anakdagang.com/2017/12/tips-memilih-asuransi-mobil-terbaik-dan-cara-klaim-yang-mudah.html
true
8897343119264651685
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Balas Cancel reply Hapus By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy