Ketahui 6 Contoh Promosi Untuk Bisnis Anda Sebagai Langkah Menuju Sukses

Ketahui 6 Contoh Promosi Untuk Bisnis Anda Sebagai Langkah Menuju Sukses

Contoh Promosi – Dalam dunia bisnis tidak pernah lepas yang namanya promosi. Tanpa promosi barang atau jasa, maka tidak akan maksimal dalam penjualan. Yang sering menjadi kendala adalah biaya promosi yang tidak sedikit, sehingga para pengusaha khususnya pengusaha pemula masih ragu melakukan promosi yang gencar.

Salah satu faktor keraguan tersebut yaitu takut kalau laba yang diperoleh tidak mampu menutupi biaya promosi. Maka dari itu, melakukan promosi harus cermat dan tidak gegabah.

Untuk mengatasi keraguan tersebut, pengusaha-pengusaha yang berkelas internasional/nasional menggunakan jasa konsultan. Mereka berpendapat, lebih baik membayar mahal konsultan dari pada melakukan suatu promosi yang tidak menghasilkan apa-apa.

Dalam artikel kali ini, kami akan memaparkan beberapa contoh promosi yang biasa diterapkan oleh pengusaha. Tergantung dari kebutuhan dan target pemasaran dari suatu produk.

Contoh Promosi Dalam Dunia Bisnis

1. Promosi harga

Biasanya sebuah toko atau swalayan yang baru launching akan menerapkan sistem harga promo. Tujuannya adalah untuk mengenalkan pada khalayak bahwa ada sebuah toko yang baru buka dengan memberlakukan harga miring.

Harapan dari pemilik toko adalah informasi bahwa toko mereka akan menyebar dari mulut ke mulut. Hal tersebut merupakan promosi yang sangat efektif karena disebarkan secara sukarela.

2. Memberikan penawaran produk ekstra

Dalam masa tertentu, sebuah toko akan memberikan sebuah hadiah kepada para pelanggan setianya. Caranya dengan memberikan sebuah produk ekstra atau bonus jika melakukan pembelian dalam jumlah tertentu.

Hal tersebut dilakukan demi meningkatkan nilai penjualan yang cenderung linear, tidak mengalami peningkatan penjualan dalam jangka waktu tertentu.

Hal ini juga biasa dilakukan oleh toko lama karena munculnya beberapa pesaing yang dianggap berpotensi menjadi saingan berat di masa yang akan datang.

3. Penawaran premi

Jenis promosi yang satu ini biasa dilakukan oleh perusahaan yang bergerak dalam bisnis asuransi dan properti yang menggunakan sistem cicilan. Bonus gratis premi pada bulan pertama jika Anda bersedia bergabung dengan perusahaan asuransi yang mereka kelola. Atau pada perusahaa properti yang memberikan bonus tidak membayar premi selama beberapa bulan.

Sistem penawaran tidak membayar premi juga dilakukan oleh perbankan yang memberikan pinjaman pada pengusaha. Mereka (perbankan) akan memberikan kemudahan tidak membayar angsuran pinjaman jika pengusaha yang bersangkutan mengalami musibah seperti kebakaran atau bencana alam lainnya.

4. Pola amal

Perusahaan dengan skala internasional seperti sabun lifeboy, air minum aqua pernah melakukan strategi promosi ini. Contohnya lifebuoy memberikan informasi bahwa sebagian dari laba yang mereka peroleh akan disumbangkan untuk pembangunan negeri dengan slogan terkenalnya “Lifebuoy Berbagi Sehat”.

5. Peluang memenangkan hadiah

Hampir semua jenis bisnis pernah melakukan promosi produk dengan iming-iming undian berhadia. Bahkan bisnis yang bergerak dalam bidang investasi tanah kavlingan siap bangun juga melakukannya. Seperti undian yang baru-baru ini penulis turut menjadi peserta undian atas pembelian tanah kavlingan. Bagi pemenang undian akan mendapatkan hadia berangkat umroh, sepeda motor dan tv lcd.

6. Gratis dalam waktu dan keadaan tertentu

Contoh promosi yang satu ini biasanya dilakukan oleh pebisnis yang bergerak dalam bidang jasa atau pada kalangan dunia teknologi yang mengusung produk seperti hosting/domain. Seperti jasa perbaikan AC mobil. Mereka memberikan pelayanan cek AC secara gratis, sehingga calon konsumen merasa sangat diuntungkan karena tidak perlu mengeluarkan biaya sebelum melakukan perbaikan.

Untuk contoh hosting/domain, misalnya memberikan layanan gratis untuk hosting dan domain selama satu tahun di tempat mereka. Harapannya adalah para konsumen tersebut merasakan kelebihan dari produk yang mereka usung dari para pesaingnya, baik itu dalam hal kecepatan akses, kemudahan mengolah akun atau support customer service yang sangat baik.

Baca Juga : 

Itulah beberapa contoh promosi yang telah dilakukan selama ini oleh kalangan pebisnis. Silahkan Anda memilih yang cocok dan sesuai dengan badget promosi yang dipersiapkan. Semoga sukses

LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.