6 Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Jaminan

Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Jaminan

Modal Usaha Tanpa Jaminan – Tidak adanya modal membuat seseorang sering memendam keinginannya untuk membangun suatu usaha idamannya. Sudah berkali-kali mengajukan pinjaman di bank tapi tidak kunjung mendapatkan persetujuan.

Mendapatkan modal usaha memang susah-susah gampang, apalagi melalui dunia perbankan karena mereka biasanya mencairkan pinjaman kalau sudah memiliki usaha berjalan minimal 2 tahun.

Tapi bagaimana caranya memiliki usaha berjalan kalau belum memiliki modal untuk usaha? Nah, kali ini anakdagang.com akan memberikan beberapa tips memperoleh modal usaha gratis tanpa jaminan.

Setelah berhasil membangun usaha dan mempertahankan minimal 2 tahun, maka Anda bisa melakukan pengembangan usaha dengan bantuan pendanaan dari perbankkan.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Jaminan Gratis

1. Investor

Memiliki tetangga, keluarga atau kenalan yang mempunyai banyak uang? Anda bisa memanfaatkan mereka sebagai sumber pembiayaan awal untuk membangun usaha.

Para pemilik modal biasanya bingung dengan ide usaha, sehingga kalau Anda punya ide dengan prospek menjanjikan, tidak ada salahnya Anda membuat proposal untuk diperlihatkan kepada mereka.

Anda bertugas meyakinkan mereka untuk menginvestasikan uangnya, daripada dana tersebut mengendap lebih baik dimanfaatkan dalam menjalankan bisnis. Hal yang harus diperhatikan adalah membuat perjanjian hitam di atas putih yang menyatakan porsi pembagian laba dan hak kepemilikan usaha.

2. Patungan

Dalam pergaulan sehari-hari, Anda biasa melakukan obrolan ringan dengan teman atau tetangga. Coba cari tahu siapa di antara mereka yang memiliki minat yang sama dengan Anda yaitu memiliki keinginan untuk membuka usaha.

Ajak mereka membuka usaha dengan perjanjian modal usaha ditanggung bersama. Anda bisa menerapkan sistem pendanaan 50:50, 40:60, atau 60:40, sesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

Walaupun Anda dan dia adalah teman baik tetap harus bersifat profesional dalam bisnis, seperti membuat perjanjian tentang bagi hasil dan sebagainya. Hal ini disamping untuk menghindari perselisihan dikemudian hari, juga sebagai pembelajaran dalam menjalani bisnis kedepannya.

3. Menggadaikan barang

Tips ini sebetulnya tidak kami sarankan untuk mendapatkan modal awal dalam menjalakan usaha karena tidak ada jaminan bahwa usaha Anda akan sukses dan mendapat profit secepat yang dibayangkan. Namun jika sudah yakin, tidak ada kata lain selain memberanikan diri menggandaikan barang berharga Anda.

Perlu diingat, bisnis adalah resiko jadi kalau tidak berani mengambil resiko maka jangan harap Anda akan memiliki usaha sampai menghembuskan nafas terakhir.

4. Mengajukan pinjaman pada perusahaan tempat Anda bekerja

Salah satu tempat aman memperoleh modal usaha tanpa jaminan adalah tempat dimana Anda memperoleh penghasilan tiap bulannya. Anda bisa mengajukan pinjaman pada perusahaan dengan sistem pembayaran potong gaji tiap bulannya.

Agar kehidupan bisa berjalan normal sebelum memiliki pinjaman, perhatikan nilai pinjaman Anda, biasanya pembagian presentasi untuk pinjaman yang aman adalah tidak boleh meminjam dana lebih dari 40% gaji.

5. Koperasi perusahaan

Beberapa perusahaan memiliki koperasi yang sudah berjalan cukup lama sehingga memungkinkan anggotanya meminjam dana segar puluhan bahkan sampai ratusan juta rupiah.

Jangan sampai Anda melewatkan kesempatan emas tersebut. Anda termasuk orang yang rugi jika tidak memanfaatkan keanggotaan koperasi untuk membangun usaha.

6. Dari anggota seminar

Mengikuti seminar bisnis adalah salah satu cara menemukan seseorang yang memiliki minat yang sama. Anda bisa mencari orang yang bersedia memberikan pinjaman untuk membangun usaha.

Sebelum mengikuti seminar, buatlah proposal yang baik dengan memberikan penjelasan sejelas-jelasnya tentang prospek usaha dan bagaimana sistem pembagian keuntungan antara Anda dengan investor.

Baca Juga :

Proposal yang dibuat tersebut bisa dibagikan pada kenalan baru yang menjadi peserta atau penyelenggara seminar yang Anda ikuti.

Jangan lupa mencantumkan alamat lengkap dan nomor kontak Anda agar jika mereka tertarik dengan proposal Anda, dengan mudah mereka menghubungi.

Berikut contoh kerangka proposal yang baik sebagai acuan dalam membuat proposal untuk menarik investor

I. Latar Belakang

   Penjelasan isi proposal secara singkat

  • Data diri Anda sebagai pihak yang mengajukan
  • Gambaran singkat mengenai prospek bakal usaha Anda
  • Rencana pengembangan usaha kedepannya
  • Kebutuhan modal usaha
  • Proyeksi keuntungan beserta analisisnya

II. Profil Usaha

III. Aspek Pasar dan Pemasaran

  • Profil produk
  • Permintaan dan penawaran produk. Jelaskan dengan rinci bagaimana prospek permintaan pasar dan teknik penawaran produk di pasaran, apakah sesuai dengan permintaan pasar dan sebagainya.  
  • Harga produk

IV. Aspek Operasional

  • Lokasi usaha/lokasi bakal usaha
  • Peralatan yang akan atau sudah dimiliki
  • Bahan baku yang digunakan (jika ada)
  • Proses produksi (jika ada)

V. Aspek Sumber Daya Manusia

  • Jumlah tenaga kerja yang akan atau sudah dipekerjakan
  • Gaji karyawan

VI. Rencana Bisnis

  • Rencana operasional
  • Rencana pemasaran
  • Rencana kebutuhan SDM jika usaha mengalami perkembangan dan melakukan ekspansi termasuk gaji karyawan dan sebagainya.
  • Rencana pendanaan. Jumlah dana atau modal untuk menjalankan atau mengembangkan usaha Anda.

VII. Aspek Keuangan

  • Analisa kebutuhan modal dan investasi. Jelaskan secara rinci modal apa saja yang Anda butuhkan, peralatan atau tempat usaha sebagai pendukung usaha. Berapa modal investasi untuk menjalankan usaha Anda, keuntungan apa yang investor dapatkan jika bergabung dan bersedia menjadi salah satu pemberi dana usaha dan sebagainya.
  • Proyeksi laba dan rugi serta arus kas. Jelaskan proyeksi keuntungan per tahun, per bulan atau bahkan per hari.

VIII. Penutup

Berikan kesimpulan yang menarik, berikan pernyataan bahwa Anda siap melakukan perjanjian dengan notaris, melakukan diskusi lebih intens dan sebagainya. Perlihatkan bahwa Anda adalah orang yang bisa dipercaya dan memiliki komitmen yang kuat dalam membangun dan mengembangkan usaha tersebut.

Sekian artikel cara mendapatkan modal usaha tanpa jaminan gratis. Silahkan kunjungi artikel terkait mengenai peluang bisnis online yang merupakan salah satu partner kami. Ingat, kesuksesan suatu usaha tidak tergantung besarnya dukungan modal melainkan tekat yang kuat dan konsistensi yang selalu terjaga, jadi tetap semangat. Salam

LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.