>

$show=post

Pengalaman Dalam Memaksimalkan Pendapatan Adsense

BAGIKAN:

Pengalaman Dalam Memaksimalkan Pendapatan Adsense

Melihat pendapatan adsense di dashboard tidak ada peningkatan, saya mencoba melakukan riset kecil-kecilan, mulai dari penempatan iklan, jenis iklan dan sebagainya.

Sebelum melakukan hal tersebut, saya mencari berbagai referensi dari blogger lain. Banyak pengetahuan yang saya dapat, salah satunya adalah setiap blog tidak akan memliki performa yang sama walaupun menerapkan teknik penempatan iklan, jenis iklan atau ukuran iklan yang sama.

Banyak faktor yang menjadi penyebabnya, mulai dari desain blog, isi artikel sampai type dan emosi dari setiap pengunjung yang bersangkutan.

Contoh kondisi : Jika suatu blog dengan nice bisnis telah melakukan pemblokiran tentang iklan kesehatan, maka walapun pengunjung pernah melakukan searching soal tips kesehatan, iklan yang akan muncul kemungkinan besar sesuai dengan tema artikel yang sedang dibaca.

Berbeda dengan blog dengan type sejenis yang belum melakukan pemblokiran mengenai type iklan yang dimaksud, maka kemungkinan iklan yang akan muncul tidak sesuai dengan tema artikel.

Dengan contoh kondisi di atas, nilai dari BPK (Biaya Per Klik) akan berbeda antara blog dengan nice yang sama.

Belum lagi type pengunjung yang sedang mencari suatu produk beberapa waktu yang silam, iklan yang kemungkinan besar muncul adalah iklan sesuai dengan cookies yang tersimpan di browser pengunjung bersangkutan. Hal ini tentunya akan mempengaruhi nilai BPK jika memang terjadi klik iklan.

Maka dari itu, disarankan untuk semua blogger yang menjadikan adsense sebagai sumber penghasilan utama, melakukan berbagai uji coba untuk meningkatkan earning.

Nah, untuk mempersingkat waktu, izinkan saya memaparkan hasil uji coba yang telah saya lakukan beberapa hari ini.


Menggunakan 1 Jenis Iklan yang Sama Dalam 1 Halaman

Dalam peraktek sebelumnya, saya memasang 2 iklan dengan type yang sama dalam 1 halaman. Iklan yang dimaksud adalah iklan in-article.

Saya pasang di 2 posisi yang berbeda.

Memang klik yang terjadi meningkat, namun ternyata nilai BPK menurun. Dengan hasil tersebut, akhirnya saya melepas 1 unit iklan dan menggantinya dengan type iklan yang lain.


Memindahkan Posisi Iklan yang Potensial

BPK dari unit iklan pilar ukuran 300 x 600 yang saya tempatkan di sidebar dengan kondisi sticky (mengikuti layar ketika discroll), termasuk tinggi dari pada unit iklan in-article yang terpasang di bawah artikel.

Sementara jumlah klik iklannya termasuk lebih sedikit dibanding klik iklan yang terpasang di bawah artikel.

Melihat kondisi tersebut, saya berinisiatif untuk mengganti iklan di bawah artikel dengan iklan ukuran 300 x 600. Sementara posisi iklan pilar 300 x 600 saya ganti dengan iklan ukuran 300 x 250.

Namun ternyata saya keliru, walaupun klik iklan meningkat atau kurang lebih sama jumlah kliknya ketika saya pasang iklan in-article, namun nilai BPK malah menurun.

Dengan demikian, saya berasumsi bahwa semakin lama suatu iklan tampil di layar (kondisi sidebar sticky), maka nilai BPK juga cenderung tinggi. Jadi bukan semata-mata besarnya ukuran dari suatu unit iklan.


Memblok Iklan sensitif "Suamiku * * * *)

Membaca dari berbagai artikel blogger lainnya, saya menemukan pendapat bahwa iklan ini memiliki nilai BPK yang sangat kecil. Walaupun tidak mengaktifkan iklan dengan kategori sensitif, ternyata iklan tersebut setiap hari menghujani iklan adsense.

Kemungkinan si pengiklan menggunakan celah kelemahan dari adsense untuk melakukan hal yang tidak terpuji tersebut, sehingga iklan mereka tetap tampil.

Maka dari itu, setiap saya online, saya pasti menyempatkan untuk melakukan pemblokiran iklan jenis ini.

Saya sarankan, pagi dan sore harus melakukan pekerjaan tambahan tersebut. Demi memaksimalkan pendapatan adsense sobat.


Melakukan penyetelan Ad Balance

Ad balance ini bertujuan untuk memaksimalkan iklan yang muncul pada blog Anda. Diharapkan penyetingan ad balance, hanya memunculkan iklan yang memiliki BPK paling tinggi.
Pengalaman Dalam Memaksimalkan Pendapatan Adsense

Awalnya saya menyetingnya sampai 70%, dan ternyata hasilnya mengecewakan. Kemudian melakakukan penyetingan ulang diangka 80 % dan memperlihatkan peningkatan.

Saya belum puas dengan hasilnya, sehingga saya menyeting lagi di angka 90%. Di angka 90% inilah saya menemukan performa terbaik dari iklan potensial yang muncul di blog saya.


Menggunakan Iklan Responsif di Header Halaman

Dari semua jenis iklan yang terpasang di blog saya, iklan type responsif inilah yang memiliki performa paling baik. Memang BPK terkadang lebih kecil dari iklan in-article atau yang lainnya, namun secara keseluruhan termasuk stabil.

Iklan responsif ini saya pasang tepat di bawah menu blog. Namun harus hati-hati menerapkan teknik penempatan iklan ini, jangan sampai menyalahi aturan google adsense seperti pada gambar ini.


Mengaktifkan Custom Channels

Custom channels atau sering disebut saluran khusus ini bertujuan untuk memaksimalkan iklan tertarget. Saluran khusus ini akan diperlihatkan pada calon pengiklan (advertiser), sehingga mereka berani membayar lebih mahal untuk suatu iklan yang ditayangkan pada blog berkualitas dengan pengunjung yang potensial.

Itulah sebabnya saya mencoba memaksimalkan halaman blog saya dengan menggunakan custom channels.

Setelah saya melakukan hal tersebut, memang ada peningkatan. Namun, setelah beberapa hari berikutnya tidak ada pergerakan. Malah cenderung menurun.
Baca Juga :
Saya belum bisa memastikan, apakah custom channels yang saya terapkan menguntungkan atau tidak. Mengingat saat ini adalah akhir tahun, yang kemungkinan besar para advertiser enggan mengeluarkan budget yang besar untuk beriklan.

Itulah beberapa percobaan saya dalam usaha memaksimalkan pendapatan Adsense. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Anda. Salam sukses.

COMMENTS

BLOGGER
>



loading...



Name

ASURANSI,7,BISNIS KULINER,11,BISNIS ONLINE,14,BISNIS SAMPINGAN,15,BISNIS WARALABA,11,BITCOIN,4,BLOGGING,10,FOREX,8,GADGET & APLIKASI,3,INVESTASI,13,INVESTASI EMAS,2,INVESTASI SAHAM,4,KEUANGAN,10,KISAH INSPIRATIF,9,PELUANG BISNIS PERKEBUNAN,14,PELUANG BISNIS PETERNAKAN,19,PELUANG USAHA,99,PELUANG USAHA BAGI PEMULA,9,PELUANG USAHA MAHASISWA,4,PELUANG USAHA PERTOKOAN,6,PELUANG USAHA PROPERTI,12,PERIZINAN,6,REVIEW PRODUK,7,SEO,5,SPONSORED,4,TIPS BISNIS,81,TOKOH,3,TUTORIAL,3,WALET,11,
ltr
item
Anak Dagang: Pengalaman Dalam Memaksimalkan Pendapatan Adsense
Pengalaman Dalam Memaksimalkan Pendapatan Adsense
Saya sarankan, pagi dan sore harus melakukan pekerjaan tambahan tersebut. Demi memaksimalkan pendapatan adsense sobat.
https://4.bp.blogspot.com/-8-DSEWCnQJs/WjsTOwhKkkI/AAAAAAAADns/BEBrn7zpUJYvIBxMAgezZngQI67oy71XACLcBGAs/s640/Pengalaman%2BDalam%2BMemaksimalkan%2BPendapatan%2BAdsense1.png
https://4.bp.blogspot.com/-8-DSEWCnQJs/WjsTOwhKkkI/AAAAAAAADns/BEBrn7zpUJYvIBxMAgezZngQI67oy71XACLcBGAs/s72-c/Pengalaman%2BDalam%2BMemaksimalkan%2BPendapatan%2BAdsense1.png
Anak Dagang
https://www.anakdagang.com/2017/12/pengalaman-dalam-memaksimalkan-pendapatan-adsense.html
https://www.anakdagang.com/
https://www.anakdagang.com/
https://www.anakdagang.com/2017/12/pengalaman-dalam-memaksimalkan-pendapatan-adsense.html
true
8897343119264651685
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Balas Cancel reply Hapus By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy