>

$show=post

7 Manfaat dan Cara Memilih Asuransi Perjalanan Terbaik

7 Manfaat dan Cara Memilih Asuransi Perjalanan Terbaik

Siapa yang tidak senang jika waktu liburan telah tiba? Tentunya semua orang akan menyambut masa liburan dengan hati gembira. Terlebih lagi bagi Anda yang memiliki segudang kesibukan dalam pekerjaan maupun aktivitas lainnya. Berlibur menjadi kegiatan yang sangat berarti dan wajib dimanfaatkan dengan maksimal.

Sebelum melakukan perjalanan, biasanya Anda akan disibukkan dengan mengurus berbagai hal, mulai dari izin cuti, booking tiket pesawat, hotel, hingga cek kesiapan paspor dan visa (khusus untuk Anda yang memutuskan liburan ke luar negeri).

Di samping itu, alangkah baiknya jika Anda mempertimbangkan menggunakan asuransi perjalanan. Memang apa saja manfaat dan bagaimana cara memilih asuransi perjalanan yang tepat?


Apa Itu Asuransi Perjalanan?

Nah, sebelum ke pokok pembahasan mengenai manfaat dan cara memilih asuransi perjalanan, tidak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu asuransi perjalanan dan mengapa Anda perlu memilikinya. 

Jenis asuransi tak hanya terbatas pada asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan maupun asuransi hari tua, namun juga ada asuransi perjalanan.

Walaupun tidak berharap sesuatu yang buruk terjadi saat di perjalanan, seperti kecelakaan, gangguan kesehatan yang mendadak, hingga kerugian/kehilangan bagasi dan lain sebagainya, tetapi sebagai tindakan antisipasi dan untuk mengalihkan risiko saat hal buruk terjadi, maka kita harus mempersiapkan diri. 


Pentingkah Memiliki Asuransi Perjalanan?

Selain dalam rangka langkah antisipasi menghadapi keadaan dan situasi darurat yang tidak terduga, asuransi perjalanan juga sangat disarankan bagi Anda yang hendak melakukan perjalanan ke luar negeri.

Pasalnya, regulasi atau peraturan yang berlaku di beberapa negara mewajibkan para turis yang berkunjung memiliki  asuransi perjalanan. Saat ini, terdapat banyak negara yang hanya memperbolehkan warga negara lain masuk ke negaranya jika terdaftar sebagai pengguna asuransi perjalanan.
Baca Juga :
Aturan tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa turis yang berkunjung ke negara itu sudah ada yang menjamin jika terjadi hal buruk yang menimpanya. Di samping itu, hal tersebut bertujuan untuk memudahkan urusan turis itu sendiri.

Berbagai negara maju di Amerika, Eropa serta Asia telah memberlakukan aturan ini. Untuk itu, pastikan Anda telah memiliki asuransi perjalanan sebelum memutuskan pergi ke negara tersebut.


Apa Saja Manfaat Asuransi Perjalanan?

Nah, saatnya kita mulai membahas terkait manfaat dan cara memilih asuransi perjalanan. Dengan mendaftarkan diri pada asuransi perjalanan, tentunya Anda akan memperoleh berbagai manfaat yang ditawarkan oleh penyedia asuransi. Apa saja manfaatnya? 


1. Perlindungan dari Resiko Kecelakaan

Kecelakaan transportasi saat dalam perjalanan memang sangat dihindari dan tidak diharapkan akan terjadi. Namun, kecelakaan dapat terjadi kapan pun dimana pun dan dapat menimpa siapapun. 

Nah, dengan mendaftarkan diri pada asuransi perjalanan, segala risiko kecelakaan akan ditanggung oleh penyedia asuransi dimana Anda mendaftarkan diri. Perlindungan yang ditanggung meliputi, penggantian uang apabila mengalami kecelakaan yang beresiko kematian, kehilangan anggota tubuh, atau kelumpuhan total akibat kecelakaan perjalanan. 


2. Menanggung Biaya Medis

Anda tentu tidak berharap mengalami gangguan kesehatan saat sedang asyik-asyiknya menikmati liburan bersama keluarga di negeri orang. Apa jadinya jika kondisi kesehatan menurun dan terpaksa harus dirawat di rumah sakit? Biaya yang diperlukan tentunya semakin besar. 

Nah, disinilah peran asuransi perjalanan sangat bermanfaat. Tidak perlu cemas mengenai biaya medis yang harus dikeluarkan. Asuransi perjalanan akan menanggung biaya perawatan medis tersebut. Jadi, Anda tak akan kebingungan lagi.


3. Sumbangan atas Kematian

Manusia tidak pernah tahu kapan malaikat maut akan menjemput. Kematian merupakan peristiwa yang tidak bisa diprediksi dan dapat terjadi kapan saja dimana saja. Jika musibah kematian terjadi saat Anda dalam suatu perjalanan, pihak asuransi akan memberikan sumbangan atas musibah kematian tersebut. 

Sumbangan yang diberikan bisa berupa dua alternatif bagi tertanggung. Pertama, dana berupa biaya pemulangan jenazah ke tanah air. Kedua, biaya kremasi atau pemakaman di lokasi tempat tertanggung meninggal dunia.


4. Kompensasi Keterlambatan ataupun Pembatalan Perjalanan

Saat hendak bepergian menggunakan transportasi umum, sala satu hal yang tidak bisa dihindari pelancong adalah penundaan atau bahkan pembatalan keberangkatan karena berbagai faktor seperti cuaca dan situasi tertentu lainnya. Hal ini juga  bisa terjadi pada Anda. 

Jadwal perjalanan yang telah diatur sedemikian rupa bisa jadi berantakan karena pesawat yang hendak Anda tumpangi terjadi delay atau bahkan batal terbang. Hal ini tentu merugikan, apalagi jika harus mengeluarkan budget untuk menginap akibat keterlambatan yang terjadi. 

Tenang saja, asuransi perjalanan Anda akan memberikan kompensasi jika terjadi hal tersebut. Kompensasi yang diberikan misalnya berupa penginapan di hotel yang bekerja sama dengan maskapai terkait. Biaya hotel akan ditanggung perusahaan asuransi yang Anda gunakan. Namun, bentuk kompensasi yang diberikan bisa saja berbeda, bergantung kebijakan tiap-tiap perusahaan.


5. Perlindungan Bagasi dan Barang Pribadi

Bagasi hilang atau rusak terbilang sering terjadi pada penumpang. Jika hal ini terjadi, tentu sangat merugikan. Barang pribadi yang telah Anda persiapkan secara matang dan tiba-tiba hilang tentunya akan membuat liburan menjadi terganggu.

Tapi tenang, Anda bisa mendapatkan ganti rugi atas kerusakan atau kehilangan bagasi dari pihak perusahaan asuransi. Sebagai pemegang polis yang sah, jangan ragu untuk mengajukan klaim agar mendapatkan kompensasi dari perusahaan.


6. Perlindungan dari Terorisme

Akhir-akhir ini isu terorisme sering muncul dimana-mana, bahkan juga sering terjadi di negara-negara Eropa yang sering dikunjungi wisatawan asing seperti Inggris, Perancis, hingga Jerman. Anda juga bisa mendapatkan manfaat penggunaan asuransi perjalanan jika terjadi teror di negara yang dituju. 

Anda bisa mengajukan premi extend atau tambahan kepada pihak perusahaan asuransi. Hal ini bertujuan agar Anda selalu terlindung dari risiko-risiko teror yang mungkin saja terjadi.

Dengan mengajukan premi ini, biasanya diperlu biaya tambahan. Jika mengunjungi daerah yang sekiranya rawan teror, ada baiknya menggunakan premi tambahan ini agar tetap aman dan selamat. 


7. Perlindungan Rumah

Ingin bepergian dalam waktu yang terbilang lama? Peningkatan keamanan rumah harus ditingkatkan saat Anda bepergian yang bertujuan agar rumah selalu aman dari musibah seperti kebakaran dan sebagainya. 

Seperti halnya pada perlindungan dari peristiwa terorisme, Anda juga perlu mengajukan premi tambahan untuk perlindungan yang satu ini. Perusahaan asuransi akan memberikan kompensasi atas kerusakan yang terjadi pada rumah Anda. 

Oleh karena itu, untuk keamanan hunian sebaiknya menggunakan asuransi perjalanan dengan premi tambahan jika akan meninggalkan rumah dalam waktu lama. 

Itulah sederet manfaat yang bisa Anda peroleh jika menjadi pemegang polis untuk asuransi perjalanan. Dengan menggunakan jasa tersebut perjalanan Anda menjadi semakin nyaman, aman dan tidak mengkhawatirkan.


Jenis-Jenis Asuransi Perjalanan

Ada beberapa jenis asuransi perjalanan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Jenis asuransi perjalanan yang berbeda tentunya memberikan fasilitas dan fungsi masing-masing yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Lantas, apa saja jenis-jenis asuransi perjalanan yang ada saat ini? Berikut daftarnya.


1. Asuransi Perjalanan Berdasarkan Jumlah Perjalanan

Ditinjau dari jumlah perjalanan yang dilakukakan, ada dua jenis asuransi perjalanan yang dapat dipilih oleh pemegang polis. Kedua jenis tersebut antara lain Single Trip Insurance dan Annual Travel Insurance.


  • Single Trip Insurance diperuntukkan bagi Anda yang melakukan perjalanan tidak secara berkala atau tidak rutin meskipun dilakukan beberapa kali dalam jangka waktu 1 tahun.
  • Annual Travel Insurance diperuntukkan bagi Anda yang sering melakukan perjalanan secara rutin bahkan hingga dalam hitungan mingguan baik untuk keperluan bisnis, dinas, atau yang lainnya dalam jangka waktu 1 tahun. 


2. Asuransi Perjalanan Berdasarkan Jumlah Tertanggung

Selain berdasarkan jumlah perjalanan, ada pula jenis asuransi perjalanan berdasarkan jumlah orang yang ditanggung perusahaan. Berdasarkan jumlah tertanggungnya, ada dua jenis asuransi perjalanan, yaitu Individual Travel Insurance dan Group Travel Insurance.
  • Individual Travel Insurance. Sesuai namanya, jenis ini diperuntukkan hanya untuk satu orang tertanggung saja.
  • Group Travel Insurance memungkinkan pemegangnya untuk menanggungkan beberapa orang. Misalnya, suatu perusahaan menanggungkan para karyawannya yang secara rutin bepergian untuk urusan dinas atau untuk seluruh anggota keluarga dalam kegiatan berlibur. 


3. Asuransi Perjalanan Berdasarkan Tujuan Melakukan Perjalanan

Ada dua jenis asuransi perjalanan berdasarkan tujuan bepergiannya yaitu untuk berwisata dan untuk perjalanan bisnis. Asuransi perjalanan bisnis tentunya tidak diperuntukkan bagi pengguna yang bertujuan untuk berwisata, begitu juga sebaliknya.


4. Asuransi Perjalanan Berdasarkan Destinasi

Berdasarkan tujuan perjalanan, ada dua jenis asuransi perjalanan yang dapat Anda pilih. Pertama yaitu asuransi perjalanan domestik jika bepergian di dalam negeri. Yang kedua adalah adalah asuransi perjalanan yang mengakomodasi hingga perjalanan ke luar negeri.


5. Student Assist

Berencana melanjutkan kuliah di luar negeri? Gunakan jenis asuransi perjalanan yang satu ini untuk memberikan jaminan saat mengambil studi abroad.


6. Asuransi Perjalanan Khusus (Haji dan Umroh)

Kegiatan ibadah haji maupun umroh yang dilaksanakan akan semakin nyaman dengan adanya asuransi perjalanan khusus. Dengan begitu, Anda tidak perlu cemas dengan perlindungan diri selama beribadah di Tanah Suci.


Cara Memilih Asuransi Perjalanan

Dalam memilih asuransi perjalanan, tentunya Anda perlu mempertimbangkan banyak hal, beberapa diantaranya adalah:

1. Pahami Bentuk Perlindungan yang Diberikan

Sebelum memutuskan untuk menjadi pemegang polis, tentunya Anda harus mengetahui secara mendetail apa saja bentuk perlindungan yang diberikan perusahaan kepada tertanggung. Pasalnya, sering terjadi double proteksi pada asuransi yang sudah dimiliki. Untuk itu, perhatikan efektivitas saat hendak membeli premi asuransi.


2. Pahami Jangka Waktu Perlindungan

Pilih asuransi perjalanan yang sesuai dengan lamanya waktu bepergian karena perusahaan hanya akan menanggung saat melakukan perjalanan saja. Anda tidak maukan mengeluarkan biaya berlebih untuk membayar premi yang justru merugikan?


3. Jangkauan Perindungan

Perusahaan asuransi biasanya tidak menanggung perjalanan dengan risiko tinggi seperti perjalanan ke daerah konflik atau wisata alam liar. Jika berencana bepergian ke tempat yang dianggap berbahaya, Anda biasanya harus membayar premi tambahan.


4. Perhatikan Kondisi Kesehatan Tertanggung

Ketahui bahwa perusahaan asuransi tidak menanggung kondisi kesehatan tertanggung sebelum melakukan perjalanan. Artinya, jika saat di perjalanan penyakit lama Anda kambuh dan harus mendapat perawatan medis, hal seperti ini tidak ditanggung pihak asuransi. 

Untuk itu, sebaiknya Anda mengutamakan kejujuran saat mengungkapkan rincian mengenai kondisi kesehatan. Karena jika berbohong, klaim yang diajukan akan ditolak oleh perusahaan.


Cara Mendaftar Asuransi Perjalanan

Ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi perjalanan kepada turis yang senang bepergian seperti AXA Travel Insurance, ACE Travel Insurance, dan ACA Travel Insurance. Bagaimana cara mendaftar asuransi perjalanan? Berikut langkah-langkahnya:
  • Kunjungi website resmi perusahaan penyedia asuransi perjalanan yang Anda tunjuk.
  • Isi data pribadi dengan lengkap.
  • Tentukan destinasi perjalanan (domestik atau internasional).
  • Tentukan tujuan mengadakan perjalanan (bisnis atau wisata).
  • Tentukan lama perjalanan (satu kali atau rutin).
  • Tentukan jenis asuransi sesuai kebutuhan dan ketersediaan budget Anda.
  • Tentukan cara pembayaran premi (transfer atau kartu kredit).


Cara Klaim Asuransi Perjalanan


Setelah memiliki premi asuransi perjaanan (travel insurance) sesuai kebutuhan, tentunya Anda wajib mengetahui bagaimana cara mengajukan klaim atas asuransi tersebut.

Cara klaim asuransi perjalanan dapat dilakukan dalam dua skema, pertama secara online jika perusahaan tersebut termasuk dalam worldwide provider (internasional) seperti ACA, AIG, dan AXA. Sayangnya, tidak semua perusahaan melayani klaim secara online.

Sedangkan secara mayoritas klaim dapat diajukan dengan skema reimburse. Misalnya saat jatuh sakit dalam perjalanan ke luar negeri, Anda meminta surat keterangan dokter sebagai bukti untuk mengajukan klaim.


Pengecualian Klaim Asuransi Perjalanan

Pemegang polis asuransi perjalanan akan mendapatkan berbagai manfaat seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Meski begitu, tidak semua risiko atau hal buruk yang terjadi selama perjalanan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.
Baca Juga :
Anda bisa mengajukan klaim asuransi jika tiba-tiba jatuh sakit saat berada di perjalanan. Namun, jika perawatan tersebut berkaitan dengan penyakit lama yang sebelumnya sudah diderita, perusahaan asuransi akan menolak klaim Anda. Untuk menghindari penolakan klaim, sebaiknya ketahui beberapa pengecualian klaim asuransi perjalanan berikut ini.
  • Kecelakaan atau penyakit yang diakibatkan karena pengaruh alkohol maupun obat-obatan terlarang.
  • Kecelakaan yang disengaja, maksudnya yaitu jika Anda sengaja mencelakakan diri untuk mendapat uang asuransi. Jika kecelakaan yang dialami terbukti dimanipulasi, klaim Anda akan ditolak.
  • Kondisi force majeure, yaitu kondisi dimana Anda berada di tempat yang terjadi huru-hara atau kerusuhan di tempat yang dikunjungi. Untuk itu, sebaiknya hindari negara atau tempat yang rawan konflik dan berbahaya. Namun, Anda tetap dapat memperoleh uang asuransi dengan mengajukan premi extend, tentunya dengan menyerahkan tambahan biaya.
  • Jatuh sakit saat diperjalanan namun penyakit tersebut adalah penyakit yang sebelumnya sudah diderita. Jika memiliki riwayat penyakit, sebaiknya konsultasikan dahulu kondisi kesehatan Anda dengan dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Karena, klaim yang Anda ajukan karena kambuhnya penyakit lama tidak akan diterima oleh perusahaan.
  • Aktivitas ekstrim. Jika berencana untuk melakukan kegiatan ekstrim selama perjalanan seperti balap mobil professional, olahraga ekstrim, maupun aktivitas membahayakan lainnya, sebaiknya memiliki asuransi lain seperti asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa. Karena, risiko kegiatan ekstrim yang direncanakan tidak ditanggung asuransi perjalanan. 

Itulah manfaat dan cara memilih asuransi perjalanan serta serba-serbi lain tentang asuransi perjalanan. Ciptakan kenyamanan dan keselamatan diri selama perjalanan dengan memiliki asuransi yang bermanfaat tersebut. Semoga bermanfaat, salam.

COMMENTS

BLOGGER
>



loading...



Name

ASURANSI,7,BISNIS KULINER,11,BISNIS ONLINE,17,BISNIS SAMPINGAN,15,BISNIS WARALABA,11,BITCOIN,6,BLOGGING,10,FOREX,8,GADGET & APLIKASI,3,INVESTASI,14,INVESTASI EMAS,2,INVESTASI SAHAM,4,KEUANGAN,16,KISAH INSPIRATIF,13,PELUANG BISNIS PERKEBUNAN,16,PELUANG BISNIS PETERNAKAN,20,PELUANG USAHA,106,PELUANG USAHA BAGI PEMULA,10,PELUANG USAHA MAHASISWA,4,PELUANG USAHA PERTOKOAN,6,PELUANG USAHA PROPERTI,12,PERIZINAN,16,REVIEW PRODUK,10,SEO,5,SPONSORED,9,TIPS BISNIS,90,TOKOH,3,TUTORIAL,4,WALET,15,
ltr
item
AnakDagang.com | Peluang Usaha | Peluang Bisnis: 7 Manfaat dan Cara Memilih Asuransi Perjalanan Terbaik
7 Manfaat dan Cara Memilih Asuransi Perjalanan Terbaik
Di samping itu, alangkah baiknya jika Anda mempertimbangkan menggunakan asuransi perjalanan. Memang apa saja manfaat dan bagaimana cara memilih asuransi perjalanan yang tepat?
https://3.bp.blogspot.com/-xRC_BLyonMo/WiuXjEWEuFI/AAAAAAAADlY/HSinSm0QhMI5EGUoldDmfleyzx-X45WZACLcBGAs/s640/Manfaat%2Bdan%2BCara%2BMemilih%2BAsuransi%2BPerjalanan1.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-xRC_BLyonMo/WiuXjEWEuFI/AAAAAAAADlY/HSinSm0QhMI5EGUoldDmfleyzx-X45WZACLcBGAs/s72-c/Manfaat%2Bdan%2BCara%2BMemilih%2BAsuransi%2BPerjalanan1.jpg
AnakDagang.com | Peluang Usaha | Peluang Bisnis
https://www.anakdagang.com/2017/12/manfaat-dan-cara-memilih-asuransi-perjalanan-terbaik.html
https://www.anakdagang.com/
https://www.anakdagang.com/
https://www.anakdagang.com/2017/12/manfaat-dan-cara-memilih-asuransi-perjalanan-terbaik.html
true
8897343119264651685
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Balas Cancel reply Hapus By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy